Siemens Perluas Peranya Dalam Digitalisasi Industri

Oleh : Hariyanto | Rabu, 03 Januari 2018 - 11:59 WIB

Siemens Indonesia
Siemens Indonesia

INDUSTRY co.id -Jakarta - Siemens telah mendirikan 20 pusat untuk aplikasi pelanggan digital di sektor industri. Masing-masing Pusat Aplikasi MindSphere untuk produk digital Siemens yang mencakup beberapa lokasi di berbagai negara dan mengkhususkan diri pada industri tertentu di mana Siemens aktif. 

Saat ini, sekitar 900 pengembang perangkat lunak, spesialis data dan insinyur sudah bekerja sama dengan pelanggan Siemens di pusat-pusat ini dalam mengembangkan inovasi digital untuk analisis data dan pembelajaran mesin. 

Solusi baru ini dikembangkan di MindSphere, sistem operasi terbuka berbasis cloud milik Siemens untuk Internet of Things (IoT). Guna mendekati pelanggannya, Siemens telah menempatkan 20 pusat aplikasi di 50 lokasi dan tersebar di 17 negara di seluruh dunia. 

“Kami terus memperluas kepemimpinan kami dalam digitalisasi industri. Dengan pengalaman global kami dalam elektrifikasi dan otomasi, dan keahlian perangkat lunak, kami menghasilkan keuntungan yang optimal bagi pelanggan sebuah manfaat yang tidak dapat ditiru oleh perusahaan lain pada tingkat kinerja yang tinggi.” kata Joe Kaeser, President dan CEO Siemens AG.

Selama tahun fiskal 2017, Siemens memperluas keunggulannya dalam solusi perangkat lunak dan layanan digital. Pendapatan dari teknologi digital, misalnya meningkat menjadi €5,2 miliar dengan €4 miliar dari perangkat lunak dan €1,2 miliar dari layanan digital. Kenaikan 20% ini berarti Siemens telah melampaui pertumbuhan pasar sekitar delapan persen.

&ldquo Kami sekarang mempercepat digitalisasi lebih jauh lagi, Kami menggunakan pengetahuan industri kami untuk memperluas bisnis, dengan Pusat Aplikasi MindSphere, kami memberikan dukungan optimal kepada pelanggan kami di seluruh dunia saat mereka memasuki era digital." ujar Chief Technology Officer Siemens AG, Roland Busch. 

Siemens meluncurkan sistem operasi MindSphere IoT di seluruh perusahaan sekitar setahun yang lalu. Sekitar satu juta perangkat dan sistem sekarang telah terhubung bersama melalui MindSphere, jumlahkan diperkirakan akan mencapai 1,25 juta pada akhir tahun fiskal 2018.

Mulai januari 2018, MindSphere juga akan tersedia di Amazon Web Services. Kemitraan ini membawa Siemens menjadi pemimpin pasar dunia dalam industri otomasi, dan No. 1 secara internasional di solusi cloud. Sebagai hasilnya, para pengguna menikmati lingkungan pengembangan yang lebih bertenaga, fungsi analisis tambahan, memperluas konektivitas. 

Aplikasi industri dan layanan digital dapat dikembangkan dan dijalankan di MindSphere. Sebagai contoh, sejumlah besar data dari sistem dapat diambil dan dievaluasi secara tepat dan efisien, dievaluasi dan kemudian digunakan 
untuk memperbaiki kinerja dan ketersediaan sistem.

Teknologi ini juga membantu pelanggan mengevaluasi dan menggunakan data mereka untuk mendapatkan wawasan baru. Misalnya, downtime dapat diprediksi, dicegah, dan pelanggan bisa menarik kesimpulan mengenai produk dan proses pembuatannya. 

Pengguna juga dapat mengembangkan model bisnis yang sama sekali baru, seperti menjual jam operasi mesin dan dengan demikian menawarkan solusi yang kurang padat modal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Infrastruktur listrik PLN

Senin, 27 Juni 2022 - 12:19 WIB

Dugaan PLN Hambat Industri Pasang PLTS Atap, Ketua Umum AESI: Menteri ESDM Harus Lapor Presiden

Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Fabby Tumiwa, menyarankan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk melaporkan perihal kesulitan industri mendapatkan izin pemasangan…

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…

Para pembalap motocross kelas MX2 melakukan start balapan pertama di gelaran MXGP 2022 di Samota, Sumbawa Besar (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:15 WIB

MXGP Samota 2022 jadi Momentum Promosikan NTB Sebagai Destinasi Wisata Olahraga

MXGP 2022 merupakan ajang balap motocross yang digelar pada 24-26 Juni 2022 dan diikuti oleh 33 pembalap motocross dari berbagai negara. Sebelumnya, MXGP juga pernah digelar di Palembang, Sumatra…