Wow! Emirate Stadium Arsenal, kini Hadir di Balikpapan

Oleh : Ridwan | Selasa, 27 Desember 2016 - 19:21 WIB

 Emirate Stadium Arsenal, di Balikpapan (kyscrapercity.com)
Emirate Stadium Arsenal, di Balikpapan (kyscrapercity.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pembangunan stadion oleh klub-klub sepakbola maupun pemerintah daerah di Indonesia kian dikebut. Tidak sedikit dari mereka yang memperbaiki infrastruktur stadion menjadi lapangan yang berstandar internasional, salah satunya Persiba Balikpapan. Klub sepak bola asal Kalimantan Timur ini sudah mulai bersiap dengan stadion barunya yang digadang-gadang setara dengan Emirat Stadium punya Arsenal.

Pembangunan Stadion Batakan milik Persiba ini dikabarkan sudah rampung 95 persen dan akan siap beroperasi pada Juni 2017 mendatang. Stadion ini jadi stadion yang paling ditunggu karena ia akan jadi satu stadion terbaik di Asia Tenggara dengan standar internasional yang setara juga dengan kandang klub sepakbola Arsenal, Emirat Stadium.

Dari segi desain Stadion Batakan ini dibuat bergaya stadion-stadion di Eropa, yakni dari sisi luarnya terdiri dari dua level: ground level dan flyover. Kedua, rumput yang digunakan Stadion Batakan nantinya pada bagian dalam lapangan terbuat dari 97 persen rumput asli sedangkan rumput di bagian pinggir lapangan terbuat dari bahan sintetis.

Tak hanya itu, Staff Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Balikpapan, Usman menegaskan bahwa infrastruktur dan fasilitas di Stadion Batakan dipastikan sudah bertaraf internasional. “Ini stadion terbaik di Asia. Bahkan kapasitasnya bisa menampung 40 ribu penonton. Jauh lebih megah dari Stadion Gelora Bung Karno. Semuanya bertaraf internasional," imbuh Usman.

Dengan dibangunnya Stadion Batakan di Balikpapan yang menghabiskan dana sebesar Rp1,2 triliun ini akan menambah daftar stadion bertaraf internasional yang ada di Indonesia dan bisa menjadi referensi utama bagi FIFA untuk menyelenggarakan pertandingan-pertandingan akbar.

Dengan dibangunnya Stadion Batakan akan mampu membuat Kota Balikpapan lebih ternama di mata internasional. Akan ada banyak retribusi yang bisa ditarik bila Stadion Batakan sudah beroperasi serta meningkatkan PAD Kota Balikpapan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 06:40 WIB

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019

Torehan prestasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali terukir berkat komitmennya dalam membangun solusi perbankan yang tepat untuk nasabah di tengah masifnya transformasi digital saat ini.…

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…