Kini Pembelian Gula Rafinasi Harus Melalui Lelang

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 21 Agustus 2017 - 14:41 WIB

Ilustrasi Gula Rafinasi (ist)
Ilustrasi Gula Rafinasi (ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan sistem lelang gula rafinasi akan mulai dilaksanakan pada 1 Oktober nanti. Ia optimistis dengan adanya hal ini maka ada kesamaan pelaku usaha kecil dan menengah dengan pelaku usaha besar dalam mendapatkan bahan baku, yaitu gula.

“Mereka selama ini beli di pasar, dan patut diduga mereka belinya dari (gula rafinasi) yang bocor,” kata Enggartiasto saat ditemui di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, akhir pekan lalu.

Enggar, sapaan akrabnya, menuturkan industri kecil dan menengah akan mendapatkan 20 persen dari impor gula rafinasi yang akan dilakukan. Diketahui angka impor gula rafinasi untuk kebutuhan industri di tahun ini adalah 3,2 juta ton.

Landasan pemerintah melakukan lelang gula rafinasi ini adalah Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 16 Tahun 2017 tentang Perdagangan Gula Kristal Rafinasi Melalui Pasar Lelang Komoditas. Selama ini pelaku usaha yang membutuhkan gula rafinasi meneken kontrak impor untuk mendatangkan gula itu.

Adapun pihak yang biasa memakai gula rafinasi merupakan pelaku industri makanan dan minuman di Indonesia. Diperkirakan dengan adanya sistem seperti ini rembesan gula rafinasi impor ke pasar bisa diatasi. Dari apa yang disampaikan Menteri Perdagangan, tiap tahunnya diperkirakan 200-300 ribu ton gula rafinasi bocor ke pasar.  

Menurut Enggar, industri kecil dan menengah mendapatkan alokasi 20 persen dari jumlah gula rafinasi yang akan dilelang nanti. Ia melanjutkan, angka ini bisa lebih tergantung perkembangan ke depan. “Pada waktu buka awal (lelang), jam-jam tertentu akan layani IKM dulu.”

Enggar menjelaskan, saat ini sudah ada 300 buyer dan 11 seller yang terdaftar menjadi pelaku di pasar lelang tersebut. Sosialisasi pun tengah digencarkan oleh Pusat Komoditas Jakarta (PKJ) sebagai pihak yang ditunjuk pemerintah menjadi penyelenggara lelang.

Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi mengatakan, di dalam pasar lelang gula ini sudah ditetapkan harga gula maksimumnya adalah Rp 10 ribu per kilogram. Bachrul menyampaikan aturan ini sudah sangat ditunggu oleh pelaku IKM.

Bachrul mengungkapkan, selama ini pelaku IKM membeli bahan baku gula di pasar gelap, karena mereka kesulitan mendapatkan bahan baku. Padahal, pelaku IKM ini sangat ingin meningkatkan kualitasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

dr. Beatrix Isabella Tjahyana Dipl.AAAM, Founder & CEO BeArt Korean Skin Clinic menjelaskan perkembangan teknologi laser untuk perawatan kecantikan di Indonesia.

Selasa, 07 Mei 2024 - 23:43 WIB

Perawatan Kecantikan Dengan Laser, BeArt Korean Skin Clinic Hadirkan Metode Terbaru Dari Amerika

Salah satu jenis perawatan dengan metode laser yang menjadi populer dan diterapkan klinik BeArt yaitu dengan menggunakan mesin face lifting dari Amerika.

Pelatihan Membaca Nyaring di hadapan pustakawan, guru sekolah dan orang tua di Sumatera Utara

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:58 WIB

Pentingnya Teknik Membaca Nyaring Pada Anak Sejak Dini

Anak yang sering dibacakan nyaring dan diajak berbicara oleh ibu bapaknya secara tidak langsung membantu stimulasi kemampuan kognitifnya berkembang lewat suara.

PT Intiland Development Tbk (DILD)

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:45 WIB

BI Rate Naik, Intiland Harap Perbankan Gencar Jalin Kolaborasi dengan Pengembang

Bank Indonesia (BI) telah menaikan suku bunga acuan atau BI Rate menjadi 6,25%. Kenaikan BI Rate ini pastinya akan berdampak bunga kredit atau cicilan, meskipun berlangsung lama. Sekretaris…

Apresiasi kepada Mandiri Agen

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:20 WIB

Komitmen Dorong Inklusi Keuangan, Bank Mandiri Perkuat Peran Mandiri Agen

Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, Bank Mandiri terus memperkuat peran Mandiri Agen dalam menyediakan akses layanan keuangan yang lebih…

Press conference Winter Concert yang digelar di Trans Snow World, Bintaro, Selasa 7 Mei 2024.

Selasa, 07 Mei 2024 - 21:45 WIB

Pertama di Indonesia, Winter Concert, Konser Musim Dingin Dengan Nuansa Salju Bakal Digelar Bulan Depan

Winter Concert di Trans Snow World Bintaro dimeriahkan oleh musisi internasional Color Me Badd, dan musisi Indonesia seperti The Groove featuring Tiara Effendy, Andien Aisyah dan Iwa K, serta…