Festival Tidore Manjakan Wisatawan Lewat Pesona Bahari dan Budaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 26 Januari 2018 - 08:30 WIB

Pulau Tidore, Maluku Utara (Foto: stiaisyah.wordpress.com)
Pulau Tidore, Maluku Utara (Foto: stiaisyah.wordpress.com)

INDUSTRY.co.id, Tidore - Selama setahun penuh ini, akan banyak sekali agenda wisata diseluruh daerah di Indonesia. Bagi Kamu yang suka berwisata bahari dan budaya, melipir yuk ke Festival Tidore. Event ini, akan diselenggarakan pada Maret hingga April 2018. Di sana, Kamu bakalan menikmati berbagai kegiatan menarik dan seru loh!

Seperti, ada Parade Juanga, Penjelajahan Paji, dan prosesi kerajaan oleh Sultan Tidore. Selain itu, juga ada pembukaan Museum Maritim Dunia di Istana Tidore. Wah! Menarik bukan.

Untuk kegiatan pertama,  Parade Juanga yang menampilkan pelayaran kapal tradisional yang berwarna-warni dalam formasi perang. Armada itu akan dipimpin Sultan Tidore dan ditemani keluarga kerajaan.

Untuk rangkaian kegiatan yang kedua, wisatawan bakalan diajak menyaksikan Penjelajahan Paji. Ini merupakan penelusuran kembali perjalanan Sultan pada saat terjadi Pemberontakan Sultan Nuku. Rangkaian ini juga bakal dibalut berbagai kegiatan budaya yang memesona.

Selain itu, wisatawan juga diajak mengenal berbagai prosesi adat tanah Tidore. Ada prosesi Kota Tupa, prosesi Tag Jie, prosesi Rora Dange Ake Dango, dan pawai Ny Puja Nyilu. Yang pasti semua prosesi ini sangat kental dengan nilai budaya dan tradisi daerah Kepulauan ini.

Festival Tidore memang selalu menarik. Tak salah jika Festival ini selalu menarik minat wisatawan. Tidak hanya dari Nusantara, wisatawan mancanegara juga familiar dengan festival ini.

"Yang paling menarik perhatian itu perahu-perahu tradisional yang unik. Tari-tarian menawan khas Maluku Utara. Seperti tarian tradisional Cakalele dan Soya-soya juga kerap memukau pengunjung acara spesial ini," tutur Kepala Dinas Pariwisata Tidore, Yakub Husain, dikutip dari facebook Kemenpar, Jumat (26/1/2018).

Untuk akses, wisatawan bisa terbang menuju Bandara Babullah, Pulau Ternate. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan lewat darat ke pelabuhan Bastiong sekitar 10 menit. Dari sini transportasi laut harus ditempuh. Dari pelabuhan Bastiong menuju pelabuhan Rum di Pulau Tidore tersedia kapal feri waktu tempuh 30 menit dan speed boat waktu tempuh hanya lima menit.

Untuk penginapan Tidore memang baru memiliki satu hotel, yakni Hotel Seroja dengan tarif Rp 200 ribu. Tapi jangan khawatir, sebab masih ada guest house milik Pemkot Tidore di sana. Homestay milik warga juga sudah banyak. Fasilitas juga sudah mencukupi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Korps Marinir Laksanakan Rakornispers Ta 2022

Kamis, 19 Mei 2022 - 06:30 WIB

Korps Marinir Laksanakan Rakornispers Ta 2022

Asisten Personel Komandan Korps Marinir (Aspers Dankormar) Kolonel Marinir Pangestu Widiatmoko, S.E secara resmi membuka Rakornispers Kormar (Rapat Koordinasi dan Teknis Personil Korps Marinir)…

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Kamis, 19 Mei 2022 - 06:00 WIB

KASAD: TNI AD Harus Menjadi Solusi di Tengah Kesulitan Rakyat

Prajurit TNI AD dimanapun berada harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat dan harus menjadi solusi. Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman,…

Danrem 174 ATW Brigjen TNI Reza Pahlevi

Kamis, 19 Mei 2022 - 04:45 WIB

Danrem 174 ATW Brigjen TNI Reza Pahlevi Pimpin Serah Terima Komandan Kodim 1710/Mimika

Acara serah terima Komandan Kodim 1710/Mimika dari pejabat lama Letkol Infanteri Yoga Cahya Prasetya kepada pejabat baru Letkol Infanteri Dedy Dwi Cahyadi dipimpin langsung oleh Danrem 174/ATW…

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Kamis, 19 Mei 2022 - 04:00 WIB

KASAD Jend TNI Dudung Abdurachman Tinjau TNI AD Manunggal Air di Pemukiman Eks Timor Timur

Program TNI AD Manunggal Air terus mendapat perhatian Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), terutama di wilayah yang warganya kesulitan mendapatkan air. Itulah mengapa, Jenderal TNI Dudung Abdurachman…

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…