Bikin Ngiler! Ini, Tiga Rekomendasi Rujak Khas Nusantara yang Wajib Kamu Coba

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 03 Maret 2018 - 13:00 WIB

Rujak Shanghai (Ist)
Rujak Shanghai (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Rujak, adalah salah satu kuliner Indonesia yang memiliki berbagai cita rasa yang nikmat dan segar. Kuliner ini, merupakan makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi dengan bumbu atau kuah yang dicampuri cabe.

Diketahui, rujak mudah ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura tetapi, di sana disebut dengan "rojak". Nah, siang hari gini, kayaknya cocok banget deh untuk membuat rujak yang pedas dan segar. Ini tiga resep rujak dari berbagai wilayah di Indonesia.

1. Rujak Rambutan

Bahan-bahan :

30 buah rambutan
3 buah jeruk nipis
5 buah cabe rawit
secukupnya garam
secukupnya gula
secukupnya air

Langkah-langkah :

Kupas buah rambutan lalu dipotong menjadi dua bagian. Dan, jangan lupa buang bijinya. Kemudian, iris tipis jeruk nipis dan iris tipis cabe rawit.

Lalu, campurkan semua bahan dan jangan lupa untuk memasukkan garam dan gula. Setelah diaduk, lalu dinginkan sebentar ke dalam lemari pendingin dan tunggu sampai 30 menit agar lebih segar.

2. Rujak Cingur

ujak Cingur dari Surabaya, Jawa Timur. Cingur adalah mulut atau moncong sapi yang direbus dan diiris menjadi campuran bersama timun, bendoyo, bengkuang, lontong, tahu, tempe, kecambah, kangkung, dan sayur alur. Gurihnya kacang yang diuleg bersama petis, cabai, dan pisang klutuk menjadikan Rujak Cingur sebagai salah satu rujak terbaik yang pernah ada.

3.  Rujak Shanghai

di Jakarta, ada Rujak Shanghai dari Petak Sembilan yang memiliki rasa hampir mirip dengan asinan pada umumnya. mirip dengan asinan. Uniknya, Rujak Shanghai ini menggunakan irisan lobak, cumi, serta ubur-ubur sebagai isian, lalu diguyur saus tomat dan bubuk koya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:30 WIB

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mendorong BUMN terus berkontribusi untuk memajukan olahraga di Tanah Air melalui pembinaan atlet-atlet dan berbagai program pemberdayaan.

Galaxy Note 10+ (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:11 WIB

Samsung Resmi Meluncurkan Galaxy Note 10 dan 10+ Untuk Pasar Indonesia

Kekuatan performance, keindahan desain, kemampuan untuk berkreasi, dan fitur produktivitas dukung pengguna dalam berbagai pekerjaan dan passion yang mereka lakukan bersamaan.

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:00 WIB

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

EnGenius Networks Singapore Pte Ltd, perusahaan jaringan nirkabel multinasional terkemuka, yang telah berpengalaman dalam solusi hardware dan software untuk perusahaan kecil dan menengah selama…

PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) (ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 08:32 WIB

Semester I 2019, Pendapatan TBIG Rp2,2 Triliun

Jakarta -- PT Tower Bersama Infrastructure Tbk mencatat pendapatan dan EBITDA masing-masing sebesar Rp2.277 miliar dan Rp1.941 miliar untuk periode enam bulan yang berakhir pada tanggal 30 Juni…

Kegiatan Semen Tonasa, salah satu produk Semen Indonesia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 08:01 WIB

Semen Indonesia Siap Bersaing di Pasar Regional

Jakarta – Di tengah kondisi pasar semen nasional yang kompetitif, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk berhasil mencatatkan volume penjualan hinga Juli 2019 untuk pasar semen domesik diluar Solusi…