Proses Pemilihan Investor Strategis Sedang Berjalan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 23 Januari 2018 - 20:02 WIB

Direktur Utama GMF, Iwan Joeniarto (Foto Ridwan)
Direktur Utama GMF, Iwan Joeniarto (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMF) yang bergerak di bidang perawatan dan perbaikan pesawat (MRO), menyatakan, proses pelepasan saham dan pemilihan investor strategis sedang berjalan dengan mencermati beragam faktor.

"Saat ini sedang dalam proses 'due diligence' kepada beberapa calon investor strategis yang menjadi kandidat dan sebaliknya. Proses pemilihan ini ditargetkan akan selesai diakhir kuartal pertama 2018 atau awal kuartal kedua 2018 setelah seluruh proses dilalui," kata Dirut GMF Iwan Juniarto dalam rilis di Jakarta, Selasa (23/1/2018)

Menurut Iwan Juniarto, GMF sebagai perusahaan MRO terbesar di Indonesia merupakan industri strategis yang saat ini sudah menjadi perusahaan terbuka sehingga keputusan manajemen harus memperhatikan aspek kehati-hatian, keterbukaan, dan senantiasa memperhatikan kepentingan para pemangku kepentingan dan pemegang saham.

Iwan mengemukakan hal tersebut terkait isu yang menyebutkan bahwa GMF sudah menunjuk investor strategis untuk memiliki sahamnya.

Dirut GMF juga mengatakan, pemilihan investor strategis tetap harus mengikuti proses dan prosedur yang sesuai dengan prinsip dari tata pengelolaan perusahaan yang baik atau "Good Corporate Governance".

"GMF mengharapkan perusahaan yang akan menjadi investor strategis tidak hanya mendukung dalam bentuk dana investasi, namun juga bisa melakukan transfer knowledge untuk menambah kapabilitas, membawa pasar dan dapat meningkatkan brand dari GMF," kata Iwan.

Terkait pemilihan investor strategis tersebut, Iwan menjelaskan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), yang akan membahas pengeluaran saham baru kepada Investor Strategis.

Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan IPO pada Oktober 2017 di mana GMF telah melepas 10 persen saham ke publik, sesuai isi prospektus GMF juga akan melepas saham barunya kepada Investor Strategis.

Pemilihan Investor Strategis sudah mulai dilakukan sejak kuartal keempat tahun 2017 lalu dan dibantu oleh BNP Paribas sebagai "Financial Advisor" yang ditunjuk.

Sebelumnya, GMF juga telah menggenjot ekspansi internasional pada akhir tahun dengan berkolaborasi bersama KORR Group untuk perluasan bisnis di Australia.

Direktur Utama GMF AeroAsia Iwan Joeniarto dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (29/12), mengatakan bahwa kerjasama dengan perusahaan asal Australia ini merupakan salah satu strategi ekspansi bisnis "International Footprint" GMF.

"Kami sangat berharap kerjasama strategis ini mampu melancarkan ekspansi GMF ke luar negeri terutama untuk area Australia yang memiliki potensi pasar perawatan yang cukup tinggi," kata Iwan.

Penandatanganan kontrak kemitraan strategis itu merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman yang ditandatangani pada tanggal 2 Juni 2017 silam.

Sementara itu, Direktur Line Operation GMF, Tazar Marta Kurniawan mengatakan, setelah Batam dan Korea Selatan, Australia menjadi area ketiga yang dijajaki, dan segera menyusul area Timur Tengah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…