Indonesia-China Inisiasi Konsep Baru Pemasaran Pariwisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 20 Oktober 2017 - 09:43 WIB

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)
Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia dan China menginisiasi pengembangan konsep baru pemasaran bagi produk wisata ke seluruh kawasan ASEAN dan Asia yang digelar di Jiangshu Sheng, China, pada 17-18 Oktober 2017.

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana di Jakarta, Kamis (19/10/2017)  mengatakan pengembangan konsep baru tersebut dilakukan dalam bentuk seminar yang melibatkan Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (Hildiktipari) dengan Wuxi Institute Of Technology, China.

"Melalui kegiatan ini juga sekaligus dilakukan promosi pariwisata Wonderful Indonesia kepada para akademisi yang hadir dari berbagai negara," katanya.

Melalui seminar internasional keempat yang diinisiasi Hildikpari tersebut dibahas berbagai pengembangan konsep baru pemasaran pariwisata dalam format konferensi yang mengambil tema "Menuju pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan".

"Pada kegiatan ini diharapkan para peserta konferensi dapat belajar lebih banyak mengenai pariwisata dan perhotelan di China," katanya.

Kesempatan ini, kata dia, sekaligus menjadi upaya untuk mengembangkan kerja sama antara perguruan tinggi pariwisata di Indonesia dan China.

Adapun kerja sama yang dilakukan meliputi penelitian bersama, publikasi, pertukaran pelajar dan dosen, kursus singkat, dan program "double degree".

Pitana juga mengharapkan terjalin hubungan yang harmonis kedua negara dalam upaya meningkatkan kualitas pariwisata dan perhotelan di masing-masing negara.

“Bagi pendidikan tinggi pariwisata, kegiatan ini juga memiliki fungsi yang strategis guna mempromosikan lembaga pendidikan tinggi pariwisata kepada masyarakat akademis di mancanegara sehingga diharapkan dapat menarik minat mereka untuk mengikuti pendidikan di Indonesia khususnya pariwisata,” pungkasnya. (Ant)
 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Senin, 23 September 2019 - 21:00 WIB

Pancaroba Politik, Rizal Ramli: Perubahan di Indonesia Bisa Maju Atau Justru Mundur

Tokoh nasional Rizal Ramli mengatakan, Indonesia tengah memasuki pancaroba. Namun, yang dimaksud bukan terkait dengan perubahan cuaca, melainkan perubahan politik.

XL Axiata Luncurkan Paket Baru Xtra Kuota Zero

Senin, 23 September 2019 - 20:36 WIB

XL Axiata Luncurkan Paket Baru Xtra Kuota Zero

Dalam rangka menuju Ulang Tahun PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) ke-23 bulan Oktober mendatang, XL Axiata terus berinovasi untuk memberikan kemudahan dalam akses data bagi pelanggan serta meningkatkan…

Petani sedang membasmi Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)

Senin, 23 September 2019 - 19:43 WIB

Amankan Produksi, Kementan Buat Strategi Pengelolaan OPT

Karawang - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya mengamankan produksi tanaman dari serangan organisme penganggu tanaman (OPT) yang terintegrasi secara menyeluruh sejak hulu sampai…

Intiland Gandeng Mediapura Hadirkan Layanan Apartemen Sewa di Aeropolis

Senin, 23 September 2019 - 15:17 WIB

Intiland Gandeng Mediapura Hadirkan Layanan Apartemen Sewa di Aeropolis

Kerjasama ini meliputi jasa dan layanan pengelolaan dan penyewaan unit-unit apartemen Aeropolis yang berlokasi di dekat Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Alat mesin pertanian yang diberikan Kementan

Senin, 23 September 2019 - 15:12 WIB

Kementan Minta Petani Olah Lahan Dengan Mekanisasi dan Teknologi

Pekanbaru - Pakar Khusus Modernisasi Pertanian dari IPB yang juga Tenaga Ahli Menteri, Kementerian Pertanian, Dr. Sam Herodian mengunjungi kampung Desa Eko Wisata di Kecamatan Palas, Kota Pekanbaru,…