Nikmatnya Khanom Bueang, Jajanan Pasar Khas Thailand

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 03 Maret 2018 - 15:00 WIB

Khanom Bueang, Jajanan Khas Thailand (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Khanom Bueang, Jajanan Khas Thailand (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Selain terkenal dengan wisata Seribu Pagoda, Thailand mempunyai berbagai kuliner ataupun jajanan yang wajib para pelancong cicipi jika berkunjung ke sana. Jika Indonesia punya jajanan pasar kue leker, Eropa punya pancake atau crepe, di Thailand juga punya jajanan pasar bernama Khanom Bueang.

Untuk kue leker, crepe dan Khanom Bueng sama-sama menggunakan kulit kering yang terbuat dari bahan telur dan tepung. Tetapi, menurut Vaneza, selaku Public Relations dari Tourism Thailand saat ditemui di Astindo Travel Fair 2018, di JCC, Jumat (2/3/2018) mengatakan, "Untuk pembuatan kulit kue ini berbahan tepung beras lalu dicampur dengan telur," katanya

Vaneza menjelaskan yang membedakannya, Khanom Bueng mempunyai isian atau topping yang memiliki cita rasa manis dan asin. Untuk rasa manis bernama Foi Thong yaitu campuran kuning telur, lalu dicampur dengan gula lalu dimasak dan menghasilkan warna oranye.

"Sementara, untuk topping asin berbahan udang kering atau ebi yang dicampur dengan kelapa parut dan koko pandan. Dan, untuk krimnya menggunakan putih telur dicampur gula," imbuhnya.

Menurut pantauan Industry.co.id, cita rasa dari Khanom Bueang ini memang mirip sekali dengan kue leker, pancake dan crepe yang biasa kita makan. Tetapi, toppingnya memang berbeda dari kue-kue tersebut. Untuk teksturnya krimnya sangat lembut, dan kulitnya renyah. Saat dimakan, menghasilkan rasa yang berebeda-beda. Ada rasa asin dan manis yang dicampur dengan lembutnya krim.

Di Thailand, jajanan pasar ini banyak sekali dijajakan ditiap pelosok jalanan, pasar tradisional ataupun pasar malam di Thailand. Untuk harganya, Khanom Bueng yang kecil-kecil dibandrol dengan harga 5 bhat atau Rp2.178 sementara, untuk Khanom Bueang yang besar seharga 100 bhat atau Rp4.3576 sudah dapat lima kue.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 13:15 WIB

Perang Dagang AS-China Tak Berdampak pada Laju Bisnis Indofood

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Wellirang menyebut tidak ada kekhawatiran terkait perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

Sabtu, 25 Mei 2019 - 12:05 WIB

Ini Harapan Kadin untuk Pemerintah Lima Tahun Kedepan

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan sejumlah harapan kepada pemerintah untuk lima tahun mendatang.

PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:46 WIB

Lingkungan Baik dan Nyaman, Sekolah Dekat Dengan Hunian Jadi Pilihan

Menjelang tahun ajaran baru merupakan periode sibuk bagi para orangtua yang memiliki anak usia sekolah. Terutama bagi mereka yang baru pertama memasukan si buah hati ke tingkat pendidikan dasar.…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:40 WIB

BNI Bersama BNI Syariah Berkontribusi di Halal Park BUMN Bandara Soetta

Jakarta - BNI bersama BNI Syariah kembali berkontribusi maksimal untuk mendorong halal ekosistem. Setelah sebelumnya berpartisipasi di Halal Park Gelora Bung Karno (GBK), hari ini, Kamis (23/5),…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:24 WIB

Payout Ratio 90%, Telkom Bagikan Dividen Rp16,23 Triliun

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Tahun Buku 2018 yang dilaksanakan di Jakarta pada Jumat (24/5), menyetujui pembagian dividen…