Terlalu Banyak Diekspor, Kualitas Kopi Toraja Kurang Rasa Terbaiknya

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 25 November 2017 - 13:00 WIB

Kopi Toraja (Foto Dije)
Kopi Toraja (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia, memiliki beragam jenis kopi terbaik yang sudah terkenal hingga internasional. Salah satunya yakni kopi Toraja yang terkenal kopi lokal yang memiliki rasa yang berbeda dengan kopi-kopi lainnya. Karena menjadi terbaik, kopi Toraja pun banyak yang diekspor ke berbagai belahan dunia.

Karena terlalu banyak dieskpor, ternyata kopi Toraja sendiri menjadi kurang kualitasnya atau tak sebaik kualitasnya dibandingkan yang diekspor. Hal ini disampaikan oleh Disyon, selaku Owner Toraja Coffee House (TCH) mengatakan, "Kalau cari yang terbaik, tidak dapat karena buat diekspor semua, buat yang diekspor aja kurang. Ternyata, yang beredar selama ini bukan kopi terbaiknya," katanya saat Grand Opening Toraja COffee House, di Jakarta, Kamis (24/11/2017).

Disyon menceritakan mengapa dirinya mendirikan sebuah kafe kopi bahwa dirinya ingin mengenalkan bahwa kopi Toraja layak dijual tanpa dicampur dengan kopi lainnya. "Ketika Pak Jokowi mensupport produk kopi, itulah yang membuat Saya untuk membangun kafe kopi ini dan kebetulan ada sebuah perusahaan yang ingin mengajari saya tentang kopi Toraja," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa kopi Toraja beda dengan rasa kopi lainnya. "Menurut Saya, kopi Toraja itu rasanya gurih, asam dan rasa pahitnya seimbang," imbuhnya.

Diketahui, kopi Toraja telah sangat dikenal di dunia sejak berabad-abad lalu. Bahkan, pada abad 19, kopi Toraja menjadi bahan pembicaraan di pesta-pesta elite Batavia dan menjadi salah satu komoditas perdagangan yang dikirim ke Eropa.

"Saat ini, sudah diekspor ke berbagai belahan dunia seperti, ke Amerika, Eropa, Australia dan Jepang," pungkas Disyon.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Provinsi Sultra Siap Jadi Tuan Rumah HPN 2021

Kamis, 14 November 2019 - 05:00 WIB

Provinsi Sultra Siap Jadi Tuan Rumah HPN 2021

Provinsi Sulawesi Tenggara siap menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021. HPN merupakan agenda tahunan yang puncak peringatannya dilaksanakan setiap 9 Februari.

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 14 November 2019 - 05:00 WIB

Partai Nasdem- Pimpinan MPR RI Bahas Amandemen Terbatas NRI 1945

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama para Wakil Ketua MPR RI lainnya bersilaturahim dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan jajaran pengurus pusat Partai Nasdem. Selain untuk mempererat…

Pusjarah TNI Gelar Lomba Lukis SMA Tingkat Nasional

Kamis, 14 November 2019 - 04:30 WIB

Pusjarah TNI Gelar Lomba Lukis SMA Tingkat Nasional

Dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI tahun 2019, Pusat Sejarah Tentara Nasional Indonesia (Pusjarah TNI) menggelar “Lomba Melukis SMA Tingkat Nasional” dengan menggunakan kanvas berukuran…

Korps Marinir

Kamis, 14 November 2019 - 04:00 WIB

Dankomar Tijau Gladi Bersih HUT ke 74 Korps Marinir

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) menyaksikan langsung pelaksanaan gladi bersih upacara peringatan HUT ke 74 Korps Marinir tahun 2019 di lapangan hitam Bhumi…

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 14 November 2019 - 03:30 WIB

Ketua MPR Minta Iuran BPJS Kesehatan Kelas III Tidak Naik

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) serta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tidak menaikan iuran BPJS…