Gapmmi: Pertumbuhan Industri Mamin Masih Bergerak Lesu

Oleh : Ridwan | Rabu, 18 Oktober 2017 - 16:30 WIB

Adhi S Lukman-Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Makanan Dan Minuman Indonesia
Adhi S Lukman-Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Makanan Dan Minuman Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pertumbuhan industri makanan dan minuman (Mamin) nasional sampai September 2017 masih belum bergerak baik.

"Laporan dari anggota, kalau sampai September kemarin masih belum bergerak baik masih tetap lesu. Tapi Oktober ini kelihatannya mulai ada pergerakan dan mudah-mudahan ini bisa terus berlanjut," ujar Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi), Adhi Lukman kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta (18/10/2017).

Ia menambahkan, kita harapkan program pemerintah bisa menggerakkan sisi konsumsi. "Bukan hanya infrastrukturnya saja, sisi konsumsi juga perlu didorong. Meskipun APBN ini kecil, tapi bisa jadi pemicu, kepastian dan kepercayaan konsumen untuk bergerak dalam sisi konsumsi," terangnya.

Selain itu, lanjut Adhi, saat ini kita terus berupaya tingkatkan ekspor. Namun, menurut Adhi, tantangan untuk ekspor saat ini masih cukup banyak dan berat.

"Disisi lain aturan di luar negeri yang masih terus berubah menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Tetapi kita tetap akan terus berupaya untuk tingkatkan ekspor," tambahnya.

Terkait nilai ekspor, Adhi mengungkapkan, dari tahun ke tahun nilai ekspor kita sebesar USD 6,1 miliar. Perkiraan saya mungkin tahin ini bisa USD 6,5 miliar sampai akhir tahun.

"Awalnya kita harapkan bisa 10 persen, tetapi berat. Tahun lalu pertumbuhan ekspor hanya 2,8 persen, mudah-mudahan akhir tahun ini bisa USD 6,5 miliar," ucap Adhi.

Lebih lanjut, Adhi mengatakan, pertumbuhan di kuartal ketiga total enam persen lebih. Sedangkan untuk kuartal kedua kemarin pertumbuhannya mencapai 7,19 persen.

"Perkiraan saya di kuartal ketiga ini aga sepi, mudah-mudah kita bisa kejar di kuartal keempat," imbuh Adhi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Senin, 06 April 2020 - 14:39 WIB

OJK Ingatkan Kepada Leasing untuk Hentikan Menerjunkan Debt Collector

OJK masih mendengar keluhan yang disampaikan melalui email atau telepon call center OJK berkaitan masih maraknya debt collector yang menemui masyarakat, khususnya yang terkait dengan pembiayaan…

Program BSPS Kementerian PUPR 2020 Jangkau 4.745 Lokasi

Senin, 06 April 2020 - 14:27 WIB

Program BSPS Kementerian PUPR 2020 Jangkau 4.745 Lokasi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat realisasi Program Padat Karya Tunai (PKT) 2020, salah satunya adalah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)…

Patrick Cutrone Fiorentina (ist)

Senin, 06 April 2020 - 14:16 WIB

Kabar Gembira Datang Dari Fiorentina, Patrick Cutrone, Pezzela dan Vlahovic Telah Sembuh dari Covid-19

Tiga pemain club Fiorentina yakni Patrick Cutrone, German Pezzela, dan Dusan Vlahovic telah dinyatakan sembuh dari virus corona atau covid-19.

Suwandi Soh, CEO Mekari (Tengah) (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 April 2020 - 14:00 WIB

Inisiatif Mekari dalam Dukung Pemerintah Tanggulangi Penyebaran Covid - 19

Penyebaran Covid - 19 saat ini semakin meluas dan hampir menjangkit seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Pemerintah saat ini telah melakukan imbauan kepada masyarakat untuk bekerja dan beribadah…

Pengusaha peduli NKRI serahkan bantuan 80ton alkes tangani coron

Senin, 06 April 2020 - 13:45 WIB

Pengusaha Group Kelas Kakap Donasikan 80 Ton Alkes Tangani Corona

Pengusaha dari group kelas kakap yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendonasikan alat kesehatan (alkes) kepada pemerintah setidaknya hampir 80 ton untuk menangani…