OKI Pulp and Paper Siap Ekspor 2 Juta Ton Pulp

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 14 Januari 2017 - 03:59 WIB

Industri Pulp dan Kertas
Industri Pulp dan Kertas

INDUSTRY.co.id - Palembang- Pabrik bubuk kertas dan tisu OKI Pulp And Paper di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, mulai berproduksi pada Januari 2017 setelah merampungkan masa uji coba pada tahun lalu, kata Direktur APP Sinarmas Suhendra Wiriadinata.

"Bulan ini pabrik mulai berproduksi," kata Suhendra di Palembang, Jumat (13/1/2017).

Ia mengatakan untuk tahap awal perusahaan belum membebani target produksi tapi lebih mengedepankan untuk mendapatkan data akurat mengenai kapasitas terpasang pabrik.

Hal ini penting mengingat produk yang dihasilkan pabrik OKI Pulp And Paper akan dilepas ke pasar dunia selain dikirim ke anak perusahaan yang memproduksi kertas dan tisu.

"Tentunya perusahaan yang menjadi mitra ingin mendapatkan kepastian berapa yang bisa diekspor secara berkesinambungan, dan tak kalah penting bukan hanya kuantitasnya tapi juga kualitasnya," kata dia kepada Antara.

Selain itu, perusahaan juga berupaya mempercepat realisasi pelabuhan internal yang berada dekat kompleks pabrik di Tanjung Tapa di Kecamatan Air Sugihan. Lokasi ini dipilih karena berdasarkan kajian berlokasi strategis dengan kedalaman dan luas yang sangat memadai untuk dilalui kapal berukuran besar.

"Untuk pelabuhan tidak ada masalah, semua dalam proses," kata dia.

Pabrik OKI Pulp And Paper disebut-sebut sebagai pabrik bubur kertas terbesar di Asia dengan teknologi terbaik dan terkini di dunia.

Pabrik ini dibangun dengan investasi sebesar Rp40 triliun dengan target mengekspor 2 juta ton pulp dan 500 ribu ton tisu dengan nilai mencapai 1,5 miliar dolar AS (Rp20 triliun) pada tahun pertama.

Keberadaan APP OKI ini diperkirakan akan mendongkrak ekspor Sumsel sebesar 32 persen, sedangkan PDRB sebesar 11 persen.

Menurut rencana, pabrik akan diresmikan pada April 2017 dengan target lanjutan yakni langsung melakukan ekspor perdana.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus (ist)

Senin, 16 Mei 2022 - 12:35 WIB

Menperin Agus Pacu Penyerapan Produk Industri Dalam Negeri

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, guna memacu kinerja perekonomian nasional, Presiden meminta kepada para menterinya untuk aktif memonitor belanja-belanja di setiap…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Senin, 16 Mei 2022 - 12:12 WIB

APKASINDO Gelar Keprihatinan Sampaikan Lima Pesan

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) akan mengerahkan petani di 22 Provinsi se-Indonesia untuk melakukan Aksi Keprihatinan Petani Kelapa Sawit Indonesia yang dilakukan serentak…

Navy Jazz Traffic Festival

Senin, 16 Mei 2022 - 12:00 WIB

DEWA 19 Tampil di Acara Navy Jazz Traffic Festival di Malang

Dewa 19 band legendaris Tanah Air menutup acara Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) 2022 yang berlangsung di Villa Navy Residence (VNR), Lawang, Malang, Jawa Timur, Sabtu (14/5/2022), dengan apik.…

Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Senin, 16 Mei 2022 - 11:48 WIB

Ramai Kabar JIS Bakal Digunakan Untuk Reuni 212, Ini kata Pemprov DKI Jakarta

Mengoreksi pemberitaan di media massa terkait Jakarta International Stadium (JIS) sebagai lokasi reuni 212, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan penggunaan JIS saat…

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Senin, 16 Mei 2022 - 11:33 WIB

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Jakarta-Pengawalan Polri atas arus mudik dan arus balik lebaran 2022 menuai penilaian positif dari masyarakat.