Mendes: PLN Belum Menerangi Tiga Belas Ribu Desa

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 09 September 2017 - 18:25 WIB

Listrik Ilustrasi
Listrik Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengungkapkan rendahnya rasio elektrifikasi di desa-desa. Menurutnya, masih ada lebih dari 13 ribu desa yang belum teraliri listrik.

Untuk meningkatkan rasio elektifikasi desa, lanjutnya, menggantungkan diri pada PT PLN (Persero). “Butuh bantuan semua pihak,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (9/9/2017).

Eko menambahkan, dirinya menggunakan jaringan alumni IPMI International Business School untuk membuat desa terang benderang. “Saya berhasil meyakinkan salah satu alumni yakni Handry Satriago supaya General Electric berinvestasi USD 20 juta untuk menerangi desa,” jelasnya.

Ketua Ikatan Alumni IPMI Effendi Ibnoe mengatakan, salah satu kekuatan IPMI adalah kemampuan menghasilkan alumni yang mampu melakukan  transformasi bagi industri dan bangsa. "Terutama alumni yang bergelut di bidang kewirausahaan, produktivitas, dan komunitas sosial," ujarnya.

Ditambahkannya, alumni IPMI juga harus berkontribusi bagi almamaternya dalam bentuk gagasan yang dapat mendongkrak kualitas pendidikan nasional. Komunikasi antar alumni dan sinergitas amat penting supaya dapat memaksimalkan potensi yang telah ada.

Sementara CEO IPMI Jimmy Gani menilai IPMI telah melakukan transformasi di bidang pendidikan selama tiga tahun terakhir. Lulusan IPMI dinilai sudah mampu menjawab tantangan ekonomi dan sosial yang makin besar setiap tahun.

“IPMI tidak dapat melakukan semua ini tanpa dukungan para pemangku kepentingan (stakeholders). Para alumni, dosen, dewan pengawas, mahasiswa, dan staff, semua bahu membahu untuk mewujudkan visi-misi bersama,” ujarnya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Senin, 20 Mei 2019 - 08:01 WIB

Jadi Jutawan Muda dengan Bertani

Gowa - Petani ataupun pekerjaan di sektor pertanian pada umumnya masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat. Bertani identik dengan pekerjaan kasar, kotor-kotoran, ataupun penghasilan…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 08:00 WIB

DPR: Hilangkan Ego Kelompok yang Lampaui Batas Toleransi Hukum

Ketua DPR Bambang Soesatyo(Bamsoet) mengimbau semua elemen masyarakat segera menghilangkan ego kelompok yang melampaui batas toleransi hukum dan undang-undang (UU). Setiap kelompok masyarakat…

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 06:40 WIB

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019

Torehan prestasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali terukir berkat komitmennya dalam membangun solusi perbankan yang tepat untuk nasabah di tengah masifnya transformasi digital saat ini.…

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…