Festival Tidore Manjakan Wisatawan Lewat Pesona Bahari dan Budaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 26 Januari 2018 - 08:30 WIB

Pulau Tidore, Maluku Utara (Foto: stiaisyah.wordpress.com)
Pulau Tidore, Maluku Utara (Foto: stiaisyah.wordpress.com)

INDUSTRY.co.id, Tidore - Selama setahun penuh ini, akan banyak sekali agenda wisata diseluruh daerah di Indonesia. Bagi Kamu yang suka berwisata bahari dan budaya, melipir yuk ke Festival Tidore. Event ini, akan diselenggarakan pada Maret hingga April 2018. Di sana, Kamu bakalan menikmati berbagai kegiatan menarik dan seru loh!

Seperti, ada Parade Juanga, Penjelajahan Paji, dan prosesi kerajaan oleh Sultan Tidore. Selain itu, juga ada pembukaan Museum Maritim Dunia di Istana Tidore. Wah! Menarik bukan.

Untuk kegiatan pertama,  Parade Juanga yang menampilkan pelayaran kapal tradisional yang berwarna-warni dalam formasi perang. Armada itu akan dipimpin Sultan Tidore dan ditemani keluarga kerajaan.

Untuk rangkaian kegiatan yang kedua, wisatawan bakalan diajak menyaksikan Penjelajahan Paji. Ini merupakan penelusuran kembali perjalanan Sultan pada saat terjadi Pemberontakan Sultan Nuku. Rangkaian ini juga bakal dibalut berbagai kegiatan budaya yang memesona.

Selain itu, wisatawan juga diajak mengenal berbagai prosesi adat tanah Tidore. Ada prosesi Kota Tupa, prosesi Tag Jie, prosesi Rora Dange Ake Dango, dan pawai Ny Puja Nyilu. Yang pasti semua prosesi ini sangat kental dengan nilai budaya dan tradisi daerah Kepulauan ini.

Festival Tidore memang selalu menarik. Tak salah jika Festival ini selalu menarik minat wisatawan. Tidak hanya dari Nusantara, wisatawan mancanegara juga familiar dengan festival ini.

"Yang paling menarik perhatian itu perahu-perahu tradisional yang unik. Tari-tarian menawan khas Maluku Utara. Seperti tarian tradisional Cakalele dan Soya-soya juga kerap memukau pengunjung acara spesial ini," tutur Kepala Dinas Pariwisata Tidore, Yakub Husain, dikutip dari facebook Kemenpar, Jumat (26/1/2018).

Untuk akses, wisatawan bisa terbang menuju Bandara Babullah, Pulau Ternate. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan lewat darat ke pelabuhan Bastiong sekitar 10 menit. Dari sini transportasi laut harus ditempuh. Dari pelabuhan Bastiong menuju pelabuhan Rum di Pulau Tidore tersedia kapal feri waktu tempuh 30 menit dan speed boat waktu tempuh hanya lima menit.

Untuk penginapan Tidore memang baru memiliki satu hotel, yakni Hotel Seroja dengan tarif Rp 200 ribu. Tapi jangan khawatir, sebab masih ada guest house milik Pemkot Tidore di sana. Homestay milik warga juga sudah banyak. Fasilitas juga sudah mencukupi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:52 WIB

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Pejabat Bank BTN Cabang Denpasar Wahjudi Djoko Poerwanto memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa bumi Bali di Karangasem dan Bangli melalui BPBD Provinsi Bali di, Denpasar, Minggu…

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:48 WIB

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Pasuruan-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggelar akad kredit massal sebanyak 3.000 unit di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Habitat Dunia yang diperingati…

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 19:10 WIB

OJK Siapkan Delapan Arah Kebijakan Strategis Tahun 2022

Manado-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan delapan kebijakan strategis di tahun 2022 untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia dengan terus mengoptimalkan manfaat sektor jasa keuangan…

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Begini Cara Mengajarkan Keamanan Berinternet pada Anak

Sebelum mengedukasi anak mengenai keamanan berinternet, Idayanti Sudiro seorang Certified Life and Wellness Coach menyampaikan, terdapat hal yang harus dipahami oleh orang tua, yaitu menyadari…

Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 16:15 WIB

Melihat Sisi Positif dari Bermain Media Sosial

Seiring perkembangan zaman, kehadiran media sosial semakin beragam. Media sosial merupakan sebuah media yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan…