BEI Catat Obligasi Maybank Indonesia Rp645,5 Miliar

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 Maret 2018 - 11:37 WIB

Maybank Indonesia (Foto Ist)
Maybank Indonesia (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai mencatatkan obligasi berkelanjutan II tahap II tahun 2018 yang diterbitkan oleh PT Bank Maybank Indonesia Tbk senilai Rp645,5 miliar.

Kepala Divisi Operasional Perdagangan BEI, Irvan Susandy dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (16/3/2018) mengemukakan bahwa obligasi Bank Maybank Indonesia itu dicatatkan dengan tingkat bunga 7,15 persen berjangka waktu 5 tahun.

"Hasil pemeringkatan atas obligasi dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) adalah idAAA (triple A). Bertindak sebagai wali amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk," paparnya.

Dengan dicatatkannya obligasi itu, lanjut dia, maka total emisi obligasi dan sukuk yang sudah tercatat sepanjang tahun 2018 adalah 11 emisi dari 10 emiten senilai Rp21,89 triliun. Dengan demikian, total emisi obligasi dan sukuk yang tercatat di BEI berjumlah 355 emisi dengan nilai nominal outstanding sebesar Rp402,55 triliun dan 47,5 juta dolar AS, diterbitkan oleh 114 emiten.

Sebelumnya, Analis Danareksa Sekuritas Lucky Bayu Purnomo mengatakan bahwa minat investor terhadap instrumen surat utang atau obligasi masih cukup tinggi di tengah kondisi pasar saham yang cenderung menurun.

"Instrumen itu dapat dijadikan sebagai alat lindung aset mengingat sifatya yang defensif. Di tengah kondisi pasar saham yang sedang menurun maka obligasi dapat menjadi pilihan," ujarnya.

Ia mengatakan minat investor yang cukup baik terhadap obligasi akan memicu penerbitan obligasi di dalam negeri marak. Apalagi, didukung dengan peringkat layak investasi (investment grade).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman di Kebupaten Garut

Kamis, 20 Juni 2019 - 11:32 WIB

Indonesia Mencatat Surplus Perdagangan Pertanian Dengan Eropa

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui berbagai unit kerjanya terus melakukan berbagai upaya peningkatan produksi. Upaya itu antara lain dengan membuat program kerja dan trobosan…

OYO Hotels & Homes

Kamis, 20 Juni 2019 - 10:30 WIB

Selama Ramadhan dan Libur Lebaran, OYO Catat Kenaikan Pesanan di Bandung Capai 540 Persen

Tercatat, selama Ramadan dan libur Lebaran 2019, OYO mengalami kenaikan pemesanan di Bandung mencapai 540% dibanding libur Natal dan Tahun Baru 2018.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Kamis, 20 Juni 2019 - 10:03 WIB

Inilah Program Kerja Ditjen IKMA Kemenperin Bawa IKM Nasional Naik Kelas

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) melakukan pembinaan terhadap para pelaku usaha dan calon wirausaha Industri Kecil dan Menengah…

BCA Mobile (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 20 Juni 2019 - 10:00 WIB

BCA-Digitaraya Umumkan Delapan Startup Terpilih Program SYNRGY Accelerator

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai institusi perbankan swasta terbesar di Indonesia terus berinovasi menerapkan transformasi digital untuk turut memajukan ranah ekonomi digital di Indonesia.…

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto saat meninjau donor darah

Kamis, 20 Juni 2019 - 09:52 WIB

Bantu Sesama, Perum Jamkrindo Selenggarakan Donor Darah

Jakarta - Perum Jamkrindo menyelenggarakan donor darah dalam rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun Perum Jamkrindo ke-49 di Jakarta, Kamis (20/6/2019). Kegiatan ini diselenggarakan…