Pelindo I dan Pelindo III Bersinergi Layani Pemanduan Selat Malaka - Singapura

Oleh : Hariyanto | Senin, 06 November 2017 - 10:02 WIB

Ilustrasi kapal (Ist)
Ilustrasi kapal (Ist)

INDUSTRY co.id -Jakarta - PT Pelindo I (Persero) dan PT Pelindo III (Persero) bersinergi dalam pengembangan bisnis jasa kepelabuhan, dengan melakukan pemasaran pelayanan jasa pemanduan di perairan selat Malaka-selat Singapura.

Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana mengatakan, perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk menciptakan komitmen dan semangat positif dalam menjalin hubungan bisnis dalam pengembangan bisnis jasa kepelabuhanan dan jasa terkait kepelabuhanan lainnya dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki kedua belah pihak.

Untuk mewujudkan sinergitas dalam pengembangan bisnis jasa kepelabuhanan tersebut, Pelindo I dan PT Pelindo Marine Services yang merupakan anak usaha Pelindo III berkerja sama untuk melayani jasa pemanduan di perairan selat Malaka-Singapura.

"Perjanjian kerja sama ini dimaksudkan sebagai wujud sinergi BUMN dalam kegiatan pemasaran dan operasional pelayanan pemanduan di selat Malaka dan selat Singapura," ujar Bambang dalam keterangan tertulis akhir pekan.

Kerja sama ini untuk menguatkan sinergi BUMN antara Pelindo I dengan Pelindo III maupun anak usahanya dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional. 

Pelindo I dan Pelindo III memiliki kesamaan konsep pembangunan pelabuhan, sehingga kerja sama ini diharapkan mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh kedua belah pihak baik dalam hal pelayanan kinerja maupun SDM untuk menghadapi perkembangan bisnis. 

"Seperti kerja sama dalam pemanduan selat Malaka, Pelindo I telah mendapatkan limpahan wewenang di wilayah tersebut, Pelindo III juga sudah membangun network, jadi potensi coverage market-nya bisa lebih ditingkatkan jika kami bersinergi," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Utama Pelindo III, IG.N. Askhara Danadiputra. Menurut dia, kerja sama antar kedua BUMN kepelabuhanan ini merupakan cerminan harmonisasi yang baik antara kedua belah pihak. 

"Ini merupakan salah satu capaian dalam mewujudkan roadmap BUMN dengan cara sinergi antar BUMN. Saya harap ke depannya kerja sama seperti ini dapat dikembangkan secara berkelanjutan semacam shared service operation antar keduanya, sehingga mampu meningkatkan daya saing BUMN baik di tingkat nasional maupun internasional dan dapat menurunkan biaya logistik nasional," paparnya.

Oleh karena itu, Pelindo III membuka diri dan mencari peluang untuk terus bekerjasama dengan BUMN lainnya. 

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, pada tahun 2009 jumlah kapal yang melintasi selat ini sebanyak 71.350, sementara pada tahun 2016 jumlahnya meningkat menjadi 82.850 kapal. (Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jackson Suwargo memberi sambutan di ajang Jackson Kids Star 2024 yang digelar di Senayan Park Jakarta (20/7/2024)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 23:52 WIB

Jackson Kids Star 2024 Lakukan Pencarian Ambassador Cilik di Senayan Park

Jackson Kids Star 2024 adalah ajang tahunan yang digelar untuk mencari brand ambassador Jakcson Kids.

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani, salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) memberikan sambutan penutup International Conference bertajuk "Synchronizing the application of FIDIC Contracts with specific related project country's regulation to avoid disputes", di Jakarta

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:47 WIB

Hakim MA Berharap Penyelesaian Sengketa Konstruksi Bisa Lebih Baik

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani sebagai salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) mengingatkan agar PADSK selaku stakeholder APS dapat menyampaikan usulan perbaikan…

Peragaan Busana Muslim dan Audisi Model MUFFEST+ di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta.

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:13 WIB

MUFFEST+ Gelar Peragaan Busana dan Audisi Model di Stasiun MRT Bundaran HI

MUFFEST+ ditargetkan menjadi jendela dunia yang memperlihatkan perkembangan industri fesyen muslim Indonesia yang siap merambah pasar global dari segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi,…

Ustadz Bachtiar Nasir bersama jajarannya menyatakan persiapan konvoi Bela Palestina

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:42 WIB

Bela Palestina Segera Digelar dengan Konvoi Kendaraan

Membela Palestina sangat banyak ragamnya. Untuk membuktikan kepedulian Indonesia, para Ustadz mengajak masyarakat membela Palestina. Ajakan berupa Konvoi menggunakan kendaraan.

Feng shui (foto ilustrasi)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 17:37 WIB

Tips Memaksimalkan Feng Shui Rumah Agar Bawa Keberuntungan

Home Feng Shui merupakan teknik menganalisa rumah. Terlebih di dalam rumah terdapat aliran energi. Aliran ini bisa memancarkan energi positif maupun negatif. Hal itu tergantung dari arah letak…