Menteri Susi Ajak Mahasiswa-Akademisi Sultra Jaga Laut

Oleh : Herry Barus | Minggu, 17 September 2017 - 05:26 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: Setkab)
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: Setkab)

INDUSTRY.co.id - Kendari - Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pujiastuti meminta kalangan mahasiswa dan akademisi di Sulawesi Tenggara (Sultra) ikut menjaga laut yang ada di wilayah provinsi kepulauan itu.

"Mahasiswa menjadi poros terpenting untuk menumbuhkan semangat menjaga keamanan laut dan perikanan Indonesia," kata Susi saat memberikan kuliah umum kemaritiman di Universitas Halu Oleo Kendari, Sultra, Sabtu (16/9/2017)

Sebagai negara maritim, kata Susi Indonesia memiliki kekayaan hasil laut, tetapi karena pencurian ikan atau "illegal fishing" sudah lama terjadi dan merugikan Indonesia.

"Untuk sisi peraturan sudah lengkap hanya saja belum berani yang mengeksekusi. Lalu, ketika saya menjadi menteri lewat undang-undang itu bisa menenggelamkan kapal asing yang tanpa izin melakukan pencurian ikan," katanya.

Susi mengaku selama menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan sudah meneggelamkan 317 kapal asing yang selama ini melakukan pencurian di laut Indonesia.

"Soal illegal fishing, saya konsisten melakukan tindakan tegas. Bahkan dalam waktu dekat akan ada sekitar 100 kapal yang ditenggelamkan. Kapal kapal itu berasal dari berbagai negara, yakni Vietnam, Thailand dan China dengan kapasitas berbeda," katanya.

Susi juga berhadap pemda dan aparat keamanan di Sultra bersinergi sama-sama menjaga kedaualatan laut Indonesia.

"Kedaulatan laut itu sangat penting di mana kita harus memastikan wilayah laut kita berdaulat penuh," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pariwisata Bali (Foto Dok Instagram)

Minggu, 16 Juni 2019 - 21:00 WIB

Ready, Set, Summer!

Menjelang liburan musim panas, Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang di dunia, mengungkapkan bahwa Tokyo, London dan Las Vegas masih terus merajai sebagai…

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 20:00 WIB

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir

Pengiriman dan penyaluran bantuan sosial dari Kementerian Sosial terus bergulir bagi korban bencana banjir di sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara.

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 17:34 WIB

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui Kantor Cabang Luar Negeri New York, Amerika Serikat memberikan dukungan fasilitas pembiayaan kepada Crystal Cove Seafood Corp. (Crystal Cove),…

Mendikbud, Muhadjir Effendy

Minggu, 16 Juni 2019 - 16:46 WIB

Rawan Jual Beli Kursi, Mendikbud Lakukan Penataan Sejumlah Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pemetaan sejumlah sekolah yang dinilai rawan terhadap praktik jual beli kursi dalam Penerimaan Peserta Didik (PPDB).

Ilustrasi Desa Wisata

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:30 WIB

Kemenpar Gandeng Udinus Latih Warga Temanggung Majukan Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Universitas Dian Nuswantara Semarang memberikan pelatihan memajukan potensi daerah sebagai desa wisata baru pada warga Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung,…