Fintech Tingkatkan Inklusi Finansial Dengan Menjangkau Segmen Under-Bank

Oleh : Hariyanto | Selasa, 17 Januari 2017 - 20:25 WIB

Deputy CEO UangTeman, Rio Quiserto
Deputy CEO UangTeman, Rio Quiserto

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pertumbuhan Fintech begitu pesat belakangan ini, banyak perusahaan star-up berbasis teknologi yang menawarkan berbagai produk keuangan. Salah satu Varian Fintech adalah yang bergerak dalam Lending yang memberikan pinjaman secara online termasuk UangTeman sebagai salah satu pelopornya.

Deputy CEO UangTeman, Rio Quiserto melalui keterangan tertulis kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Senin (16/1) menerangkan, populasi Indonesia memiliki segmen masyarakat dengan akses produk perbankan terbatas, ada banyak alasan mengapa mereka mengalami kesulitan mengajukan pinjaman ke Bank.

"Antara lain Tidak adanya asset yang layak untuk di jaminkan ke bank, Belum memiliki catatan kredit, dan juga produk perbankan yang tersedia belum sesuai dengan kebutuhan mereka," kata Rio.

Menurut Rio, Indonesia mengalami transformasi penggunaan internet yang penetrasinya tumbuh sangat tinggi. Tingginya penetrasi tersebut memberikan kesempatan untuk menawarkan produk keuangan secara online melalui Financial Technology. Hal ini mendukung perkembangan finansial inklusi.

"Bagaimana Caranya supaya penetrasi masyarakat akan internet yang tinggi bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan inklusi keuangan," tambahnya.

Rio menambahkan, Teknologi membuat proses untuk menjangkau masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat dimana pinjaman dapat dilakukan secara online tanpa tatap muka.

"Selama ini Pengajuan kredit membutuhkan waktu 1 hingga 2 minggu, namun dengan pinjaman online nasabah dapat menerima hanya dengan waktu 1sampa 2 hari" ujarnya.

Ia menjelaskan, di tahun 2017 ini UangTeman mengembangkan teknologi dimana pinjaman dapat cair dalam waktu 15 menit. Selain itu, ditahun ini pihaknya juga meluncurkan aplikasi mobile yang sudah bisa diunduh melalui playstore dan ios, dengan aplikasi tersebut memungkinkan calon peminjam untuk mengajukan pinjaman setiap saat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelaran 100 Innovations Networking Event

Rabu, 16 Oktober 2019 - 22:40 WIB

Gandeng Startup, Kadin Dorong Pelaku Usaha Manfaatkan Teknologi Sistem Informasi

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong kolaborasi para pelaku usaha melalui pemanfaatan teknologi sistem informasi dengan melibatkan start up.

Outlet baru Gulu Gulu Star

Rabu, 16 Oktober 2019 - 21:52 WIB

Sour Sally Group Buka Outlet Gulu Gulu Star di Central Park

Sour Sally Group membuka outlet baru dari Gulu Gulu Star dengan konsep yang lebih besar serta menghadirkan menu yang lebih variatif untuk memanjakan pelangganya. Kali ini Gulu Gulu memilih Central…

Sekretaris Jenderal PUPR Anita Firmanti dengan Vice Chairman China International Development Cooperation Agency (CIDCA) Deng Boqing

Rabu, 16 Oktober 2019 - 21:18 WIB

Pemerintah Gandeng Tiongkok Garap Bendungan di Sulawesi dan Kalimantan

Penandatanganan Exchange of Letter ini merupakan tanda dimulainya kegiatan Engineering Services persiapan pembangunan Bendungan Pelosika di Sulawesi Tenggara dengan dana hibah dari Pemerintah…

Amato Rudolph Kembali Cetak Double Winner di ISSOM 2019

Rabu, 16 Oktober 2019 - 20:00 WIB

Amato Rudolph Kembali Cetak Double Winner di ISSOM 2019

Pembalap Amato belia Amato Rudolph mencetak double winner putaran 5 ISSOM 2019 di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat Minggu (13/10/2019). Catatan double winner Amato Rudolph, ini…

Kasubdit BUMD Bidang Lembaga Keuangan dan Aneka Usaha Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Bambang Arianto

Rabu, 16 Oktober 2019 - 19:11 WIB

BUMD Dituntut Untuk Siap Dalam Menghadapi Era Industri 4.0

Dalam menghadapi tantangan di era industri 4.0, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dituntut untuk siap dalam menghadapi berbagai perubahan supaya dapat bersaing dalam dunia usaha yang semakin menggeliat…