Jadi Pioneer Pembangunan Berkelanjutan, Kabupaten Muba Tularkan Ilmu ke Anggota LTKL Lainnya

Oleh : Herry Barus | Senin, 04 Desember 2017 - 21:40 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Palembang– Kabupaten Musi Banyuasin menjadi salah satu sentra sawit terbesar di Tanah Air. Kebijakan-kebijakan inovatif yang digulirkan kabupaten tersebut menjadi salah satu penggerak hadirnya kesepatan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL).

 LTKL adalah visi dan komitmen yang disampaikan sejumlah pemerintah di daerah yang ingin agar daerahnya atau yurisdiksinya mulai menerapkan standar-standar lingkungan yang berkelanjutan.

“Artinya di sini pembangunan terus tumbuh tapi tidak dengan cara merusak. Artinya kelapa sawit tumbuh, lingkungan hutan juga dijaga. Pokoknya antara pertumbuhan dan proteksi lingkungan harus seimbang,” jelas Wakil Bupati Muba Beni Hernedi dalam acara diskusi bertema Masa Depan Bagi Kabupaten Lestari: Membangun Skenario Kesiapan dan Mekanisme Insentif, yang diadakan di Hotel Aryaduta, Palembang, Senin (4/12/2017).

Muba selama ini menjadi contoh bagi beberapa kabupaten lain di Indonesia yang juga tengah mendorong pembangunan berkesinambungan. LTKL yang terbentuk pada Desember 2016 saat ini beranggotakan delapan kabupaten, yakni Musi Banyuasin, Rokan Hulu, Siak, Batanghari, Labuan Batu Utara, Sintang, Sanggau, dan Sigi.

Ditanya apakah harapan Muba yang selama ini dianggap menjadi pioneer pembangunan berkelanjutan, Beni mengatakan bahwa tidak ada anggota LTKL yang lebih unggul.

“Masing-masing punya kelebihan, spesifikasi dan masing-masing saling belajar. Muba belajar dengan kabupaten lain yang hutannya lebih banyak, yang lain belajar bagaimana peremajaan sawit, bagaimana membina petani plasma. Tak ada anggota yang lebih unggul,” tegas Beni.

Potensi sawit di Muba saat ini mencapai 1,2 juta ton per tahun (CPO) dari luas lahan produksi kurang lebih 400.000 hektare. 

Lima tema prioritas Muba melalui pendekatan LTKL ini adalah:

1.      Akomodasi kebutuhan yang dimiliki anggota LTKL,

2.      Mendorong komunikasi berkelanjutan. Terus berkolaborasi, 

3.      Mencegah kebakaran gambut,

4.      Konservasi energi,

5.      Kehutanan.

Tahun depan, Munas pertama LTKL akan diadakan di Palembang. Rencananya, dalam munas tersebut juga akan dilakukan site visit ke lokasi perkebunan sawit di Muba.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Waketum KADIN Shinta Sukamdani, Menperin Agus Gumiwang, Ketua Apindo Haryadi Sukamdani

Sabtu, 06 Juni 2020 - 00:15 WIB

Kabar Gembira...Menperin Agus Bakal Gelontorkan Stimulus Modal Kerja untuk Pulihkan Industri Manufaktur

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bertekad untuk terus mengupayakan pemulihan sektor industri manufaktur di dalam negeri yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Produsen Batubara

Jumat, 05 Juni 2020 - 22:31 WIB

Industri Batubara Lesu Akibat Pasar Menyusut Terpapar Covid-19

Minimnya pergerakan ekonomi membuat industri batubara turut mengalami kelesuan dikarenakan menurunnya permintaan pasar terutama yang datangnya dari India dan Tiongkok.

Contoh proyek PT PP Persisi

Jumat, 05 Juni 2020 - 22:10 WIB

Cetak Laba Rp1,2 triliun, PT PP Gelontorkan Dividen Tunai 22,5 %

PT Pembangunan Perumaha (Persero) Tbk (PTPP) berhasil catatkan kinerja positif perusahaan untuk pendapatan usaha tahun buku 2019 sebesar Rp24,65 triliun dengan laba bersih yang perseroan mencapai…

Tokok Pakaian GAP (ist)

Jumat, 05 Juni 2020 - 22:03 WIB

Enggak Kuat Merugi hingga Rp13,1 Triliun, GAP Inc Terpaksa Tutup Toko

Perusahaan fashion GAP Inc, pada Kamis (5/6/2020) melaporkan kerugian yang dialaminya hingga 43% dalam penjualan kuartal I 2020 yang mencapai Rp13,1 triliun. Kerugian besar yang dialam

Penyerahan donasi dilakukan secara simbolis oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (kiri) dan Direktur BCA Erwan Yuris. (Doc:BCA)

Jumat, 05 Juni 2020 - 21:12 WIB

Bikin Salut, Grup BCA Salurkan Donasi ke PERSI

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai institusi keuangan yang senantiasa di sisi masyarakat berkomitmen untuk terus mendukung berbagai tindakan penanganan COVID-19.