Kreatifood 2017 Harapkan Kopi Palembang Makin Diminati

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 23 Agustus 2017 - 06:39 WIB

Gubernur Sumsel H. Alex. Noerdin dan Kepala Bekraf Triawan Munaf di Palembang (Foto Dije)
Gubernur Sumsel H. Alex. Noerdin dan Kepala Bekraf Triawan Munaf di Palembang (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Resmi digelar, Kreatifood 2017 diselenggarakan di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan. Pembukaan Kreatifood 2017 ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex. Noerdin bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf.  

Penyelenggaraan Kreatifood 2017 ini baru pertama kali diselenggarakan dan Palembang menjadi kota pertama. Penyelenggaraan ini merupakan bentuk kerjasama dengan Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia (IPKI). 

"Palembang itu memiliki kuliner khas yaitu Pempek, bukan dari daerah lain. Untuk pertana kalinya, Kreatifood diselenggarakan di Palembang, di pinggir sungai Musi di dalam kawasan Benteng Kuto Basak," ujar Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex. Noerdin dalam sambutan pembukaan Festival Kreatifood di Palembang, Sumsel, Selasa, (22/8/2017). 

Sementara, turut hadir pula Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, mengatakan, "Kuliner merupakan bagian ekonomi kreatif yang menyumbangkan 41,69 persen atau senilai Rp 852 triliun," katanya. 

Sambung Triawan, Bekraf akan tetap mendukung Sumsel sampai kapanpun sebagai kuntuk meningkatkan ekonomi masyarakatnya dalam hal ekonomi kreatif. 

"Penyelenggaraan Kreatifood ini diselenggarakan selama enam hari dan diselenggarakan untuk mengenal kopi Indonesia dan harapannya akan menjadi pusat kunjungan masyarakat Palembang  dan diharuskan untuk sampai tahun depan dan seterusnya," ungkapnya.

Sementara, menurut Ketua Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Irene Sinaga mengatakan kepada Industry.co.id, "Ini merupakan inisasi dari Pemda dan Bekraf dan saya berharap ini kopi di Palembang dapat mempunyai branding sebagai pengolahan kopi khas Indonesia, khususnya Palembang, karena kopi Palembang masih kurang promosi dan kurang dikembangkan," kata dia, di Benteng Kuto Basak, Palembang, Selasa (22/8/2017).

Dalam Kreatifood 2017 ini banyak kopi khas yang disuguhkan dalam festival ini yakni  kopi Sumende, kopi Linggau, kopi Pagar Alam, kopi Lahat, kopi Muara Enim, dan Kopi Okut Selatan. 

"Di sini ada 10 stand yang menyediakan makanan kuliner khas Nusantara sedangakn kopi hanya stand dan uniknya mereka para barista memperkenalkan kopi dengan cara yang unik, ada juga yang mereka mix dengan satu kopi dengan jenis kopi lainnya," pungkas Irene.

Kreatifood 2017 digelar di dua tempat yakni di Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang Sumatera Selatan untuk memperkenalkan kopi, sedangkan pada tanggal 22 - 27 Agustus 2017, dan  di Pantai Losari, Makassar Sulawesi Selatan, pada tanggal 6 - 10 September 2017 untuk memperkenalkan soto khas Makassar.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seorang pekerja sedang mengawasi conveyer batu bara PT Gunung Bara Utama, anak usaha PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM). (Foto istimewa TRAM)

Rabu, 16 Oktober 2019 - 09:42 WIB

Trada Alam Minera Dirikan Khatulistiwa Sinar Investama

Jakarta - Manajemen PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) bersama PT Semeru Infra Energi mendirikan PT Khatulistiwa Sinar Investama. Pendirian anak usaha yang bergerak di bidang investasi tersebut…

Bantuan Rumah Layak Huni Korban Gempa Ambon

Rabu, 16 Oktober 2019 - 09:00 WIB

AQL Peduli Berangkatkan TIM Persiapan Kapal Darurat Pangan

Ternate - Tim Arrahman Quranic Learning (AQL) Peduli akan melepas kapal bantuan kemanusiaan untuk pengungsi gempa di desa Gane Luar, Kab Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Masata Dukung Jokowi, Jadikan Pariwisata Masterpiece Ekonomi Indonesia

Rabu, 16 Oktober 2019 - 09:00 WIB

Masata Dukung Jokowi, Jadikan Pariwisata Masterpiece Ekonomi Indonesia

Masyarakat Sadar Wisata (Masata) menegaskan komitmennya untuk mendukung pemerintahan Jokowi-KH Maruf Amin yang akan dilantik pada 20 Oktober 2019. Terlebih, Jokowi telah menetapkan pariwisata…

Signify Menyinari Qutub Minar dengan Pencahayaan LED Warm White

Rabu, 16 Oktober 2019 - 09:00 WIB

Signify Menyinari Qutub Minar dengan Pencahayaan LED Warm White

Signify (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, mengumumkan bahwa perusahaan telah menyinari Qutub Minar yang ikonis di New Delhi, India menggunakan sistem pencahayaan Color…

Farida Mokodompit yang semula sebagai Direktur Operasional sekaligus Plt Direkur Utama menjadi definitif Direktur Utama Perum Perindo

Rabu, 16 Oktober 2019 - 08:00 WIB

Penyerahan SK Direksi BUMN

Bertempat di Kantor Kementerian BUMN, telah dilaksanakan pelantikan dan penyerahan Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Selaku Wakil Pemerintah Sebagai Pemilik Modal Perusahaan…