Jasa Marga Takkan PHK Petugas Gardu Toll

Oleh : Abraham Sihombing | Minggu, 15 Oktober 2017 - 13:06 WIB

Electronic toll collection/E-Toll (Foto Merdeka)
Electronic toll collection/E-Toll (Foto Merdeka)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Direksi PT Jasa Marga Tbk (JSMR) memutuskan untuk tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bagi para petugas gardu jalan tol yang dikelola dan dioperasikan perseroan menyusul pemberlakuan elektronifikasi jalan tol.

Ahmad Irfan Nasution, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja BUMN, menghargai keputusan Direksi Jasa Marga tersebut. Pasalnya, itu adalah kejadian langka. Biasanya, setiap ada kebijakan alih tenaga dari tenaga manusia ke tenaga mesin pasti berujung PHK.

Bahkan Irfan mengkoreksi ungkapan seorang pimpinan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang sempat menduga bahwa elektronifikasi tol tersebut berpotensi pada PHK karyawan Jasa Marga.

Setelah mengetahui keputusan Direksi Jasa Marga Tersebut, Irfan langsung mengkonfirmasi ke pimpinan KSI bahwa dugaan tersebut tidak benar. Bahkan, Irfan merasa salut kepada Direksi Jasa Marga yang memperhatikan para pekerja gerbang tol tersebut.

Para pekerja tersebut akan dimutasi atau alih profesi sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Fasilitas yang dilakukan direksi inilah yang dianggap Irfan sebagai sejarah baru dunia buruh di Indonesia.

“Kondisi seperti ini jarang terjadi di BUMN. Ini sangat langka. Kami serikat pekerja sinergi BUMN mengapresiasi langkah manajemen BUMN, dalam hal ini Jasa Marga. Ini artinya terdapat kemitraan yang harmonis di antara pekerja,” ujar Irfan di Jakarta, Sabtu (14/10/2017)

“Prinsipnya, kami mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) pada transaksi tol. Ini menjadi salah satu upaya untuk mengefektifkan transaksi tol sehingga dapat mengurangi kemacetan,” pungkas Irfan. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO YAMADA Consulting & Spire yang juga Executive Officer dan Head of Global Business Development YAMADA Consulting Group Ryosuke Funayama (kedua dari kanan) dan COO YAMADA Consulting & Spire Jeffrey Bahar (pertama dari kanan) didampingi beberapa staf berpose bersama di kantor pusat YAMADA Consulting Group, Tokyo, Jepang, belum lama ini.

Senin, 29 April 2024 - 17:09 WIB

Keren! Spire Research and Consulting Rebranding Jadi YAMADA Consulting & Spire

Jakarta-Spire Research and Consulting, perusahaan riset dan konsultasi bisnis terkemuka Asia Pasifik yang berpusat di Singapura, menyatakan saat ini telah terintegrasi penuh dengan YAMADA Consulting…

Kinerja Kuartal I/2024, Penyaluran Kredit dan Pembiayaan BTN Tembus Rp344,2 Triliun

Senin, 29 April 2024 - 16:54 WIB

Top! Kinerja Kuartal I/2024 Penyaluran Kredit dan Pembiayaan BTN Tembus Rp344,2 Triliun

Jakarta – Strategi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) untuk fokus mengembangkan segmen high yield dan komersial mulai membuahkan hasil.

Maskapai Garuda Indonesia

Senin, 29 April 2024 - 16:52 WIB

Tingkatkan Pertumbuhan Pariwista GIA Buka Rute Manado Denpasar PP Jakarta– Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam mengoptimalkan pertumbuhan pariwisata nasional melalui perluasan jaringan penerbangan ke berbagai destinasi…

Ratusan Calon Investor Bidang Transportasi Hadiri Familiarisasi Konsep “Kota Masa Depan” Nusantara

Senin, 29 April 2024 - 16:38 WIB

Ratusan Calon Investor Bidang Transportasi Hadiri Familiarisasi Konsep “Kota Masa Depan” Nusantara

Intelligent Transport System (ITS) Indonesia bekerja sama dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengadakan sesi pertemuan daring dengan ratusan calon investor bidang transportasi…

Lippo Karawaci Tbk

Senin, 29 April 2024 - 16:32 WIB

LPKR Incar Pertumbuhan Bisnis Pusat Perbelanjaan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR), platform real estat dan layanan kesehatan terkemuka di Indonesia, optimis mencatatkan pertumbuhan kinerja bisnis mal pada 2024, meneruskan tren positif pada tahun…