BPKM Tawarkan Proyek Pariwisata Rp39 Triliun ke Investor

Oleh : Herry Barus | Selasa, 17 Oktober 2017 - 06:58 WIB

Wisata atambua-foto IST
Wisata atambua-foto IST

INDUSTRY.co.id - Padang- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kementerian Pariwisata menawarkan proyek pariwisata senilai 2,9 miliar dolar AS (Rp39 triliun) dalam Regional Investment Forum (RIF) yang digelar 15-17 Oktober 2017 di Padang.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong mengatakan dari delapan destinasi pariwisata yang ditawarkan dalam kegiatan RIF tersebut, enam diantaranya merupakan destinasi prioritas, sedangkan dua lainnya adalah destinasi pariwisata yang berlokasi di Padang yakni Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang dan Kawasan Wisata Bahari Pantai Mandeh.

"Dari enam destinasi prioritas tersebut, tiga destinasi diantaranya telah memiliki proyek-proyek siap ditawarkan. Diantaranya Danau Toba ada lima proyek dengan estimasi nilai proyek 2,3 miliar dolar AS, kemudian Borobudur 10 proyek senilai 562 juta dolar AS, serta Tanjung Kelayang dua proyek perhotelan senilai 60 juta dolar AS. Sehingga totalnya adalah 2,9 miliar dolar AS," kata Lembong saat jumpa pers RIF di Padang, Senin (16/10/2017)

Menurut Thomas, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang tumbuh di level 35-40 persen, jauh di atas pertumbuhan investasi nasional yang per tahunnya di level 12-14 persen.

"Porsinya hingga kini masih kecil bila dibandingkan dengan GDP tapi nanti lama-lama juga akan menjadi besar kalau tumbuh terus secara signifikan," ujarnya.

Dia menjelaskan selain tiga destinasi pariwisata yang siap ditawarkan tersebut, terdapat lima destinasi pariwisata lainnya yang juga memiliki prospek yang sangat posif.

"RIF ini memang sebuah forum untuk bekerja, jadi selain proyek-proyek di destinasi yang siap ditawarkan, ada lima destinasi lain yang tidak kalah indahnya, tidak kalah cantiknya yang dapat dikembangkan," kata Thomas.

Thomas mencontohkan Provinsi Sumatera Barat yang memiliki berbagai potensi pariwisata untuk dikembangkan.

"Selain 10 destinasi Bali Baru, ada juga beberapa daerah yang sektor pariwisatanya maju pesat diantaranya Manado di Sulawesi Utara, kemudian Padang yang juga telah mulai berbenah dan berkembang menjadi suatu desnasi pariwisata," ujarnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nanny Hadi Tjahjanto,Ketum Dharma Pertiwi

Kamis, 30 Januari 2020 - 03:55 WIB

Ketum Dharma Pertiwi Tutup Rakor Dharma Pertiwi

Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi, Ny. Nanny Hadi Tjahjanto menutup secara resmi “Rakor Dharma Pertiwi Tahun Anggaran 2020”, bertempat di Gedung Balai Sudirman, Jl. Dr. Saharjo No. 268,…

Ilham Bintang (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 29 Januari 2020 - 22:17 WIB

Membaca Sosok Ilham Bintang Dari Tulisannya

Buku Ilham Bintang yang baru terbit, berisi kumpulan artikelnya sepanjang tahun. (hcb)

Dirut BRI, Menkeu dan Komisaris BRI

Rabu, 29 Januari 2020 - 20:41 WIB

Menkeu Sri Mulyani Apresiasi BRI Fokus Kembangkan UMKM

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mendukung strategi PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk untuk fokus memperkuat bisnis di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) karena memiliki…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika mewakili Presiden Joko Widodo pada acara pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI)

Rabu, 29 Januari 2020 - 17:06 WIB

Buka Rapim Gapensi, Menperin Sebut Industri Pendukung Jasa Konstruksi Masih Prospektif

Industri pendukung jasa konstruksi dinilai masih memiliki prospek bisnis yang cukup besar ke depannya, seiring gencarnya program pembangunan infrastruktur di dalam negeri.

Launching I Konser yang hadir di Indihome

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:23 WIB

Indihome Sediakan i Konser Gaet Penikmat Musik

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui brand IndiHome terus berupaya menyediakan produk dan layanan yang berkualitas bagi seluruh segmen pelanggannya.