Dirjen EBTKE Resmikan PLTH Berkapasitas 53 kW di Tapanuli Selatan

Oleh : Hariyanto | Senin, 26 Februari 2018 - 08:45 WIB

Diejen EBTKE Resmikan PLTH Berkapasitas 53 kW di Tapanuli Selatan
Diejen EBTKE Resmikan PLTH Berkapasitas 53 kW di Tapanuli Selatan

INDUSTRY.co.id - Tapanuli Selatan - Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Dan Konservasi Energi (EBTKE), Rida Mulyana meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Silangkitang Tambiski 53 kW di Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (24/2/2018).

Hadir dalam peresmian yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatangan prasasti tersebut, Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu dan Bupati Tapanuli Selatan Syahrul Pasaribu.

"Terima kasih Bapak Dirjen EBTKE yang telah mengalokasikan bantuan PLTMH 53.000 Watt yang saat ini telah melistriki 150 KK dan 96 titik penerangan jalan umum. Dari total kapasitas yang ada, baru terpakai 1/3, jadi masih masih tersisa 2/3 lagi dan saya sudah bicara dengan Pak Camat itu jangan jadi barang mubazir, sebaiknya digunakan untuk menumbuhkan industri-industri rumah tangga," ujar Gus Irawan Pasaribu dalam sambutannya.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan akses energi kepada masyarakat dengan prioritas di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar), melalui pembangunan pembangkit listrik berbasis energi terbarukan.

"Energi listrik sudah menjadi kebutuhan vital bagi kehidupan masyarakat disamping makanan dan air, energi akan merubah kondisi suatu masyarakat karena energi merupakan pembuka peradaban," ujar Dirjen EBTKE, Rida Mulyana.

Beroperasinya PLTMH Silangkitang Tambiski diharapkan dapat menjadi pemacu bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan produktif sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Silangkitang Tambiski.

"Anak-anak akan makin banyak belajar karena malam hari mereka bisa belajar, ibu dan bapak juga akan punya aktifitas lain di malam hari karena sekarang rumahnya sudah pada terang di malam hari," lanjut Rida.

PLTMH Silangkitang Tambiski 53 kW dalam pengoperasiannya melayani rumah tangga sejumlah 150 KK dan 13 fasilitas umum seperti kantor desa, Poliklinik Desa, sekolah, maupun sarana ibadah.

"Uang yang kita gunakan untuk membangun PLTMH ini adalah uang rakyat, uang kita semua, untuk itu saya titip betul jangan sampai uang rakyat ini sia-sia dan PLTMH ini digunakan untuk kita semua jadi tolong dirawat dan dijaga PLTMH ini manfaatnya bisa optimal dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama," pungkas Rida.

Pembangunan PLTMH untuk melistriki masyarakat merupakan juga bagian dari peningkatkan peran energi terbarukan dalam bauran enegi nasional yang ditargetkan dapat mencapai 23% dalam bauran energi primer tahun 2025 untuk melistriki daerah-daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Senin, 20 Mei 2019 - 08:01 WIB

Jadi Jutawan Muda dengan Bertani

Gowa - Petani ataupun pekerjaan di sektor pertanian pada umumnya masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat. Bertani identik dengan pekerjaan kasar, kotor-kotoran, ataupun penghasilan…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 08:00 WIB

DPR: Hilangkan Ego Kelompok yang Lampaui Batas Toleransi Hukum

Ketua DPR Bambang Soesatyo(Bamsoet) mengimbau semua elemen masyarakat segera menghilangkan ego kelompok yang melampaui batas toleransi hukum dan undang-undang (UU). Setiap kelompok masyarakat…

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 06:40 WIB

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019

Torehan prestasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali terukir berkat komitmennya dalam membangun solusi perbankan yang tepat untuk nasabah di tengah masifnya transformasi digital saat ini.…

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…