Rumah Makan Ini Suguhkan Pemandangan Keasrian Alam Kota Cirebon

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 24 Desember 2017 - 15:52 WIB

Rumah Makan Klapa Manis Cirebon (Foto Dije)
Rumah Makan Klapa Manis Cirebon (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Cirebon- Tiap daerah mempunyai keunggulannya an keunikannya masing-masing, seperti mengunggulan destinasi wisata atau kuliner yang beraneka ragam rasanya. Seperti di Kabupaten Cirebon ini, terletak di Jalan Raya Cirebon Kuningan, Gronggong, Patapan. Beber, Jawa Barat ada salah satu restoran yang unik yakni Rumah Makan Klapa Manis.

Rumah Makan Klapa Manis yang berdiri sejak tahun 2017 ini, merupakan rumah makan yang unik. Karena para pengunjung bisa sembari menikmati keindahan kota Cirebon. Rumah makan Klapa Manis ini salah satu restoran yang masih mempertahankan kearifan lokal kota Cirebon.

Menurut Nono Warsono, General Manager Rumah Makan Klapa Manis di Cirebon, mengatakan rumah makan ini mempunai empat lantai.

"Lantai awal, kita menyuguhkan pemandangan view yang ada di Kota Cirebon, khususnya pada saat malam hari. Lalu lantai kedua, bisa pakai untuk acara gathring, ulang tahun dan untuk acara lainnya. Karena memang dikhususkan dan disewakan," katanya kepada Industry.co.id, di Cirebon, Jumat (22/12/2017).

Ia juga mengatakan, untuk lantai tiga hanya untuk tenpat makan pada umumnya. "Sementara, untuk lantai keempatnya terdapat taman. Semua nuansanya kita tidam ada yang modern, semuanya alam," sambung Nono.

Nono juga menjelaskan ada beberapa menu favorit yang biasa dipesan oleh para pengunjung ataupun wisatawan, yakni Nasi Liwet. Dirinya juga mengungkapkan mengapa Nasi Liwet menjadi andalan di Rumah Makan Klapa Manis.

"Kita ada paket Liwet, kenapa Saya bikin paket Liwet? Karena, di Cirebon banyak pesantren, Kita mengadopsi dari sana. Pesantren itu kan makannya satu tempat bareng-bareng, karena di situ ada unsur kebersamaannya, kekeluargaannya juga ada yang kita tidak dapatkan di rumah," paparnya.

Nasi Liwet ini merupakan salah satu menu andalan di Rumah Makan Klapa Manis, untuk satu paket Nasi Liwet isinya sangat beraneka ragam lauk pauk.

"Nasi Liwetnya kita menggunakan tampah, untuk menunya juga macam-macam ada pepes ikan peda, ada tahu dan tempe goreng, lalu ada ayam ungkep yang dibakar, petai goreng dan bakar, lalu ada juga nasi ditambah lalapannya. Dan, untuk menikmati Nasi Liwet ini pengunjung cukup membayar Rp 175 ribu untuk empat orang," lanjutnya yang juga Pengurus ICA (Indonesia Chef Association). 

 

Rumah makan ini, mempunyai kapasitas hingga 700 orang, untuk yang dilangai atas atau lantai satu, bisa mencapai 250 orang, untuk yang di lantaia dua dapat menampung 100 orang, lantai tiga 40 orang dan lantai paling bawah, bisa sampai 200 orang.

Nono juga menceritakan bahwa dirinya sangat peduli sekali dengan pariwisata, kebudayaan dan seni tradisi yang ada di Kota Cirebon. untuk itu dirinya ingin sekali membangkitkan semangat anak-anak melalui seni tradisi yang Ia tampilkan di Rumah Makan Klapa Manis.

"Karena Saya orang Cirebon yang punya tanggung jawab untuk melestarikan seni tradisi dan budaya di Cirebon. Makanya, saya bawa anak- anak yang masih duduk dibangsu Sekolah Dasar untuk mempertunjukkan kesenian melalui seni tari, salah satunya Tari Topeng," ungkapnya yang juga salah satu ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Cirebon.

Sementara, untuk menu lainnya yang ditawarkan di rumah makan ini berkisaran mulai dari harga Rp 36 ribu hingga Rp 175 ribu. Sedangkan untuk minumannya sendiri berkisar mulai dari Rp 20 ribu

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Atal S Depari Ketua PWI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 07:00 WIB

Ketum PWI: Secara Konstitusional Belum Ada yang Terpilih Sebagai Presiden

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari menegaskan, sebenarnya sebelum perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai, belum ada yang terpilih sebagai Presiden…

Pemilu 2019(Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 06:26 WIB

Pemblokiran Jurdil2019.org Ciderai Demokrasi

Pemblokiran situs Jurdil2019.org oleh Kemenkominfo dan Bawaslu dinilai telah menciderai demokrasi, karena prosesnya tanpa peringatan terlebih dahulu. Telebih lagi, amanah UU mewajibkan pemerintah…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 23 April 2019 - 06:12 WIB

Kebijakan Fiskal Pemerintah yang Pruden Mendukung Pencapaian Target Pembangunan APBN 2019

Jakarta - Pelaksanaan APBN 2019 sampai dengan 31 Maret berjalan aman sesuai dengan kebijakan fiskal Pemerintah yang akan mendukung pencapaian target pembangunan APBN 2019. Hal ini disampaikan…

Diskusi hari bumi bersama BNI Syariah

Selasa, 23 April 2019 - 05:54 WIB

BNI Syariah Dukung UMKM Lakukan Green Activity

Jakarta - Dalam mendukung program Pemerintah yaitu SDG’s (Sustainable Development Goals) dan Green Banking, BNI Syariah berupaya untuk mendorong pengusaha UMKM dalam menerapkan green activity.…

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…