Kedubes India Yakinkan Makanan India Mengenal Halal dan Haram

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 10 Maret 2018 - 19:30 WIB

Kuliner Khas India, Roti Maryam (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Kuliner Khas India, Roti Maryam (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Wakil Duta Besar India untuk Indonesia Prakash Gupta mengatakan India dan Indonesia memiliki banyak kesamaan, termasuk konsep makanan halal dan haram.

"Orang sering lupa bahwa India adalah negara dengan penduduk Muslim terbesar kedua setelah Indonesia, jadi masyarakat India sangat familier dengan makanan halal atau haram," kata Gupta di Jakarta, Sabtu.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam rangka menyambut festival kuliner "Flavours of India" (Cita Rasa India) di Jakarta, 12-28 Maret 2018.

Wakil Dubes India menambahkan, Islam merupakan agama kedua terbesar di India setelah Hindu, yang kedua pemeluknya hidup berdampingan dengan menerapkan toleransi, sama seperti di Indonesia.

"Jadi jangan khawatir soal halal dan haram, India punya banyak pilihan masakan, bahkan di negara kami juga sangat mudah mencari restoran halal," kata dia.

Gupta juga menjamin semua masakan yang akan disajikan dalam festival tersebut diolah secara halal, dan karena masyarakat India tidak mengkonsumsi daging sapi, semua daging ayam dan Ikan yang digunakan bersertifikat halal.

Dengan berbagai kesamaan itu, Gupta mengatakan makanan dapat menjadi alat terbaik untuk mempererat hubungan orang per orang atau "people-to-people contact" kedua negara.

Festival makanan "Flavours of India" diselenggarakan Kedutaan Besar bekerja sama dengan Hotel Westin Jakarta dengan menghadirkan ahli masakan India dari Mumbai, Chef Nandan Singh Dhami.

Selama festival berlangsung, Hotel Westin akan menyajikan lebih dari 50 jenis masakan mulai dari makanan pembuka, menu utama, hidangan penutup, hingga jajanan dan makanan ringan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:00 WIB

54 Petugas Penyelenggara Pemilu Meninggal, Ketua DPR RI Prihatin

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa atas meninggalnya 54 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan 10 aparat kepolisian saat menjalankan…