Fintech Tingkatkan Inklusi Finansial Dengan Menjangkau Segmen Under-Bank

Oleh : Hariyanto | Selasa, 17 Januari 2017 - 20:25 WIB

Deputy CEO UangTeman, Rio Quiserto
Deputy CEO UangTeman, Rio Quiserto

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pertumbuhan Fintech begitu pesat belakangan ini, banyak perusahaan star-up berbasis teknologi yang menawarkan berbagai produk keuangan. Salah satu Varian Fintech adalah yang bergerak dalam Lending yang memberikan pinjaman secara online termasuk UangTeman sebagai salah satu pelopornya.

Deputy CEO UangTeman, Rio Quiserto melalui keterangan tertulis kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Senin (16/1) menerangkan, populasi Indonesia memiliki segmen masyarakat dengan akses produk perbankan terbatas, ada banyak alasan mengapa mereka mengalami kesulitan mengajukan pinjaman ke Bank.

"Antara lain Tidak adanya asset yang layak untuk di jaminkan ke bank, Belum memiliki catatan kredit, dan juga produk perbankan yang tersedia belum sesuai dengan kebutuhan mereka," kata Rio.

Menurut Rio, Indonesia mengalami transformasi penggunaan internet yang penetrasinya tumbuh sangat tinggi. Tingginya penetrasi tersebut memberikan kesempatan untuk menawarkan produk keuangan secara online melalui Financial Technology. Hal ini mendukung perkembangan finansial inklusi.

"Bagaimana Caranya supaya penetrasi masyarakat akan internet yang tinggi bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan inklusi keuangan," tambahnya.

Rio menambahkan, Teknologi membuat proses untuk menjangkau masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat dimana pinjaman dapat dilakukan secara online tanpa tatap muka.

"Selama ini Pengajuan kredit membutuhkan waktu 1 hingga 2 minggu, namun dengan pinjaman online nasabah dapat menerima hanya dengan waktu 1sampa 2 hari" ujarnya.

Ia menjelaskan, di tahun 2017 ini UangTeman mengembangkan teknologi dimana pinjaman dapat cair dalam waktu 15 menit. Selain itu, ditahun ini pihaknya juga meluncurkan aplikasi mobile yang sudah bisa diunduh melalui playstore dan ios, dengan aplikasi tersebut memungkinkan calon peminjam untuk mengajukan pinjaman setiap saat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Toys Kingdom Hadirkan Mainan Koleksi BT21 Secara Eksklusif

Kamis, 21 November 2019 - 09:56 WIB

Toys Kingdom Hadirkan Mainan Koleksi BT21 Secara Eksklusif

Pusat mainan dan hobi, Toys Kingdom menghadirkan mainan Collectible Figurine BT21 dengan karakter unik yang diciptakan oleh boyband asal korea. Mainan koleksi ini hanya bisa didapatkan secara…

Irjen Kementerin PUPR Widiarto

Kamis, 21 November 2019 - 09:07 WIB

Kementerian PUPR Perkuat Kerjasama dengan Kejaksaan RI

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa peran lembaga pengawasan sangat penting dalam memberikan pendampingan secara intensif agar pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan Kementerian…

AirAsia Menerima Pesawat A321neo Pertamanya

Kamis, 21 November 2019 - 09:00 WIB

AirAsia Menerima Pesawat A321neo Pertamanya

AirAsia telah menerima pesawat A321neo pertamanya dalam upacara serah terima di Hamburg, Jerman. Pesawat yang diterima merupakan pesawat pertama dari 353 pesawat A321neo yang dipesan oleh AirAsia.

Infrastruktur kerakyatan Kementerian PUPR

Kamis, 21 November 2019 - 08:46 WIB

Kementerian PUPR Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur Kerakyatan di Tahun 2020

Disamping melanjutkan pembangunan infrastruktur berskala besar seperti bendungan, irigasi, jembatan bentang panjang dan jalan tol, pembangunan infrastruktur kerakyatan juga tetap menjadi prioritas…

Maudy Ayunda dan Hamish Daud dalam adegan film Trinity Traveler yang akan mulai edar tanggal 28 Nopember mendatang

Kamis, 21 November 2019 - 08:43 WIB

Maudy Ayunda- Hamish Daud Berpetualang Mesra Di Film ‘Trinity Traveler’

Aktris Maudy Ayunda dan Aktor Hamis daud kembali melanjutkan kisah petualangan mesra mereka melalui film ‘Trinity Traveler’ yang akan tayang serentak tanggal 28 Nopember mendatang. Sebelumnya,…