Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung Sudah Mencapai 71 Persen

Oleh : Hariyanto | Jumat, 10 November 2017 - 10:44 WIB

Proyek pembangunan dermaga Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara ( Dok INDUSTRY.co.id)
Proyek pembangunan dermaga Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara ( Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY co.id -Jakarta - Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara yang disebut-sebut akan menjadi hub internasional, saat ini 71% dari sisi darat dan 92% disisi laut.

ACS Humas Pelindo I, Fiona Sari Utami menuturkan Pelabuhan Kuala Tanjung akan menampung 500 ribu TEUs. Pelindo I akan menyelesaikan dalam 4 tahap.

Untuk tahap I Pengembangan Terminal Multipurpose Kuala Tanjung yang disiapkan dengan kapasitas 500 ribu TEUs, tahap II Pengembangan Kawasan Industri 3000 Ha (2016-2018), tahap III Pengembangan Dedicated/Hub Port (2017-2019) dan Tahap IV pengembangan kawasan industri terintegrasi (2021-2023).

"Pelabuhan Kuala Tanjung yang diproyeksikan akan menjadi pelabuhan terbesar dan menjadi hub internasional di kawasan barat Indonesia ini dikembangkan secara bertahap dan nantinya akan memiliki kapasitas hingga mencapai 20 juta TEUs," kata Fiona dalam keterangan resmi Pelindo I, Kamis (9/11/2017).

Nantinya, PT Prima Multi Terminal akan menjadi pengelola Terminal Multipurpose Pelabuhan Kuala Tanjung. Perusahaan tersebut merupakan anak usaha gabungan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), diantaranya PT Pelindo I, PT PP Tbk, dan PT Waskita Karya Tbk.

"Saat ini tercatat Pelindo I menguasai saham mayoritas di PT Prima Multi Terminal sebesar 55%, PT PP memegang 25%. Sedangkan PT Waskita Karya memiliki sisanya yaitu 20%," kata Fiona.

Pelindo I juga sedang menyiapkan kawasan industri yang terpadu atau Industrial Gateway Port Kuala Tanjung seluas 3.000 hektar untuk mewujudkan terminal multipurpose di Pelabuhan Kuala Tanjung.

"Pelabuhan Kuala Tanjung ini direncanakan juga dengan pengembangan kawasan industri yang dapat semakin menurunkan biaya logistik serta berpeluang untuk menciptakan skala ekonomi," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana mengatakan pelabuhan Kuala Tanjung Sumatera Utara bisa beroperasi pada kuartal I tahun 2018 mendatang.

Terkait dengan pembangunan sisi darat, Bambang mengaku, ada sedikit terganggu akibat masalah lahan yang bersengketa dengan masyarakat. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HINT Metaverse Eau de Perfume

Jumat, 03 Mei 2024 - 14:02 WIB

Kolaborasi HINT Dengan AI Technology Ciptakan Parfum Aroma Futuristik

HINT, brand parfum lokal yang menghadirkan inovasi parfum yang unik dan diinfus dengan teknologinya, kembali hadir dengan mengembangkan teknologi teranyar dengan menciptakan varian parfum terbaru, …

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:32 WIB

Perjuangkan HGBT untuk Seluruh Sektor Industri, Menperin Agus Kirim Surat Evaluasi Kementrian ESDM

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kembali menegaskan, pihaknya bertekad untuk terus memperjuangkan agar kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) dapat dinikmati oleh seluruh sektor…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:28 WIB

Ekspansif Selama 32 Bulan, Menperin Agus: Pertumbuhan Industri Manufaktur Masih Sehat Dan Solid

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

Wamenparekraf, Angela Tanoesoedibjo

Jumat, 03 Mei 2024 - 12:55 WIB

Wamenparekraf Kisahkan Sosok R.A Kartini di Ajang The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism

The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific resmi dibuka oleh Director for Regional Asia and the Pacific, Director of the Regional Department for Asia…

Manajemen Linktown Indonesia saat peresmian kantor cabang Bandung

Jumat, 03 Mei 2024 - 10:12 WIB

Resmikan Kantor Cabang Baru, Linktown Siap Rebut Pasar Properti Bandung

Linktown Indonesia kembali melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka kantor cabang di Bandung, Jawa Barat pada Kamis (2/5). Peresmian kantor cabang Linktown Bandung dihadiri oleh para Founder Linktown, Head…