Akhir 2017, Pembangkit EBT Ditargetkan Miliki Kontrak Jual Beli Listrik

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 25 November 2017 - 12:35 WIB

Listrik Ilustrasi
Listrik Ilustrasi

INDUSTRY co.id -Jakarta - Pemerintah terus mendorong pemanfaatan energi bersih untuk kelistrikan. Hal ini sejalan dengan target pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) untuk kelistrikan nasional sebesar 23% pada 2025.

Untuk kelistrikan, pemerintah fokus pada tiga hal. Satu adalah ketersediaan kapasitas.  Kedua pemerataan distribusi atau biasa disebut electrification ratio yang merata. Sea tarif terjangkau.

“Pemerintah juga sepakat yang keempat adalah clean energy (energi bersih),” kata Ignasius Jonan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), di Jakarta belum lama ini.

Ke depan, pemerintah akan tetap mendorong agar energy mix (bauran energi yang berasal dari EBT) 23% bisa tercapai pada 2025 untuk kelistrikan.

Pemerintah juga mulai mendorong  penggunaan kendaraan listrik untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor bahan bakar minyak (BBM).

Menurut Jonan, saat ini konsumsi BBM mencapai 1,6 juta hingga 1,7 juta barel per hari (bph), sementara produksi dalam negeri sekitar 800 ribu bph. Jika pola ini tidak dirubah, pada 10 hingga 20 tahun ke depan, impor BBM mencapai 1,4 juta bph.

Jonan mengatakan Presiden Joko Widodo juga mendukung penciptaan atau mulai digunakannya kendaraan listrik, sejalan dengan semangat ketahanan energi, yaitu semaksimal mungkin menggunakan energi yang dihasilkan dari dalam negeri.

Saat ini, menurut Jonan, konsumsi BBM dalam negeri 1,6 sampai 1,7 juta barel per hari (bph), produksi 800 ribu bph, impor satu hari 800 ribu sampai 900 ribu bph.

“Kalau bisa sama (20 tahun ke depan), saya terima kasih. Kalau kita biarkan, tidak menggunakan kendaraan listrik, mungkin dalam 10 tahun sampai 20 tahun ke depan impornya akan naik. Kalau di-nett, impor dikurangi produksi kita, bisa 1,3 juta sampai 1,4 juta bph impornya,” ujar Jonan.

Kendaraan listrik serta peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik, energi primernya banyak dihasilkan di dalam negeri, mulai dari batubara, gas bumi dan EBT.

Jonan menambahkan, sejak Januari hingga November 2017 sebesar 1.186 megawatt (MW) pembangkit listrik yang energi primernya bersumber dari EBT telah ditandatangani.

“Ini banyak sekali. Saya kira tidak pernah ada satu tahun kerja di Indonesia yang bisa lebih dari 1.000 MW pembangkit energi terbarukan yang ditandatangani. Mudah-mudahan sampai penutupan tahun bisa kira-kira mencapai 1.500 MW dan kita dukung terus,” kata Jonan.(DE)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Senin, 20 Mei 2019 - 08:01 WIB

Jadi Jutawan Muda dengan Bertani

Gowa - Petani ataupun pekerjaan di sektor pertanian pada umumnya masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat. Bertani identik dengan pekerjaan kasar, kotor-kotoran, ataupun penghasilan…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 08:00 WIB

DPR: Hilangkan Ego Kelompok yang Lampaui Batas Toleransi Hukum

Ketua DPR Bambang Soesatyo(Bamsoet) mengimbau semua elemen masyarakat segera menghilangkan ego kelompok yang melampaui batas toleransi hukum dan undang-undang (UU). Setiap kelompok masyarakat…

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 06:40 WIB

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019

Torehan prestasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali terukir berkat komitmennya dalam membangun solusi perbankan yang tepat untuk nasabah di tengah masifnya transformasi digital saat ini.…

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…