Menteri Susi Ajak Mahasiswa-Akademisi Sultra Jaga Laut

Oleh : Herry Barus | Minggu, 17 September 2017 - 05:26 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: Setkab)
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: Setkab)

INDUSTRY.co.id - Kendari - Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pujiastuti meminta kalangan mahasiswa dan akademisi di Sulawesi Tenggara (Sultra) ikut menjaga laut yang ada di wilayah provinsi kepulauan itu.

"Mahasiswa menjadi poros terpenting untuk menumbuhkan semangat menjaga keamanan laut dan perikanan Indonesia," kata Susi saat memberikan kuliah umum kemaritiman di Universitas Halu Oleo Kendari, Sultra, Sabtu (16/9/2017)

Sebagai negara maritim, kata Susi Indonesia memiliki kekayaan hasil laut, tetapi karena pencurian ikan atau "illegal fishing" sudah lama terjadi dan merugikan Indonesia.

"Untuk sisi peraturan sudah lengkap hanya saja belum berani yang mengeksekusi. Lalu, ketika saya menjadi menteri lewat undang-undang itu bisa menenggelamkan kapal asing yang tanpa izin melakukan pencurian ikan," katanya.

Susi mengaku selama menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan sudah meneggelamkan 317 kapal asing yang selama ini melakukan pencurian di laut Indonesia.

"Soal illegal fishing, saya konsisten melakukan tindakan tegas. Bahkan dalam waktu dekat akan ada sekitar 100 kapal yang ditenggelamkan. Kapal kapal itu berasal dari berbagai negara, yakni Vietnam, Thailand dan China dengan kapasitas berbeda," katanya.

Susi juga berhadap pemda dan aparat keamanan di Sultra bersinergi sama-sama menjaga kedaualatan laut Indonesia.

"Kedaulatan laut itu sangat penting di mana kita harus memastikan wilayah laut kita berdaulat penuh," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

Rabu, 24 April 2019 - 23:26 WIB

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

BNI Syariah turut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah dengan berpartisipasi dalam pembiayaan sindikasi pembangunan proyek jalan tol.Terbaru, BNI Syariah ikut…

Iffan Suryanto-President Director Electrolux Indonesia, bersama Barli Asmara-Indonesia Fashion Designer dan Chandra Yudasswara-Electrolux Chef.

Rabu, 24 April 2019 - 23:18 WIB

Electrolux100YearsOfBetterLiving Wujudkan Hidup Lebih Baik bersama Electrolux

Tepat satu abad sudah Electrolux mendampingi pelanggan di seluruh dunia dengan berbagai inovasinya, membantu membentuk kehidupan yang lebih membahagiakan dan berkelanjutan bagi ratusan juta…

Direktur Utama Bank, BTN, Maryono, sedang memberikan kuliah umum di kampus Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/04/2019)

Rabu, 24 April 2019 - 22:38 WIB

Bank BTN Berharap Dunia Kampus dapat Beradaptasi dengan Teknologi Digital

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menilai dunia pendidikan perlu dibekali pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga lulusannya mampu beradaptasi dengan kemajuan…

Sriyono pengrajin kain pantai Sukoharjo yang mendunia

Rabu, 24 April 2019 - 22:09 WIB

Kisah Sukses Sriyono Pengrajin Kain Pantai Sukoharjo yang Mendunia

Di Kabupaten Sukoharjo banyak pelaku UMKM yang sukses membangun usahanya setelah mendapat pinjaman bunga lunak dari LPDB melalui BPR Kartarsura Makmur.

Hoshino Resorts Aomoriya

Rabu, 24 April 2019 - 22:00 WIB

Hoshino Resorts Aomoriya Terpilih Jadi Salah Satu dari 20 Ryokan Terbaik di Jepang

Perusahaan Manajemen Hotel, Hoshino Resorts melalui salah satu cabangnya, Hoshino Resorts Aomoriya, dinobatkan untuk pertama kalinya dalam "Top20 Ryokans in Japan by International Travelers…