Indonesia-China Inisiasi Konsep Baru Pemasaran Pariwisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 20 Oktober 2017 - 09:43 WIB

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)
Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia dan China menginisiasi pengembangan konsep baru pemasaran bagi produk wisata ke seluruh kawasan ASEAN dan Asia yang digelar di Jiangshu Sheng, China, pada 17-18 Oktober 2017.

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana di Jakarta, Kamis (19/10/2017)  mengatakan pengembangan konsep baru tersebut dilakukan dalam bentuk seminar yang melibatkan Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (Hildiktipari) dengan Wuxi Institute Of Technology, China.

"Melalui kegiatan ini juga sekaligus dilakukan promosi pariwisata Wonderful Indonesia kepada para akademisi yang hadir dari berbagai negara," katanya.

Melalui seminar internasional keempat yang diinisiasi Hildikpari tersebut dibahas berbagai pengembangan konsep baru pemasaran pariwisata dalam format konferensi yang mengambil tema "Menuju pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan".

"Pada kegiatan ini diharapkan para peserta konferensi dapat belajar lebih banyak mengenai pariwisata dan perhotelan di China," katanya.

Kesempatan ini, kata dia, sekaligus menjadi upaya untuk mengembangkan kerja sama antara perguruan tinggi pariwisata di Indonesia dan China.

Adapun kerja sama yang dilakukan meliputi penelitian bersama, publikasi, pertukaran pelajar dan dosen, kursus singkat, dan program "double degree".

Pitana juga mengharapkan terjalin hubungan yang harmonis kedua negara dalam upaya meningkatkan kualitas pariwisata dan perhotelan di masing-masing negara.

“Bagi pendidikan tinggi pariwisata, kegiatan ini juga memiliki fungsi yang strategis guna mempromosikan lembaga pendidikan tinggi pariwisata kepada masyarakat akademis di mancanegara sehingga diharapkan dapat menarik minat mereka untuk mengikuti pendidikan di Indonesia khususnya pariwisata,” pungkasnya. (Ant)
 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Uang (Ilustrasi)

Minggu, 29 Maret 2020 - 09:31 WIB

Catat, Ini Debitur yang Boleh "Libur" Nyicil ke Bank

Pemerintah memberikan perlakuan khusus kepada debitur yang mengalami kesulitan pembayaran utang ke bank. Debitur itu antara lain termasuk dalam sektor pariwisata, transportasi, perhotelan, perdagangan,…

Pertamina Lubricants Sterilisasi Kantor, Produksi dan Distribusi

Minggu, 29 Maret 2020 - 09:30 WIB

Pertamina Lubricants Sterilisasi Kantor, Produksi dan Distribusi

Sebagai upaya untuk mencegah semakin menyebarnya wabah Covid-19, Pertamina Lubricants, anak usaha PT Pertamina (Persero), melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan disinfektan ke seluruh fasilitas…

Joko Intarto

Minggu, 29 Maret 2020 - 09:10 WIB

Ketika Si Miskin Jadi Tersangka

Juru bicara tim penanggulangan Covid-19 Achmad Jurianto bikin blunder. Lewat pernyataannya, Achmad Jurianto menyebut orang miskinlah biang kerok penyebaran virus mematikan itu.

Cashlez gandeng artajasa dan sopheepay

Minggu, 29 Maret 2020 - 09:00 WIB

Caslez Tingkatkan Transaksi Non Tunai Cegah Penularan Virus Corona

PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (“Cashlez” atau “Perseroan”), sebagai perusahaan Financial Technology (FinTech) yang bergerak di bidang Payment Gateway ikut berpartisipasi dalam hal…

Corona Virus (Ist)

Minggu, 29 Maret 2020 - 08:50 WIB

Wali Kota Bekasi Benarkan Seorang Kepala Dinas Positif Corona

Wabah virus Corona (COVID-19) telah menjamah hingga ke lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Salah satu pejabat Pemkot Bekasi terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona.