Jadi Pioneer Pembangunan Berkelanjutan, Kabupaten Muba Tularkan Ilmu ke Anggota LTKL Lainnya

Oleh : Herry Barus | Senin, 04 Desember 2017 - 21:40 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Palembang– Kabupaten Musi Banyuasin menjadi salah satu sentra sawit terbesar di Tanah Air. Kebijakan-kebijakan inovatif yang digulirkan kabupaten tersebut menjadi salah satu penggerak hadirnya kesepatan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL).

 LTKL adalah visi dan komitmen yang disampaikan sejumlah pemerintah di daerah yang ingin agar daerahnya atau yurisdiksinya mulai menerapkan standar-standar lingkungan yang berkelanjutan.

“Artinya di sini pembangunan terus tumbuh tapi tidak dengan cara merusak. Artinya kelapa sawit tumbuh, lingkungan hutan juga dijaga. Pokoknya antara pertumbuhan dan proteksi lingkungan harus seimbang,” jelas Wakil Bupati Muba Beni Hernedi dalam acara diskusi bertema Masa Depan Bagi Kabupaten Lestari: Membangun Skenario Kesiapan dan Mekanisme Insentif, yang diadakan di Hotel Aryaduta, Palembang, Senin (4/12/2017).

Muba selama ini menjadi contoh bagi beberapa kabupaten lain di Indonesia yang juga tengah mendorong pembangunan berkesinambungan. LTKL yang terbentuk pada Desember 2016 saat ini beranggotakan delapan kabupaten, yakni Musi Banyuasin, Rokan Hulu, Siak, Batanghari, Labuan Batu Utara, Sintang, Sanggau, dan Sigi.

Ditanya apakah harapan Muba yang selama ini dianggap menjadi pioneer pembangunan berkelanjutan, Beni mengatakan bahwa tidak ada anggota LTKL yang lebih unggul.

“Masing-masing punya kelebihan, spesifikasi dan masing-masing saling belajar. Muba belajar dengan kabupaten lain yang hutannya lebih banyak, yang lain belajar bagaimana peremajaan sawit, bagaimana membina petani plasma. Tak ada anggota yang lebih unggul,” tegas Beni.

Potensi sawit di Muba saat ini mencapai 1,2 juta ton per tahun (CPO) dari luas lahan produksi kurang lebih 400.000 hektare. 

Lima tema prioritas Muba melalui pendekatan LTKL ini adalah:

1.      Akomodasi kebutuhan yang dimiliki anggota LTKL,

2.      Mendorong komunikasi berkelanjutan. Terus berkolaborasi, 

3.      Mencegah kebakaran gambut,

4.      Konservasi energi,

5.      Kehutanan.

Tahun depan, Munas pertama LTKL akan diadakan di Palembang. Rencananya, dalam munas tersebut juga akan dilakukan site visit ke lokasi perkebunan sawit di Muba.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Qantas Air (Foto Dok Qantas)

Senin, 09 Desember 2019 - 09:00 WIB

Travelport dan Qantas Melanjutkan Peluncuran NDC di Asia-Pasifik

Sebagai kelanjutan dari dukungan kepada New Distribution Capability yang digunakan oleh Qantas, termasuk Qantas Distribution Platform (QDP), Travelport, perusahaan teknologi terkemuka yang melayani…

Pedagang daging ayam di sebuah pasar tradisional

Senin, 09 Desember 2019 - 08:35 WIB

Timor Leste Tujuan Ekspor Pakan dan Daging Olahan

Surabaya - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus melipatgandakan ekspor produk pertanian termasuk peternakan hingga meningkat tiga kali lipat. Langkah nyata yang ditempuh…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 09 Desember 2019 - 08:23 WIB

IHSG Berpola Naik Cermati Saham-saham Pilihan

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di level 6089 - 6261 pada perdagangan Senin (9/12/2019). Cermati saham-saham yang direkomondasikan.

Industri Es Krim Tumbuhan di Atas 10 Persen Lima Tahun ke Depan

Senin, 09 Desember 2019 - 08:00 WIB

Industri Es Krim Tumbuhan di Atas 10 Persen Lima Tahun ke Depan

Tetra Pak® Indonesia Indonesia memaparkan tren kunci global dan regional dalam industri es krim pada tahun 2019 di seminar eksklusif konsumen bagi para pemain kunci industri es krim di Jakarta…

Garuda Indonesia

Senin, 09 Desember 2019 - 07:30 WIB

IPW Nilai Pihak Terlibat Kasus Garuda Terlibat KKN

Pihak pihak tertentu jangan berusaha melindungi rombongan Ari Arkhara dengan Undang Undang Kepabeanan. Sebab apa yang dilakukan Dirut PT Garuda dan rombongannya itu adalah penyalahgunaan wewenang,…