Siemens Perluas Peranya Dalam Digitalisasi Industri

Oleh : Hariyanto | Rabu, 03 Januari 2018 - 11:59 WIB

Siemens Indonesia
Siemens Indonesia

INDUSTRY co.id -Jakarta - Siemens telah mendirikan 20 pusat untuk aplikasi pelanggan digital di sektor industri. Masing-masing Pusat Aplikasi MindSphere untuk produk digital Siemens yang mencakup beberapa lokasi di berbagai negara dan mengkhususkan diri pada industri tertentu di mana Siemens aktif. 

Saat ini, sekitar 900 pengembang perangkat lunak, spesialis data dan insinyur sudah bekerja sama dengan pelanggan Siemens di pusat-pusat ini dalam mengembangkan inovasi digital untuk analisis data dan pembelajaran mesin. 

Solusi baru ini dikembangkan di MindSphere, sistem operasi terbuka berbasis cloud milik Siemens untuk Internet of Things (IoT). Guna mendekati pelanggannya, Siemens telah menempatkan 20 pusat aplikasi di 50 lokasi dan tersebar di 17 negara di seluruh dunia. 

“Kami terus memperluas kepemimpinan kami dalam digitalisasi industri. Dengan pengalaman global kami dalam elektrifikasi dan otomasi, dan keahlian perangkat lunak, kami menghasilkan keuntungan yang optimal bagi pelanggan sebuah manfaat yang tidak dapat ditiru oleh perusahaan lain pada tingkat kinerja yang tinggi.” kata Joe Kaeser, President dan CEO Siemens AG.

Selama tahun fiskal 2017, Siemens memperluas keunggulannya dalam solusi perangkat lunak dan layanan digital. Pendapatan dari teknologi digital, misalnya meningkat menjadi €5,2 miliar dengan €4 miliar dari perangkat lunak dan €1,2 miliar dari layanan digital. Kenaikan 20% ini berarti Siemens telah melampaui pertumbuhan pasar sekitar delapan persen.

&ldquo Kami sekarang mempercepat digitalisasi lebih jauh lagi, Kami menggunakan pengetahuan industri kami untuk memperluas bisnis, dengan Pusat Aplikasi MindSphere, kami memberikan dukungan optimal kepada pelanggan kami di seluruh dunia saat mereka memasuki era digital." ujar Chief Technology Officer Siemens AG, Roland Busch. 

Siemens meluncurkan sistem operasi MindSphere IoT di seluruh perusahaan sekitar setahun yang lalu. Sekitar satu juta perangkat dan sistem sekarang telah terhubung bersama melalui MindSphere, jumlahkan diperkirakan akan mencapai 1,25 juta pada akhir tahun fiskal 2018.

Mulai januari 2018, MindSphere juga akan tersedia di Amazon Web Services. Kemitraan ini membawa Siemens menjadi pemimpin pasar dunia dalam industri otomasi, dan No. 1 secara internasional di solusi cloud. Sebagai hasilnya, para pengguna menikmati lingkungan pengembangan yang lebih bertenaga, fungsi analisis tambahan, memperluas konektivitas. 

Aplikasi industri dan layanan digital dapat dikembangkan dan dijalankan di MindSphere. Sebagai contoh, sejumlah besar data dari sistem dapat diambil dan dievaluasi secara tepat dan efisien, dievaluasi dan kemudian digunakan 
untuk memperbaiki kinerja dan ketersediaan sistem.

Teknologi ini juga membantu pelanggan mengevaluasi dan menggunakan data mereka untuk mendapatkan wawasan baru. Misalnya, downtime dapat diprediksi, dicegah, dan pelanggan bisa menarik kesimpulan mengenai produk dan proses pembuatannya. 

Pengguna juga dapat mengembangkan model bisnis yang sama sekali baru, seperti menjual jam operasi mesin dan dengan demikian menawarkan solusi yang kurang padat modal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…