Terlalu Banyak Diekspor, Kualitas Kopi Toraja Kurang Rasa Terbaiknya

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 25 November 2017 - 13:00 WIB

Kopi Toraja (Foto Dije)
Kopi Toraja (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia, memiliki beragam jenis kopi terbaik yang sudah terkenal hingga internasional. Salah satunya yakni kopi Toraja yang terkenal kopi lokal yang memiliki rasa yang berbeda dengan kopi-kopi lainnya. Karena menjadi terbaik, kopi Toraja pun banyak yang diekspor ke berbagai belahan dunia.

Karena terlalu banyak dieskpor, ternyata kopi Toraja sendiri menjadi kurang kualitasnya atau tak sebaik kualitasnya dibandingkan yang diekspor. Hal ini disampaikan oleh Disyon, selaku Owner Toraja Coffee House (TCH) mengatakan, "Kalau cari yang terbaik, tidak dapat karena buat diekspor semua, buat yang diekspor aja kurang. Ternyata, yang beredar selama ini bukan kopi terbaiknya," katanya saat Grand Opening Toraja COffee House, di Jakarta, Kamis (24/11/2017).

Disyon menceritakan mengapa dirinya mendirikan sebuah kafe kopi bahwa dirinya ingin mengenalkan bahwa kopi Toraja layak dijual tanpa dicampur dengan kopi lainnya. "Ketika Pak Jokowi mensupport produk kopi, itulah yang membuat Saya untuk membangun kafe kopi ini dan kebetulan ada sebuah perusahaan yang ingin mengajari saya tentang kopi Toraja," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa kopi Toraja beda dengan rasa kopi lainnya. "Menurut Saya, kopi Toraja itu rasanya gurih, asam dan rasa pahitnya seimbang," imbuhnya.

Diketahui, kopi Toraja telah sangat dikenal di dunia sejak berabad-abad lalu. Bahkan, pada abad 19, kopi Toraja menjadi bahan pembicaraan di pesta-pesta elite Batavia dan menjadi salah satu komoditas perdagangan yang dikirim ke Eropa.

"Saat ini, sudah diekspor ke berbagai belahan dunia seperti, ke Amerika, Eropa, Australia dan Jepang," pungkas Disyon.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

President Director PT. Fajar Gelora Inti, Ferdinand Gumanti (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:54 WIB

Rubah Marmer Lebih Artistik, Fagetti Hadirkan Teknologi Terbaru IndoBuildTech 2019

PT Fajar Gelora Inti (Fagetti) meluncurkan teknologi marmer terbaru di lndoBuildTech 2019 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada tanggal 21-25 Agustus 2019.

Arsitek Delution, hadir di acara IndoBuildTech Jakarta The 2nd Phase di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/8).(Andi Mardana)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:36 WIB

Jakarta Architecture Installation Festival 2019 Hadir di JCC

Sebuah pameran mahakarya instalasi arsitek terkemuka di Hall A Jakarta Convention Center (JCC).

BNI Syariah di Islamic Tourism

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:36 WIB

BNI Syariah Gelar Acara Islamic Tourism Expo 2019

Jakarta - BNI Syariah menebar promo umroh murah dan beragam program menarik pada perhelatan Islamic Tourism Expo 2019. Pameran Umroh Haji & Wisata Halal terbesar dan terlengkap ini diselenggarakan…

Arena permainan olahraga di booth ISEF 2019 (Anto: Industry.co.id)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:10 WIB

ISEF 2019, Gelar Lomba Berhadiah Rp50 Juta

Jakarta - Secara khusus, Dinas-dinas Pemuda dan Olahraga-Kemenpora dari berbagai wilayah di Indonesia berpartisipasi di ISEF sebagai representasi spirit dan komitmen peningkatan prestasi olahraga,…

Suasana di salah satu booth ISEF 2019

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:03 WIB

ISEF 2019 Resmi Digelar Pamerkan Produk dan Infrastruktur Olahraga

Jakarta - Indonesia Sport Expo and Forum (ISEF), untuk keempat kalinya, satu-satunya event yang didedikasikan khusus sebagai sports Business platform di Indonesia, digelar di Jakarta Convention…