BCA Hadirkan Pesona Batik Klasik Asal Pekalongan

Oleh : Wiyanto | Minggu, 24 September 2017 - 10:21 WIB

Pameran Batik Oey Soe Tjoen
Pameran Batik Oey Soe Tjoen

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Kain batik merupakan kebanggaan bangsa Indonesia yang mencerminkan khasanah budaya leluhur. Dalam rangka mengenal batik lebih dekat sebagai salah satu warisan budaya bangsa Indonesia,gelaran Pameran Batik Oey Soe Tjoen Persembahan untuk Budaya, seorang pembatik peranakan legendaris asal Kedungwuni, Pekalongan, yang koleksinya selalu menjadi incaran kolektor domestik maupun mancanegara.

Pameran digelar dari tanggal 22 hingga 24 September 2017, di Tugu Kunstkring Paleis - Jakarta. pameran tersebut menampilkan sekitar 40 helai kain Batik Tulis mahakarya Oey Soe Tjoen, dengan motif pesisir yang selalu menjadi ciri khas, seperti buketan bunga, kupu-kupu, dan burung, serta usia kain yang mencapai hampir 100 tahun.

“Batik Tulis karya Oey Soe Tjoen merupakan masterpiece batik Indonesia. Keindahan motif, desain, dan teknik pewarnaan yang tercermin dalam setiap helai kain-nya melambangkan kearifan lokal bangsa Indonesia. Pameran ini kami selenggarakan untuk mengenal lebih dekat Batik Tulis mahakarya Oey Soe Tjoen yang sudah menjadi legenda dan memberikan kontribusi besar dalam khasanah budaya Indonesia,” ujar Executive Vice President Corporate Social Responsibility BCA Inge Setiawati, Jumat (22/09/2017).

Pada Pameran tersebut, sejumlah 4 helai kain Batik Tulis karya Oey Soe Tjoen terbaru juga dilelang khusus bagi Nasabah Solitaire BCA. Memeriahkan Pameran, perancang Benny Adrianto turut menjual wayang golek “Djawa” miliknya yang berbalutkan Wastra Nusantara Batik berbagai daerah. Tidak ketinggalan, para pengunjung Pameran juga dimanjakan dengan koleksi kebaya dan sarung encim karya Dewi Nugroho dari Museum Batik Jogja oleh Buana Alit Gallery, serta koleksi aksesoris etnik nusantara oleh Manjusha Nusantara.

“Nilai filosofis yang tersirat dalam sehelai kain Batik menjadikannya karya seni yang memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran domestik maupun internasional. Besar harapan kami, Pameran ini dapat berkontribusi mengangkat kembali kain Batik karya Oey Soe Tjoen yang tidak hanya bermutu tinggi, tetapi juga merepresentasikan jiwa dan identitas bangsa Indonesia,” tambah Inge.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:00 WIB

54 Petugas Penyelenggara Pemilu Meninggal, Ketua DPR RI Prihatin

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa atas meninggalnya 54 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan 10 aparat kepolisian saat menjalankan…

Ilustrasi SDM Industri

Senin, 22 April 2019 - 19:45 WIB

Sektor Industri Mampu Serap 672 Ribu Tenaga Kerja per Tahun

Kementerian Perindustrian terus berperan aktif menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten untuk memenuhi kebutuhan dunia industri.

Jimly Asshiddiqie Ketum ICMI (Foto: Teropong Senayan)

Senin, 22 April 2019 - 19:30 WIB

Jimly: Sebaiknya Jokowi-Prabowo Bertemu Silaturahmi

Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Prof Dr Jimly Asshiddiqie menganjurkan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto untuk…