Kapal Penumpang Pelni Diharapkan Singgah di Pulau Morotai

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 Oktober 2017 - 09:34 WIB

PT Pelni (Persero)
PT Pelni (Persero)

INDUSTRY.co.id - Ternate- Masyarakat di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) mengharapkan kapal penumpang PT Pelni (Persero) menyinggahi Pulau Morotai, untuk memudahkan mereka berpergian ke luar Malut atau sebaliknya menggunakan transportasi laut.

"Masyarakat Pulau Morotai sudah lama merindukan kapal penumpang Pelni yang menyinggahi daerah ini, khususnya yang melayani rute pelayaran dari Jawa, Sulawesi dan Papua atau sebaliknya,"kata salah seorang tokoh masyarakat dari Pulau Morotai, Abdullah Lamani di Ternate, Rabu (18/10/2017)

Masyarakat Pulau Morotai selama ini jika ingin ke luar Malut ke Sulawesi atau Papua menggunakan kapal penumpang PT Pelni harus ke Ternate, yang sejak dulu disinggahi sejumlah kapal penumpang PT Pelni tujuan ke kedua wilayah itu.

Abdullah mengatakan, transportasi dari Pulau Morotai Ke Ternate cukup lancar, tetapi jaraknya sangat jauh dan membutuhkan biaya transportasi cukup mahal, misalnya jika menggunakan kapal langsung dari Morotai Ke Ternate sewanya di atas Rp200.000 per orang.

Transportasi udara di Morotai yang menghubungkan daerah itu dengan daerah di luar Malut sudah ada, tetapi hanya sekali dalam sehari dan harus transit di Ternate atau Manado. Harga tiketnya sangat mahal sehingga sulit dijangkau masyarakat berpenghasilan rendah.

Anggota DPRD Malut, Irfan Umasugi kepada awak media mengatakan harapakan masyarakat Pulau Morotai tersebut harus diperhatikan Kementerian Perhubungan, karena Pulau Morotai sebagai daerah perbatasan harus memiliki akses transportasi yang lancar ke berbagai wilayah di luar Malut.

Apalagi pulau bekas pangkalan Sekutu pada Perang Dunia II itu, telah ditetapkan pemerintah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus dan salah satu dari sepuluh destinasi wisata utama di Indonesia, yang ditargetkan bisa menyumbang kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sedikitnya 500ribu orang pertahun.

"Adanya kapal penumpang PT Pelni yang menyinggahi Pulau Morotai, tidak hanya akan memudahkan masyarakat di daerah itu, berpergian ke luar Malut atau sebaliknya, tetapi juga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan karena banyak wisatawan yang suka menggunakan kapal laut dalam perjalanan,"katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Anies Baswedan

Kamis, 24 September 2020 - 18:05 WIB

Sah! Anies Resmi Perpanjang PSBB Jakarta Hingga 11 Oktober 2020

Pemprov DKI Jakarta mantap memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta hingga 11 Oktober 2020, mengingat jumlah kasus positif Covid-19 masih menanjak.

Dua Bulan Lagi Kompetisi Liga 1 dan 2 Kembali Berlangsung

Kamis, 24 September 2020 - 18:00 WIB

IPW Beda Pendapat dengan Ketum PSSI Terkait Penyelenggaraan Liga 1 dan 2

Polri diimbau agar tidak memberi ijin pelaksanaan pertandingan sepakbola Liga 1 dan 2. Sebab pandemi Covid 19 saat ini makin menyalak, sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan banyaknya klaster…

PT Taspen (Persero)

Kamis, 24 September 2020 - 17:54 WIB

Taspen Buka 21 Lowongan Kerja Untuk Lulusan SLTA Hingga S2, Ini Posisi yang Ditawarkan

Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia yang bergerak di bidang asuransi Tabungan Hari Tua (THT) dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat negara, PT Taspen (Persero)…

Presiden Joko Widodo

Kamis, 24 September 2020 - 17:45 WIB

Lagi-lagi Jokowi Semprot Sejumlah Menterinya, Ada Apa?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menterinya tidak membuat program masing-masing. Ia mengatakan, program harus dibuat berintegritas antara kementerian satu dengan kementerian lainnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 24 September 2020 - 17:30 WIB

Cegah Kluster Industri, Menperin Agus Minta Asosiasi dan Penggelola KI Pantau Aktivitas Pekerja di Luar Pabrik

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta kepada asosiasi dan pelaku industri serta pengelola kawasan industri (KI) untuk terus menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerjanya…