5 Stadion Jabar ini Akan digunakan Untuk Asian Games 2018

Oleh : Hariyanto | Senin, 26 Desember 2016 - 15:47 WIB

Stadion GBLA
Stadion GBLA

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pada rapat 5th Olympic Council of Asia (OCA) Coordination Meeting yang dipimpin oleh Ketua OCA dan Menko PMK Puan Maharani beberapa pekan lalu, telah diputuskan bahwa sejumlah venue di Jabar akan menggelar cabang olahraga Asian Games.

Lima stadion sepak bola di Provinsi Jawa Barat terpilih untuk pelaksanaan cabang olahraga sepakbola pada ajang Asian Games 2018.Kelima sadion yang diputuskan sebagai lokasi pertandingan cabang olahraga sepakbola Asian Games 2018, ialah

1. Stadion Pakansari Kabupaten Bogor

Kemegahan Stadion Pakansari menjadi primadona baru di dunia sepak bola Indonesia. Stadion yang terletak di Cibinong Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu punya pesona yang tak kalah dengan stadion-stadion besar lainnya.

Fasilitas yang ada di Pakansari juga sangat menunjang untuk klub-klub profesional. Akses ke stadion pun tidak begitu sulit. Perjalanan lewat Jalan Raya Bogor atau pun jalan tol Sentul bisa ditempuh dengan mudah jika ingin menyaksikan pertandingan di Stadion Pakansari.

2. Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi,

secara infrastruktur, Stadion Wibawa Mukti merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Selain memiliki kualitas rumput standar Internasional, stadion yang berlokasi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat ini memiliki fasilitas yang lengkap.

Selain itu, akses menuju stadion yang dekat dengan tol juga menjadikan stadion tersebut sangat memadai untuk menggelar pertandingan bertarap nasional dan internasional.  

3. Patriot Kota Bekasi.

Stadion Patriot atau disebut juga dengan Stadion Patriot Chandrabhaga adalah stadion multi-fungsi di Kota Bekasi, Jawa Barat. Stadion dibangun pada tahun 1980 untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat IV Tahun 1984. Pada tahun 2012, stadion ini direnovasi menjadi stadion bertaraf internasional yang berkapasitas 30,000 dan diresmikan pada 11 Maret 2014.

4. Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

Stadion Si Jalak Harupat merupakan salah satu stadion megah di Indonesia. Stadion ini menghabiskan anggaran sebesar Rp  67,5 miliar. Si Jalak Harupat dibangun pada Januari 2003 dan diresmikan pada 26 April 2005.

Kemudian, Stadion ini direnovasi pada 2010 untuk meningkatkan fasilitas. Tribun penonton, ruang ganti pemain, loket tiket, dan bagian-bagian di sekitar stadion dibenahi.  Kini stadion ini telah memenuhi standar yang ditetapkan Konfederasi Sepak bola Asia (AFC).

5. Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung. Stadion yang berada di Kelurahan Rancanumpang itu berada di antara ruas Jalan Tol Cileunyi-Padalarang KM 151 dan Jalan By Pass Soekarno-Hatta. Stadion ini bisa di akses melalui Jalan Soekarno-Hatta,

GBLA saat ini berdiri diatas tanah seluas 24,5 hektare (5,2 Ha untuk tapak stadion dan sisanya berupa lanskap). GBLA terdiri atas empat lantai dengan jumlah kapasitas 38.000 tempat duduk tahan api bermerk Ferco. GBLA dilengkapi 772 toilet, musala yang tersedia di berbagai tempat, daya listrik sebesar 2.285 KVA, serta 300 meter kubik air.

Selain itu, GBLA juga dilengkapi layar digital berukuran besar, ruang kendali, ruangan VVIP dengan kaca anti peluru, serta landasan helikopter.  

Sementara, untuk laga final belum ada informasi untuk tempat pelaksanaanya. Selain itu, Provinsi Jawa Barat juga telah menyatakan kesiapanya menjadi tempat pelaksanaan pertandingan cabang olahraga lainnya untuk Asian Games 2018 seperti cabang olahraga sepeda BMX.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sriwijaya Air (Foto Ist)

Selasa, 21 Mei 2019 - 12:00 WIB

Jelang Momen Mudik Lebaran, Sriwijaya Air Buka Tiga Rute Baru

Sriwijaya Air, maskapai penerbangan nasional yang merupakan bagian dari Garuda Indonesia Group siap menyambut datangnya momen mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H dengan menyiapkan tiga rute penerbangan…

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Selasa, 21 Mei 2019 - 11:00 WIB

Lonjakan Defisit Neraca Dagang Tuntut Reformasi Struktural

Kabar kurang menggembirakan kembali mengejutkan pasar finansial Indonesia pada pertengahan Mei ini. Tak hanya polemik perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok semakin panas, investor…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil, PhD dan Kepala Karantina dan Keamanan Pangan Sarawak, Gasing Anak Nyalu

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:53 WIB

Kementan Capai Kesepakatan bersama Otoritas Serawak Terkait Ekspor

Kuching - Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) jajaki harmonisasi aturan perkarantinaan Indonesia - Sarawak, Malaysia terkait lalu lintas komoditas pertanian di…

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:39 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM, FIF Group Resmikan Reading Corner di Lima Kota

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019) kemarin.

Perakitan perangkat Xiaomi

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:34 WIB

Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Menjelang Momentum Lebaran

Berkomitmen untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen di bulan Ramadan, Xiaomi berfokus pada kelancaran proses produksi dan distribusi.