Pura Barutama Akan Pasok Kertas Uang ke Amerika Selatan Tahun Depan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 Desember 2017 - 13:55 WIB

Uang (Ilustrasi)
Uang (Ilustrasi)

INDUSTRY co.id -Kudus - Perusahaan percetakan dan pabrik kertas, PT Pura Barutama berencana memasok kebutuhan kertas uang untuk Amerika Selatan pada 2018 mendatang.

Presiden Direktur PT Pura Barutama Moeljono Soebijanto mengatakan, negara yang akan menjadi tujuan ekspor kertas uang adalah Chile dan Guatemala. "Kami saat ini sudah merambah ke negara Asia, di antaranya India, Nepal, dan Vietnam. Pasar terbesar kami di India yang kebutuhannya mencapai 4.000 hingga 5.000 ton," kata Moeljono dalam temu media di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/12/2017).

PT Pura Barutama merupakan satu dari dua produsen kertas uang di Asia, selain di Korea Selatan. Kegiatan bisnis Pura memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri. Pura juga memasok kertas uang dengan tanda air (watermark) dan benang pengaman untuk beberapa pecahan mata uang rupiah.

"Kami memasok kertas uangnya, dan yang mencetak (rupiah) adalah Peruri," kata Moeljono.

Ia mengatakan bahwa kertas untuk bahan cetak uang dibuat dengan mesin cetak khusus dan menggunakan bahan dasar kapas yang diimpor dari Uzbekistan.

"Namun, kami juga menggunakan bahan baku lain selain kapas untuk pembuatan kertas uang dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 45 hingga 50 persen," kata Moeljono.

Sementara, General Manager Divisi Kertas PT Pura Barutama, Mastamto meyakinkan, kertas uang yang diproduksi pihaknya memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga tidak mudah dipalsukan.

"Kami mempunyai spesialisasi untuk mesin pembuat kertas uang. Tidak ada uang palsu yang menggunakan kertas uang karena biasanya pencetak uang palsu hanya melakukan duplikasi dengan cara dicetak biasa," kata Mastamto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB, Direktur Mandiri Syariah Kusman Yandi serahkan bantuan APD. 

Rabu, 08 April 2020 - 15:11 WIB

Mandiri Syariah Serahkan APD dan Masker kepada RS Rujukan Covid-19

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menyerahkan bantuan senilai Rp3,05 miliar berupa 2.500 Alat Pelindung Diri (APD) dan 100 ribu masker kepada 105 Rumah Sakit rujukan Covid-19 di seluruh…

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio

Rabu, 08 April 2020 - 15:10 WIB

Jurus Jitu Kemenparekraf Atasi Dampak Covid-19 bagi Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan beberapa langkah strategis untuk mengatasi dampak COVID-19 bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air.

Thai Lion Air Mengoperasikan Penerbangan Misi Kemanusiaan

Rabu, 08 April 2020 - 15:00 WIB

Thai Lion Air Mengoperasikan Penerbangan Misi Kemanusiaan Jakarta – Bangkok

Thai Lion Air (kode penerbangan SL) member of Lion Air Group menyampaikan informasi terkini penerbangan yang beroperasi melayani misi kemanusiaan dan evakuasi (evacuation and humanitarian assistance)…

Menteri Sosial Juliari P. Batubara

Rabu, 08 April 2020 - 14:00 WIB

KPM PKH Terima Bansos Tiap Bulan Lindungi Diri dari Covid-19

Kementerian Sosial RI akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi setiap bulan, dari yang sebelumnya empat kali dalam setahun, untuk mengantisipasi dampak…

Xiaomi Store

Rabu, 08 April 2020 - 13:30 WIB

Xiaomi Luncurkan Solusi Belanja dan Perbaikan dari Rumah

Xiaomi, perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) memperkenalkan dua layanan konsumen terbaru Mi Shop from Home dan Mi Service from Home.