Harga Tembakau Grade C di Temanggung Tembus Rp75 Ribu per Kilogram

Oleh : Hariyanto | Minggu, 03 September 2017 - 11:58 WIB

INDUSTRY co.id -Temanggung - Tembakau rajangan kering grade C di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng) pada masa panen tahun ini dibeli dengan harga Rp75.000 per kilogram oleh pabrikan.

Kepala Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Subakir mengatakan harga tersebut jauh lebih tinggi dari panen tahun lalu, yakni untuk grade C Rp40.000 per kilogram.

"Harga tersebut sesuai dengan kualitas tembakau tahun ini memang bagus, kalau panen tahun lalu tidak ada tembakau kualitas bagus karena cuaca tidak mendukung, yakni terjadi hujan terus," ucapnya di Temanggung, Sabtu (2/9/2017).

Menurutnya, cuaca selama panen tembakau saat ini bagus, kondisi kering sehingga membantu dalam proses penjemuran tembakau. "Mudah-mudahan cuaca seperti ini bertahan hingga panen tembakau selesai sehingga bisa muncul grade tembakau di atasnya yang tentu harganya akan lebih mahal," katanya.

Sementara, Sekretaris Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Agus Setyawan juga mengakui bahwa kualitas tembakau tahun ini jauh lebih bagus dibandingkan dengan panen tahun lalu.

"Akibat keterpurukan panen tembakau tahun lalu, luas lahan tembakau di Temanggung tahun ini turun sekitar 35% dari luas lahan tahun lalu sekitar 19.000 hektare," ujarnya.

Agus menjelaskan, pengurangan areal tanaman tembakau tahun ini terutama di daerah persawahan dan sebagian di areal tegalan dengan ditanami cabai. "Namun, mengetahui hasil tembakau saat ini bagus dan laku kemungkinan areal tembakau tahun depan akan bertambah lagi," ungkapnya.

Agus menyebutkan untuk kawasan Gunung Prahu panen tembakau telah dimulai sejak akhir Juli 2017 dan saat ini panen sudah mencapai 50%.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Langit

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:00 WIB

Demi Wujudkan Tujuan Mulia, Panglima Langit akan Menjual 3 Mobil Koleksinya untuk Membangun Masjid

Panglima Langit, ahli penyembuhan alternatif menyatakan tekadnya untuk membangun masjid impiannya empat tahun mendatang. Hal tersebut ditegaskan pria ganteng asal Aceh ini saat bincang dengan…

BPOM (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:35 WIB

Masyarakat Diminta Bijak terhadap Isu Bahaya Mikroplastik

Maraknya pemberitaan isu bahaya mikroplastik pada air kemasan perlu disikapi bijak oleh masyarakat.

Outlet Paris Baguette

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:30 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya di pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka empat outlet baru sekaligus…

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Bersama Pengelola Sirkuit Sentul Terus Matangkan Pengembangan West Java Sentul International Circuit

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama pengelola Sirkuit Internasional Sentul yang dipimpin Tinton Soeprapto mematangkan rencana pengembangan…

Mukhtarudin - Anggota DPR RI Komisi VII

Rabu, 18 Mei 2022 - 11:58 WIB

Neraca Perdagangan Surplus, Anggota Banggar DPR RI: Ini Sinyal Ekonomi RI Kuat

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin mengatakan surplus neraca perdagangan pada April 2022 yang tercatat 7,56 miliar dolar AS mengindikasikan bahwa penguatan ekonomi Indonesia pada tahun 2022…