Kapal Penumpang Pelni Diharapkan Singgah di Pulau Morotai

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 Oktober 2017 - 09:34 WIB

PT Pelni (Persero)
PT Pelni (Persero)

INDUSTRY.co.id - Ternate- Masyarakat di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) mengharapkan kapal penumpang PT Pelni (Persero) menyinggahi Pulau Morotai, untuk memudahkan mereka berpergian ke luar Malut atau sebaliknya menggunakan transportasi laut.

"Masyarakat Pulau Morotai sudah lama merindukan kapal penumpang Pelni yang menyinggahi daerah ini, khususnya yang melayani rute pelayaran dari Jawa, Sulawesi dan Papua atau sebaliknya,"kata salah seorang tokoh masyarakat dari Pulau Morotai, Abdullah Lamani di Ternate, Rabu (18/10/2017)

Masyarakat Pulau Morotai selama ini jika ingin ke luar Malut ke Sulawesi atau Papua menggunakan kapal penumpang PT Pelni harus ke Ternate, yang sejak dulu disinggahi sejumlah kapal penumpang PT Pelni tujuan ke kedua wilayah itu.

Abdullah mengatakan, transportasi dari Pulau Morotai Ke Ternate cukup lancar, tetapi jaraknya sangat jauh dan membutuhkan biaya transportasi cukup mahal, misalnya jika menggunakan kapal langsung dari Morotai Ke Ternate sewanya di atas Rp200.000 per orang.

Transportasi udara di Morotai yang menghubungkan daerah itu dengan daerah di luar Malut sudah ada, tetapi hanya sekali dalam sehari dan harus transit di Ternate atau Manado. Harga tiketnya sangat mahal sehingga sulit dijangkau masyarakat berpenghasilan rendah.

Anggota DPRD Malut, Irfan Umasugi kepada awak media mengatakan harapakan masyarakat Pulau Morotai tersebut harus diperhatikan Kementerian Perhubungan, karena Pulau Morotai sebagai daerah perbatasan harus memiliki akses transportasi yang lancar ke berbagai wilayah di luar Malut.

Apalagi pulau bekas pangkalan Sekutu pada Perang Dunia II itu, telah ditetapkan pemerintah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus dan salah satu dari sepuluh destinasi wisata utama di Indonesia, yang ditargetkan bisa menyumbang kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sedikitnya 500ribu orang pertahun.

"Adanya kapal penumpang PT Pelni yang menyinggahi Pulau Morotai, tidak hanya akan memudahkan masyarakat di daerah itu, berpergian ke luar Malut atau sebaliknya, tetapi juga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan karena banyak wisatawan yang suka menggunakan kapal laut dalam perjalanan,"katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…