Transaksi Saham Berpotensi Terus Meningkat

Oleh : Herry Barus | Senin, 13 November 2017 - 13:52 WIB

Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)
Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Analis pasar modal Reza Priyambada menilai transaksi saham hingga akhir tahun ini berpotensi terus meningkat didorong oleh harapan positif investor terhadap ekonomi nasional.

"Kuatnya optimisme pasar terhadap ekonomi nasional yang masih akan terus tumbuh dan pada akhirnya berdampak pada kinerja keuangan emiten memicu investor, terutama lokal tetap aktif melakukan transaksi saham," kata Reza Priyambada yang juga Analis Binaartha Sekuritas di Jakarta, Senin (13/11/2017)

Ia menambahkan, di tengah situasi yang optimistis itu maka aktivitas transaksi saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan terus meningkat hingga akhir tahun ini. Apalagi, fenomena "window dressing" pada akhir tahun ini juga cukup terbuka.

"Baik sentimen positif maupun negatif, aktivitas transaksi akan tetap berlangsung. Di tengah situasi yang positif ini, transaksi beli cenderung lebih tinggi," katanya.

Ia mengemukakan nilai transaksi saham pada Oktober 2017 ini sekitar Rp337 triliun, lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya Rp252 triliun.

Menurut Reza Priyambada, meningkatnya jumlah investor lokal juga turut memberi kontribusi terhadap meningkatnya transaksi saham di dalam negeri.

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah sub rekening efek per Oktober 2017 sebanyak 763.752 investor, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya 748.409 investor.

Sementara itu, Direktur Mandiri Sekuritas Heru Handayanto mengatakan bahwa Mandiri Sekuritas berada di peringkat kedua dalam hal transaksi saham, situasi itu tidak lepas dari peran investor lokal.

"Tahun ini, kita rangking dua untuk transaksi broker equity. Biasanya, peringkat pertama sampai delapan itu didominasi asing, dan Mandiri Sekuritas biasanya di rangking lima atau enam. Sekarang rangking dua, jadi ada perubahan kondisi pasar," ujarnya.

Untuk mempertahankan itu, ia mengatakan pihaknya akan terus berupaya untuk menambah jumlah investor ritel domestik, salah satunya dengan mengembangkan infrastruktur teknologi internal.

"Kami memiliki inisiatif untuk memperbesar investor ritel. Kalau bicara ritel maka teknologi menjadi peran penting, dalam hal ini transaksi secara online (online trading)," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Helikopter Carakal H-225M TNI AU Evakuasi 36 Orang Lansia Dan Anak Anak Dari Desa Terisolir

Selasa, 07 Mei 2024 - 05:59 WIB

Helikopter Carakal H-225M TNI AU Evakuasi 36 Orang Lansia Dan Anak Anak Dari Desa Terisolir

Helikopter Carakal H-225M TNI AU berhasil mengevakuasi 36 orang lansia dan anak-anak yang menjadi korban bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi…

Menhan Prabowo Subianto Gelar Acara Halal Bihalal dan Pengarahan Pegawai Kemhan

Selasa, 07 Mei 2024 - 05:36 WIB

Menhan Prabowo Subianto Gelar Acara Halal Bihalal dan Pengarahan Pegawai Kemhan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menggelar acara Halal Bihalal dan Pengarahan kepada sejumlah 1.000 pegawai Kemhan di Kementerian Pertahanan, Jakarta,

Dankormar Majenderal TNI (Mar) Endi Supardi Haditi Seminar Hardikal 2024

Selasa, 07 Mei 2024 - 05:02 WIB

Dankormar Majenderal TNI (Mar) Endi Supardi Haditi Seminar Hardikal 2024

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP. menghadiri Seminar Nasioal Peringatan Hari Pendidikan Angkatan Laut (HARDIKAL)…

Memasuki Hari ke Empat, Prajurit Martinir Terus Mencari Korban Bencana di Luwu

Selasa, 07 Mei 2024 - 04:53 WIB

Memasuki Hari ke Empat, Prajurit Martinir Terus Mencari Korban Bencana di Luwu

Memasuki hari ke empat banjir dan tanah longsor yang melanda Kecamatan Luwu Sulawesi Selatan sejak Jumat 3 Mei 2024, Prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut bahu membahu bersinergi dengan instansi…

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.