Selamat! Kepada Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2017, Berikut Daftarnya

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 15 Januari 2018 - 18:10 WIB

Calon Bupati Tulungagung Jatim Margiono (Foto Dok Industry.co.id)
Calon Bupati Tulungagung Jatim Margiono (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Ajang penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2017 yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Kategori Jurnalistik Foto serta Penghargaan Khusus Media Siber Terinovatif telah ditetapkan pemenangnya. Tiap tahunnya, PWI memberikan Anugerah Jurnalistik Adinegoro dan Penghargaan Khusus berkaitan dengan Hari Pers Nasional.

Tema Penghargaan Adinegoro tahun 2017 kali ini dibebaskan secara umum, hanya bermuatan kepentingan orang banyak, humanis, dan inspiratif. Selain itu juga membangun pembentukan karakter bangsa dan merekat kembali jati diri NKRI.  

Para pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2017 akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 50 juta, tropi dan piagam, sedangkan pemenang Penghargaan Khusus Media Siber Terinovatif akan mendapatkan hadiah sebesar Rp10 juta, tropi, dan piagam. Hadiah akan diserahkan pada Hari Pers Nasional 2018, tanggal 7-9 Februari 2018 di Padang, Sumatra Barat.  

Berikut ini, pemenang kategori foto yaitu foto jurnalistik berjudul “Fase Kritis” karya Raka Denny yang dipublikasikan di Harian Jawa Pos pada 29 November 2017. Foto tersebut menggambarkan Siswa SMP 2 Karangasem bersiap berangkat ke sekolah dengan latar Gunung Agung Bali yang menyemburkan abu.  
 
Para juri yang terdiri dari Enny Nuraheni (Ketua Dewan Juri), Tagor Siagian, dan Melly Riana Sari sepakat memilih foto tersebut dengan alasan foto tersebut diambil dalam situasi alam yang menunjukkan kesulitan. Selain itu secara teknis ada momen bergerak saat anak naik kendaraan membuat foto tersebut “hidup”.   

"Foto ini sarat nilai berita, karena di tengah situasi kritis, anak-anak ini tetap memilih sekolah," kata Enny Nuraheni,Ketua Dewan Juri, melalui siaran persnya yang diterima Industry.co.id, Senin (15/1/2018).

Penilaian ketat dilakukan terhadap delapan karya unggulan. Selain “Fase Kritis” (Raka Denny-Jawa Pos), juga “Antre KTP el” (Wisnu Widiantoro-Harian Kompas), “Payungi Raja Arab” (Randi Tri Kurniawan-Harian Rakyat Merdeka), “Kampanye Blusukan” (Galih Pradipta-LKBN Antara), “Dampak Jalan Rusak Parah di Ogan Komering Ilir” (Adrian Fajriansyah-Harian Kompas), “Pilkada 2017”(Galih Pradipta-LKBN Antara), “Upacara Bendera” (Aya Sugianto-Harian Banjarmasin Pos) dan “Tiba di Cipinang” (Arya Manggala Nuswantoro-Harian Media Indonesia).

Sementara, peng Khusus Media Siber Terinovatif diberikan kepada Tirto.Id. Pemilihan ini didasari berdasarkan konten yang konsisten mengusung prinsip komprehensif 5W+1H dan sesuai kaidah jurnalistik, kelengkapan berita dengan tampilan info-info grafis yang memudahkan pembaca memahami konteks sebuah berita, serta independen dalam kebijakan redaksinya.

Dan, penghargaan khusus ini betul-betul pengamatan secara diam-diam dari para juri, yaitu Nukman Lutfie, Manuel Irwanputera dan Merdi Sofansyah.  

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BGR Logistics Lakukan Ground Breaking Revitalisasi Gudang Payapasir Medan dan Gudang Srengsem Lampung

Senin, 09 Desember 2019 - 15:46 WIB

BGR Logistics Lakukan Ground Breaking Revitalisasi Gudang Payapasir Medan dan Gudang Srengsem Lampung

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), atau BGR Logistics yang merupakan Badan Usaha Milik Negara penyedia jasa logistik di Indonesia selenggarakan prosesi peletakan batu pertama untuk revitalisasi…

Gedung Kementerian Pertanian

Senin, 09 Desember 2019 - 15:34 WIB

Soal Gugatan Kementan kepada Tempo, Pengamat: Ini Tak Ada Kaitannya dengan Mantan Mentan Amran

Jakarta - Sidang gugatan perdata yang diajukan Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap majalah Tempo ditunda. Hal itu karena berkas administrasi para pihak belum lengkap.

vivo Y19

Senin, 09 Desember 2019 - 12:50 WIB

Andalkan Baterai Besar, vivo Y19 Telah Tersedia di Pasar Indonesia

Mengusung rangkaian fitur unggulan seperti kapasitas memori 6GB RAM dan 128GB ROM, baterai super besar 5000 mAh dengan fitur Dual-Engine Fast Charging (18W), layar luas 6.53” FHD+ Ultra All…

Midea Perkenalkan MFD180

Senin, 09 Desember 2019 - 12:24 WIB

Fokus Garap Segmen Laundry Commercial, Midea Perkenalkan MFD180

Seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan bisnis dibidang jasa laundry dan binatu, Midea mulai memusatkan lini produknya dengan memperkenalkan produk mesin cuci front load berkapasitas besar…

Peternak Ayam (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 09 Desember 2019 - 12:06 WIB

Pelaku Usaha Diajak Lipat Gandakan Ekspor Pangan

Surabaya -- Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi kinerja eksportasi PT Japfa Comfeed Indonesia TBK (JFPA) yang telah mampu mencatat nilai lebih dari Rp. 500 milyar di penghujung…