Begini Loh Caranya Agar Ayam Bakar Matang dengan Sempurna

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Desember 2017 - 12:25 WIB

Ayam Bakar (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Ayam Bakar (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Siapa yang tidak suka memakan ayam bakar? pasti para pecinta kuliner Indonesia sangat menyukai hidangan ini. Tapi, apakah Anda tahu bahwa untuk memasak ayam bakar memerlukan tata cara agar ayamnya matang secara keseluruhan?

Ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (15/12/2017) dalam acara "Terima Kasih Ibu Sajian Spesial dari Kecap ABC" menurut Chef William Gozali ada berikut beberapa tips agar mengetahui ayam bakar mempunyai tingkat kematangan yang sempurna.

"Ada dua cara, yang pertama cara yang paling bodoh adalah dengan menggunakan pisau, Kita potong. Lalu dicek, apakah daging yang kita potong masih juicenya atau enggak," katanya kepada Industry.co.id.

Lalu, Ia menambahkan tips yang kedua dengan cara merusak tekstur ayam itu.

"Caranya yang kedua, kita colok dengan termometer daging. Lalu. kalau suhunya sudah mencapai 68 derajat celcous, berarti sudah matang. Tetapi, kalau masih kurang dari 68 derajat celcius, berarti belum matang," lanjutnya.

Selain itu, William juga menjelaskan, untuk memasak ayam dengan tingkat kematangan yang sempurna juga tergantung jenis ayam dan berapa lama ayam tersebut dimasak.

"Kalau saya masak daging paha ayam,  nggak pernah ngitung. Kalau masak daging paha sampai lama ngga cepet kering karena mengandung lemak di dalamnya. Beda dengan daging dada, bisa sampai 30 menit hingga 45 menit masaknya. Dan, kalau dada akan lebih cepat kering ketika dimasak lama," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pavilion Indonesia di POWER Uzbekistan 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:34 WIB

Tujuh Perusahaan Dilibatkan, Kemenperin Buka Peluang untuk Perluas Pasar Ekspor di Power Uzbekistan 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuka peluang bagi para pelaku industri dalam negeri untuk memperluas pasar ekspornya, terutama ke negara-negara nontradisonal. Strategi yang dilaksanakan…

Direktur Utama Asuransi Jasindo, Andy Samuel

Senin, 20 Mei 2024 - 09:25 WIB

Hari Kebangkitan Nasional, Asuransi Jasindo Bangkit untuk Ekonomi Indonesia Tumbuh

Memeringati Hari Kebangkitan Nasional, PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) menyatakan komitmennya untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Digital art & creative (ilustrasi)

Senin, 20 Mei 2024 - 07:50 WIB

Digelar Offline, Bengkel Animasi Digital Art & Creative Festival 2024 Kembali Hadir di Bandung

Bengkel Animasi bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) kembali menggelar ajang 'Bengkel Animasi Digital Art & Creative…

Tingkatkan Ketahanan Iklim, Kementerian PUPR Dukung Kerja Sama Meteorologi WMO dan BMKG

Senin, 20 Mei 2024 - 07:44 WIB

Tingkatkan Ketahanan Iklim, Kementerian PUPR Dukung Kerja Sama Meteorologi WMO dan BMKG

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama dengan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati melakukan Pertemuan Bilateral…

(Kiri-Kanan): Komisaris Utama Effendi, Komisaris Independen M Slamet Brotosiswoyo, Direktur Operasional Iwan Sanyoto, Direktur Utama Rini Dwiyanti dan Direktur Keuangan Ingo Steil

Senin, 20 Mei 2024 - 07:38 WIB

Surya Biru Murni Acetylene Tebar Dividen

PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBMA), perusahaan gas industri terkemuka, secara resmi mengumumkan pembagian dividen tunai sebesar Rp1,1 miliar untuk tahun buku 2023.