Peningkatan Permintaan Sumbagsel Bakal Dorong Penjualan SMBR Tahun ini

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 08 Januari 2018 - 12:04 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Peningkatan pasar semen di Sumbagsel (Sumatera Bagian Selatan), yaitu Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Lampung dan Bangka Belitung, diperkirakan bakal mendorong pertumbuhan volume penjualan PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) pada tahun ini.

Benny Kurniawan, Hubungan Investor SMBR, mengungkapkan, volume penjualan SMBR pada 2018 ini diperkirakan mencapai 2,75 juta ton semen, atau lebih tinggi sekitar 53% dibandingkan dengan target 2017 sebanyak 1,80 juta ton.

Menurut target 2017 tersebut, sekitar 77% dari penjualan produsen semen asal Sumatra Selatan tersebut, atau sebanyak 1,39 juta ton semen, merupakan semen kantong (bulk) dan sisanya adalah semen curah.

“Kenaikan penjualan perseroan tahun ini disebabkan oleh peningkatan kapasitas produksi SMBR menjadi sebanyak 3,85 juta ton semen per tahun. Itu terjadi setelah Pabrik Semen Baturaja II beroperasi,” tutur Benny baru-baru ini.

Benny memaparkan, konsumsi semen di kelima provinsi Sumbagsel itu masih berpeluang naik 10%. Pertumbuhan itu ditopang tingginya permintaan yang diperkirakan berasal dari pembangunan jalan tol Bakauheni-Palembang yang akan selesai di pertengahan tahun ini.

“Pasalnya, sepanjang Januari-November 2017, rata-rata pertumbuhan konsumsi semen di kelima provinsi tersebut sekitar 15%. Persentase itu di atas pertumbuhan permintaan semen nasional,” tutur Benny.

Benny juga mengungkapkan, harga jual semen SMBR tahun ini diprediksi cenderung sama seperti 2017 karena penurunan harga diperkirakan takkan terjadi. Pasalnya, para pemain baru di bidang semen akan segera merasionalisasikan harga jual mereka.

“Karena itu, untuk menyiasati penurunan harga jual di masa depan, kami akan terus mengupayakan efisiensi melalui penggunaan teknologi terbaru yang dapat menghemat konsumsi energi,” imbuh Benny. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Jumat, 03 Mei 2024 - 17:35 WIB

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Visa, pemimpin global dalam pembayaran digital, melakukan survei terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia . Temuan menunjukkan bahwa 54% UKM yang dipimpin oleh perempuan dan 48%…

Alfarisi Arifin, Direktur Utama Karubi Maru dan Enomoto Okuto, Kepala Koki Karubi Maru pada Pembukaan Gerai Kedua Karubi Maru Di Botani Square Mall Bogor

Jumat, 03 Mei 2024 - 14:15 WIB

Gandeng Koki Asli Jepang Karubi Maru Berikan Pengalaman Menyantap Yakiniku Dalam Jyubako

Hadirkan pengalaman baru dalam menyantap yakiniku di dalam kemasan Jyubako atau yang lebih dikenal dengan bento box Karubi Maru buka gerai keduanya di Botani Square Mall Bogor.

HINT Metaverse Eau de Perfume

Jumat, 03 Mei 2024 - 14:02 WIB

Kolaborasi HINT Dengan AI Technology Ciptakan Parfum Aroma Futuristik

HINT, brand parfum lokal yang menghadirkan inovasi parfum yang unik dan diinfus dengan teknologinya, kembali hadir dengan mengembangkan teknologi teranyar dengan menciptakan varian parfum terbaru, …