2018, Hotel Berbintang di Manado Ini Targetkan Okupansi Hingga 83 Persen

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 22 Maret 2018 - 19:00 WIB

Four Points by Sheraton Manado (Foto: booking.com)
Four Points by Sheraton Manado (Foto: booking.com)

INDUSTRY.co.id, Manado - Hotel berbintang Four Point Manado menargetkan okupansi atau tingkat hunian kamar di tahun 2018 mencapai 83 persen di tahun 2018 ini.

"Kami cukup optimistis melihat kondisi perekonomian Sulut yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan," kata General Manager Four Points by Sheraton Manado, Herinova di Manado.

Dia mengatakan potensi peningkatan tingkat hunian tersebut, karena tingginya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok.

Ia menjelaskan kehadiran Four Points by Sheraton di Manado telah mendapat sambutan baik dari pasar, sebab sejak dibuka Maret 2017 silam, pihaknya mampu menutup tahun dengan okupasi yang memuaskan.

"Jadi tidak satu tahun penuh, kami mulai bulan Maret 2017 dan hingga akhir tahun kami mencatat jumlah okupansi 2017 menyentuh 72 persen, hal ini sungguh luar biasa bagi hotel pendatang baru," katanya.

Sehingga, dengan Four Points by Sheraton Manado genap berusia satu tahun kali ini, diharapkan semua target akan tercapai bahkan melampaui.

"Mari kita gapai masa depan Four Points by Sheraton Manado yang lebih baik dengan kekuatan satu kekuatan tim yang kompak," ujar Herinova Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulut Moh Edy Mahmud mengatakan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Kota Manado, Provinsi Sulut pada Januari 2018 sebesar 60.24 persen.

"TPK yang berada di atas 50 persen, menandakan bahwa rata-rata kamar hotel terisi," katanya.

Dia mengatakan, kendati TPK atau occupancy rate hotel berbintang cukup baik, namun mengaalami penurunan sebesar 16,02 poin jika dibandingkan dengan Desember 2017, yang ketika itu tercatat 76,26 persen.

Tapi, katanya, secara YoY, meningkat sebesar 16,68 poin dibandingkan dengan TPK bulan Januari 2017 yang hanya sebesar 43,56 persen.

Menurut klasifikasi bintang, TPK hotel bintang tiga pada bulan Januari 2018 mencapai 64,37 persen dan merupakan TPK tertinggi.

Sementara TPK hotel bintang empat sebesar 63,88 persen, diikuti hotel bintang dua sebesar 48,74 persen, hotel bintang satu sebesar 48,56 persen, dan hotel bintang lima sebesar 38,42 persen. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…

The Museum of Innocence Turki (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:00 WIB

Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Para Kutu Buku di Hari Buku Dunia

Buku dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang baru dan menarik, bahkan dunia yang sama sekali baru. Di Hari Buku Dunia (World Book Day, 23 Maret 2019) kali ini, Agoda akan membawa Anda dalam…

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Sabtu, 20 April 2019 - 18:40 WIB

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Huawei Indonesia mendorong pengguna memandang dengan lebih luas melalui smartphone mereka lewat HUAWEI Next Image Masterclass

Direktur Kesehatan Hewan, Fadjar Sumping Tjatur Rasa bertemu produsen obat hewan

Sabtu, 20 April 2019 - 18:24 WIB

Dorong ekspor, Kementan ajak produsen tingkatkan kualitas obat hewan Indonesia

Jakarta - Kementerian Pertanian mengajak seluruh Produsen Obat Hewan Indonesia untuk terus memperluas akses pasar melalui peningkatan kualitas obat hewan dengan penerapan Cara Pembuatan Obat…

Dufan Ancol (FotoDok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 18:00 WIB

Dufan Ancol Buka Malam Hari

Ada kabar baru dari Ancol, Dunia Fantasi (Dufan) akan buka malam hari! Mungkin belum pernah terbayangkan oleh masyarakat serunya main wahana Halilintar, Histeria, Tornado, Kora-Kora dan Bianglala…