Survei Google, Tingkat Penggunaan Internet di Kalangan ibu Tumbuh Pesat

Oleh : Hariyanto | Jumat, 23 Februari 2018 - 15:52 WIB

Ilustrasi Pengguna Smartphone ( ist)
Ilustrasi Pengguna Smartphone ( ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penelitian baru dari Google bersama Kantar Worldpanel dan Kantar TNS mengungkap langkah-langkah offline dan online yang dilakukan konsumen di Indonesia sebelum membeli produk perawatan bayi.

Pada 2018, hampir 60% dari seluruh masyarakat Indonesia telah terhubung dengan Internet dan hampir 8 dari 10 pengguna Internet indonesia (79%) menggunakan Internet tiap hari terutama melalui smartphone.

Temuan yang mungkin mengejutkan adalah bahwa 1 dari 4 pengguna Internet Indonesia merupakan seorang ibu. Marketer yang ingin menyampaikan pesan kepada kelompok audiens ini perlu memastikan pesan mereka sesuai dengan cara para ibu Indonesia menjalankan peran mereka di masa sekarang.

Penelitian konsumen produk perawatan bayi ini menunjukkan bahwa:

Rumah tangga yang mengakses Internet lebih bernilai.Bagi brand produk perawatan bayi, rumah tangga yang menggunakan Internet 3,5x lebih bernilai daripada rumah tangga yang tidak.

Orang tua Indonesia melakukan riset online. Hampir 7 dari 10 (69%) pengguna Internet Indonesia melakukan riset produk perawatan bayi secara online. Dan untuk melakukannya, mereka menggunakan Google Penelusuran (poin kontak online pertama) dan situs brand (poin kontak kedua).

Orang Indonesia memanfaatkan video untuk belajar menjadi orang tua yang lebih baik. Video online menjadi sumber informasi yang semakin penting mengenai pengasuhan anak. Waktu tonton channel pengasuhan anak di YouTube bertambah hampir 5x (4,7x) secarayear-on-year di Indonesia pada 2017.

Penelitian ini memberikan gambaran menarik tentang cara-cara konsumen mencari dan memilih produk saat ini. Rata-rata pengguna Internet Indonesia memerlukan waktu 1 minggu untuk melakukan riset produk, tetapi (sebagian besar) riset dilakukan dalam hitungan jam dan menit sebelum pembelian.

Dengan memahami hal ini dan membagikan pesan yang relevan di momen-momen terakhir yang krusial tersebut, brand akan memiliki peluang untuk mengubah pikiran konsumen dan berhasil menjual produknya.

Para ibu menggunakan Internet untuk mencari segala macam informasi di semua tahap kehamilan dan pasca-kelahiran. Marketer cerdas harus menjangkau kelompok ini di media tempat mereka semakin banyak menghabiskan waktu dan mengambil keputusan membeli — yaitu di smartphonemereka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jumat, 03 Mei 2024 - 11:31 WIB

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jakarta– PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali memastikan penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sesuai rencana, khususnya pengusahaan jalan tol yang akan menghubungkan 2…

Manajemen Linktown Indonesia saat peresmian kantor cabang Bandung

Jumat, 03 Mei 2024 - 10:12 WIB

Resmikan Kantor Cabang Baru, Linktown Siap Rebut Pasar Properti Bandung

Linktown Indonesia kembali melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka kantor cabang di Bandung, Jawa Barat pada Kamis (2/5). Peresmian kantor cabang Linktown Bandung dihadiri oleh para Founder Linktown, Head…

Calon Bupati Kerinci Tafyani Kasim Hadiri Taaruf Gus Muhaimin

Jumat, 03 Mei 2024 - 09:37 WIB

Calon Bupati Kerinci Tafyani Kasim Hadiri Taaruf Gus Muhaimin

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rabu (01/05/2024). mengundang bakal calon (Balon) kepala daerah se-Sumatera, di Hotel Mercure, Jakarta Barat.

Indonesia Alami Tren Penanganan Perjalanan Komuter Melalui Armada Mikrobobilitas

Jumat, 03 Mei 2024 - 09:17 WIB

Indonesia Alami Tren Penanganan Perjalanan Komuter Melalui Armada Mikrobobilitas

Kesadaran Masyarakat akan gaya hidup yang lebih sustainable terus meningkat, salah satunya dapat dilihat dari peningkatan penggunaan armada mikromobilitas. Berdasarkan data operasional dari…

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo di sela-sela 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific

Jumat, 03 Mei 2024 - 08:45 WIB

Ini Jurus Wamenparekraf Dorong Peran Perempuan di Sektor Parekraf Dunia

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mendorong penguatan peran perempuan dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif internasional,…