Dion Wiyoko Akui Tehnologi Perbankan Semakin Mudah Tapi Tetap Waspada

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 09 Maret 2018 - 09:13 WIB

Brand Ambassador Bank Permata, Dion Wiyoko
Brand Ambassador Bank Permata, Dion Wiyoko

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Aktor Dion Wiyoko mengakui bahwa saat ini teknologi perbankan sudah semakin maju dan memudahkan. Meski demikian harus tetap waspada terhadap segala bentuk peretasan identitas. Itu sebabnya Dion Wiyoko yang menjadi Brand Ambassador Bank Permata menyambut gembira adanya teknologi Voice Id yang diluncurkan kemarin, Kamis (8/3) di Kawasan Jakarta Selatan.

" Luar biasa ya. Sekarang suara kita sudah bisa jadi identitas yang tersimpan dan memudahkan pengecekan data kita,” ujarnya kepada wartawan usai peluncuran Voice Id Bank Permata.

Dion mengaku kagum terhadap tehnologi yang bisa mengidentifikasi orang berdasarkan suara. “Tadi saya sempat bertanya kepada ahli IT, bagaimana kalau sedang batuk atau flu, apakah masih bisa di identifikasi, ternyata masih bisa. Karena ada 50 karakter dari satu suara yang bisa dijadikan identitas. Hebat sekali,” katanya.

Sebagai nasabah perbankan , suami dari Fiona Anthony ini juga mengaku sangat berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit maupun kartu debitnya dalam suatu transaksi pembayaran. Tujuannya, agar kartu miliknya tidak disalahgunakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Sampai saat ini, pemeran Yohan di film 'Cek Toko Sebelah' ini bersyukur tidak pernah mengalami kejadian peretasan atau menjadi korban kejahatan siber.

Sementara itu Direktur Teknologi dan Operasi Bank Permata Abdi Salimin menerangkan teknologi  voice ID dikembangkan agar proses verifikasi data nasabah lebih cepat dan aman. Verifikasi data diklaim dapat dipersingkat menjadi hanya 45 detik, sehingga proses pelayanan pun menjadi lebih cepat.

“Kalau selama ini untuk memverifikasi data nasabah bisa dilakukan dengan cara Telepon (Caller ID), lalu identifikasi wajah (Face Id), kini kami kembangkan lewat suara atau Voice ID. Ini semata mata untuk kenyamanan nasabah kami,” kata Abdi.

Untuk teknologi ini, pihaknya menggandeng pakar IT dari perguruan tinggi ternama di Indonesia untuk membangun sistemnya. “Kami menjadi yang pertama di Indonesia menggunakan teknologi ini,” katanya berpromosi. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Industri Nikel (Photo by Bisnis.com)

Jumat, 07 Agustus 2020 - 19:03 WIB

Luar Biasa! Ekspor Produk Industri Nikel Mampu Tembus USD 7 Miliar

Berdasarkan data BPS, pada tahun 2018 dan 2019, nilai ekspor produk industri logam berbasis nikel berturut-turut mencapai USD4,8 miliar dan USD7,08 miliar atau meningkat 47,5%.

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 07 Agustus 2020 - 18:45 WIB

Tutup Pekan IHSG Berakhir Melemah Turun ke Level 5.144

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat (7/8) ditutup melemah.

Waskita Karya (Foto Dok Industry.co..id)

Jumat, 07 Agustus 2020 - 18:32 WIB

Sah! Waskita Karya Terbitkan Obligasi Rp135,1 Miliar Jangka Waktu 3 Tahun

Dilansir dari IDX berdasarkan keterangan perseroan, Obligasi Berkelanjutan IV Waskita Karya Tahap I Tahun 2020 dicatatkan sebesar Rp135,5 miliar dengan jangka waktu 3 Tahun.

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar

Jumat, 07 Agustus 2020 - 18:30 WIB

Muhaimin Iskandar Minta Pemerintah Lebih Perhatikan Nasib Petani

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menilai pertumbuhan ekonomi yang ditopang sektor pertanian layak mendapatkan perhatian dari Pemerintah, demi terus meningkatkan investasi pertanian.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), Nasrullah saat diskusi kemitraan usaha peternakan

Jumat, 07 Agustus 2020 - 18:18 WIB

Kementan: Kemitraan Usaha Peternakan Tingkatkan Daya Saing

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan mengajak pelaku usaha yang bergerak di sektor peternakan dan kesehatan hewan menggencarkan pelaksananaan…