PLN Gandeng Perguruan Tinggi Kembangkan SDM Ketenagalistrikan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 01 Maret 2018 - 15:30 WIB

Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir. (Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)
Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir. (Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menggandeng tujuh perguruan tinggi negeri di Indonesia sebagai upaya memberdayakan sumber daya manusia dalam penelitian dan pengembangan bidang ketenagalistrikan.

Ketujuh perguruan tinggi tersebut yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) dan Universitas Udayana.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan langsung oleh para rektor/wakil rektor dan Direktur Utama PLN Sofyan Basir yang disaksikan langsung Menteri BUMN Rini Soemarno di Jakarta, Rabu (28/2/2018)

"Ini lanjutan pertemuan sebelumnya untuk meningkatkan kemampuan kita memproduksi juga meningkatkan sumber daya manusia kita. Saya sangat senang telah terealisasi untuk melakukan kerja sama ini," kata Rini.

Rini mengaku akan terus mendorong agar BUMN bisa bekerjasama dengan perguruan tinggi guna meningkatkan kemampuan bangsa.

"Saya harap kerja sama erat ini dapat berkembang terus dan memb eri hasil terbaik untuk bangsa. Selama ini riset dan pengembangan Indonesia masih lemah. Ini jadi cara di mana BUMN besar bisa bekerjasama dengan perguruan tinggi sehingga bisa meningkatkan kemampuan kita," ujarnya.

Direktur PLN Sofyan Basir menjelaskan kerja sama antara PLN dan ketujuh perguruan tinggi meliputi program magang bersertifikat sesuai kompetensi bidang ketenagalistrikan.

"Program magang bertujuan utnuk menghasilkan SDM unggul dan akan dimulai awal Juni 2018," katanya.

Kemudian, penelitian dan pengembangan bidang ketenagalistrikan untuk proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nasional di Bangka berkapasitas 2x50 MW yang akan dimulai 2019 dan beroperasi 2022.

"Ruang lingkup kerja samanya meliputi desain proyek, kajian kelayakan proyek, konsultasi terkait hingga pembuatan dokumen spesifikasi. Ini jadi mimpi kami karena setelah 70 tahun berdiri, kita tidak satupun membangun pembangkit mandiri," katanya kepada awak media.

Selain itu, penelitian dan pengembangan bidang ketenagalistrikan untuk proyek kendaraan listrik yang akan dioperasikan di area terbatas seperti Bandara Soekarno Hatta yang ditargetkan beroperasi 2019.

Terakhir, kerja sama itu meliputi diseminasi bidang ketenagalistrikan baik nasional maupun internasional.

Rektor UGM Panut Mulyono menyambut hangat jalinan kerja sama yang diinisiasi BUMN kelistrikan itu. Menurut dia, kerja sama tersebut menjadi salah satu cara mendorong kemandirian bangsa lantaran riset di perguruan tinggi akan dapat diaplikasikan dalam pembangunan nasional.

"Betapapun hebatnya penemuan di perguruan tinggi, kalau tidak ada kerja sama dengan industri, akan sulit ke penghiliran riset itu. Ini awal kita bisa mandiri di teknologi sehingga produk-produk kita bisa dibuat di dalam negeri sehingga pengurangan impor pasti akan terjadi," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 06:40 WIB

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019

Torehan prestasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali terukir berkat komitmennya dalam membangun solusi perbankan yang tepat untuk nasabah di tengah masifnya transformasi digital saat ini.…

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…