Terlalu Banyak Diekspor, Kualitas Kopi Toraja Kurang Rasa Terbaiknya

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 25 November 2017 - 13:00 WIB

Kopi Toraja (Foto Dije)
Kopi Toraja (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia, memiliki beragam jenis kopi terbaik yang sudah terkenal hingga internasional. Salah satunya yakni kopi Toraja yang terkenal kopi lokal yang memiliki rasa yang berbeda dengan kopi-kopi lainnya. Karena menjadi terbaik, kopi Toraja pun banyak yang diekspor ke berbagai belahan dunia.

Karena terlalu banyak dieskpor, ternyata kopi Toraja sendiri menjadi kurang kualitasnya atau tak sebaik kualitasnya dibandingkan yang diekspor. Hal ini disampaikan oleh Disyon, selaku Owner Toraja Coffee House (TCH) mengatakan, "Kalau cari yang terbaik, tidak dapat karena buat diekspor semua, buat yang diekspor aja kurang. Ternyata, yang beredar selama ini bukan kopi terbaiknya," katanya saat Grand Opening Toraja COffee House, di Jakarta, Kamis (24/11/2017).

Disyon menceritakan mengapa dirinya mendirikan sebuah kafe kopi bahwa dirinya ingin mengenalkan bahwa kopi Toraja layak dijual tanpa dicampur dengan kopi lainnya. "Ketika Pak Jokowi mensupport produk kopi, itulah yang membuat Saya untuk membangun kafe kopi ini dan kebetulan ada sebuah perusahaan yang ingin mengajari saya tentang kopi Toraja," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa kopi Toraja beda dengan rasa kopi lainnya. "Menurut Saya, kopi Toraja itu rasanya gurih, asam dan rasa pahitnya seimbang," imbuhnya.

Diketahui, kopi Toraja telah sangat dikenal di dunia sejak berabad-abad lalu. Bahkan, pada abad 19, kopi Toraja menjadi bahan pembicaraan di pesta-pesta elite Batavia dan menjadi salah satu komoditas perdagangan yang dikirim ke Eropa.

"Saat ini, sudah diekspor ke berbagai belahan dunia seperti, ke Amerika, Eropa, Australia dan Jepang," pungkas Disyon.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

e-Commerce Tokopedia (Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:45 WIB

Sepanjang Bulan Mei 2019, Tokopedia Catat Transaksi Penjualan Hingga Rp 18,5 Triliun

Sepanjang bulan Mei 2019, Tokopedia mencatatkan nilai total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) sebesar US$1.3 miliar atau setara lebih dari Rp18,5 triliun.

Sun Life Financial Indonesia dan Muamalat Indonesia Menandatangani Peresmian Kerja Sama Strategis Bancassurance

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:35 WIB

Kerjasama Sun Life Financial Indonesia dan Bank Muamalat Indonesia

PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) perusahaan perencana keuangan keluarga tepercaya, hari ini mengumumkan komitmen kemitraan strategis bersama bank syariah pertama di Indonesia,…

Dirc Richard Talumewo, Presiden Direktur PT Transcoal Pacific Tbk, sedang memberikan penjelasan kepada investor dan pers dalam acara paparan publik di Jakarta, Rabu (19/06/2019). (Foto: Abe)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:22 WIB

Total Dividen Tunai 2018 Transcoal Pacific Bernilai hampir Rp80 Miliar

PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI), perusahaan pelayanan di bidang angkutan laut dan logistik kelautan, akan membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2018 bernilai total Rp79,68 miliar (Rp15,5…

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:15 WIB

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia

Famous All Stars dengan bangga mempersembahkan 1ID Music sebuah survival reality show mencari lima talenta musik terbaik Indonesia. Peserta dari ajang ini tidak hanya akan berkompetisi merebut…

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:00 WIB

FinTech for Capital Market Expo, Memperkuat Kolaborasi FinTech-Pasar Modal

Dengan semakin meningkatkan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap produk dan layanan keuangan yang lebih bervariasi dan didukung dengan kecanggihan teknologi, Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH)…