Terlalu Banyak Diekspor, Kualitas Kopi Toraja Kurang Rasa Terbaiknya

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 25 November 2017 - 13:00 WIB

Kopi Toraja (Foto Dije)
Kopi Toraja (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia, memiliki beragam jenis kopi terbaik yang sudah terkenal hingga internasional. Salah satunya yakni kopi Toraja yang terkenal kopi lokal yang memiliki rasa yang berbeda dengan kopi-kopi lainnya. Karena menjadi terbaik, kopi Toraja pun banyak yang diekspor ke berbagai belahan dunia.

Karena terlalu banyak dieskpor, ternyata kopi Toraja sendiri menjadi kurang kualitasnya atau tak sebaik kualitasnya dibandingkan yang diekspor. Hal ini disampaikan oleh Disyon, selaku Owner Toraja Coffee House (TCH) mengatakan, "Kalau cari yang terbaik, tidak dapat karena buat diekspor semua, buat yang diekspor aja kurang. Ternyata, yang beredar selama ini bukan kopi terbaiknya," katanya saat Grand Opening Toraja COffee House, di Jakarta, Kamis (24/11/2017).

Disyon menceritakan mengapa dirinya mendirikan sebuah kafe kopi bahwa dirinya ingin mengenalkan bahwa kopi Toraja layak dijual tanpa dicampur dengan kopi lainnya. "Ketika Pak Jokowi mensupport produk kopi, itulah yang membuat Saya untuk membangun kafe kopi ini dan kebetulan ada sebuah perusahaan yang ingin mengajari saya tentang kopi Toraja," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa kopi Toraja beda dengan rasa kopi lainnya. "Menurut Saya, kopi Toraja itu rasanya gurih, asam dan rasa pahitnya seimbang," imbuhnya.

Diketahui, kopi Toraja telah sangat dikenal di dunia sejak berabad-abad lalu. Bahkan, pada abad 19, kopi Toraja menjadi bahan pembicaraan di pesta-pesta elite Batavia dan menjadi salah satu komoditas perdagangan yang dikirim ke Eropa.

"Saat ini, sudah diekspor ke berbagai belahan dunia seperti, ke Amerika, Eropa, Australia dan Jepang," pungkas Disyon.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…