Harga Tembakau Grade C di Temanggung Tembus Rp75 Ribu per Kilogram

Oleh : Hariyanto | Minggu, 03 September 2017 - 11:58 WIB

Petani Tembakau (ist)
Petani Tembakau (ist)

INDUSTRY co.id -Temanggung - Tembakau rajangan kering grade C di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng) pada masa panen tahun ini dibeli dengan harga Rp75.000 per kilogram oleh pabrikan.

Kepala Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Subakir mengatakan harga tersebut jauh lebih tinggi dari panen tahun lalu, yakni untuk grade C Rp40.000 per kilogram.

"Harga tersebut sesuai dengan kualitas tembakau tahun ini memang bagus, kalau panen tahun lalu tidak ada tembakau kualitas bagus karena cuaca tidak mendukung, yakni terjadi hujan terus," ucapnya di Temanggung, Sabtu (2/9/2017).

Menurutnya, cuaca selama panen tembakau saat ini bagus, kondisi kering sehingga membantu dalam proses penjemuran tembakau. "Mudah-mudahan cuaca seperti ini bertahan hingga panen tembakau selesai sehingga bisa muncul grade tembakau di atasnya yang tentu harganya akan lebih mahal," katanya.

Sementara, Sekretaris Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Agus Setyawan juga mengakui bahwa kualitas tembakau tahun ini jauh lebih bagus dibandingkan dengan panen tahun lalu.

"Akibat keterpurukan panen tembakau tahun lalu, luas lahan tembakau di Temanggung tahun ini turun sekitar 35% dari luas lahan tahun lalu sekitar 19.000 hektare," ujarnya.

Agus menjelaskan, pengurangan areal tanaman tembakau tahun ini terutama di daerah persawahan dan sebagian di areal tegalan dengan ditanami cabai. "Namun, mengetahui hasil tembakau saat ini bagus dan laku kemungkinan areal tembakau tahun depan akan bertambah lagi," ungkapnya.

Agus menyebutkan untuk kawasan Gunung Prahu panen tembakau telah dimulai sejak akhir Juli 2017 dan saat ini panen sudah mencapai 50%.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sriwijaya Air (Foto Ist)

Selasa, 21 Mei 2019 - 12:00 WIB

Jelang Momen Mudik Lebaran, Sriwijaya Air Buka Tiga Rute Baru

Sriwijaya Air, maskapai penerbangan nasional yang merupakan bagian dari Garuda Indonesia Group siap menyambut datangnya momen mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H dengan menyiapkan tiga rute penerbangan…

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Selasa, 21 Mei 2019 - 11:00 WIB

Lonjakan Defisit Neraca Dagang Tuntut Reformasi Struktural

Kabar kurang menggembirakan kembali mengejutkan pasar finansial Indonesia pada pertengahan Mei ini. Tak hanya polemik perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok semakin panas, investor…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil, PhD dan Kepala Karantina dan Keamanan Pangan Sarawak, Gasing Anak Nyalu

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:53 WIB

Kementan Capai Kesepakatan bersama Otoritas Serawak Terkait Ekspor

Kuching - Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) jajaki harmonisasi aturan perkarantinaan Indonesia - Sarawak, Malaysia terkait lalu lintas komoditas pertanian di…

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:39 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM, FIF Group Resmikan Reading Corner di Lima Kota

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019) kemarin.

Perakitan perangkat Xiaomi

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:34 WIB

Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Menjelang Momentum Lebaran

Berkomitmen untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen di bulan Ramadan, Xiaomi berfokus pada kelancaran proses produksi dan distribusi.