PLN Targetkan Aliri Listrik ke 1.200 Desa di Perbatasan Timor Leste

Oleh : Hariyanto | Jumat, 18 Agustus 2017 - 15:17 WIB

Ilustrasi pekerja PLN (ist)
Ilustrasi pekerja PLN (ist)

INDUSTRY co.id -Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menargetkan, 1.200 desa di seluruh Nusa Tenggara Timur (NTT) dapat teraliri listrik di akhir tahun 2018.

Jika target tersebut berhasil, artinya persoalan 40% desa yang belum mendapatkan aliran listrik di seluruh Indonesia akan selesai.

Dalam kunjunganya ke Kupang Desember tahun lalu, Presiden Joko Widodo menginginkan seluruh desa di NTT mendapatkan aliran listrik pada tahun 2018 mendatang. 

Jika sebelumnya proyek listrik dari kota ke desa perbatasan, maka kali ini justru sebaliknya. Proyek listrik akan dilakukan dari desa perbatasan menuju ke kota. PLN melakukan konsep ini di NTT. Salah satu desa yang menjadi target di NTT adalah di Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara

Kecamatan tersebut memiliki empat desa. Adapun desa terdekat dengan Timor Leste adalah Desa Naekake. Jarak desa ini ke wilayah Timor Leste hanya 10 kilometer (km).

Saat ini, desa Naekeke sudah mulai mendapatkan aliran listrik nonstop 24 jam sejak Februari 2016 lalu. Sebelumnya pada Agustus 2015 listrik hanya bisa menyala 12 jam.

Direktur Human Capital Management PLN Muhammad Ali menyatakan, sejak Februari 2016 desa yang berada di pegunungan karang ini telah menikmati aliran listrik yang disuplai dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Naekake dengan total kapasitas 414 kilowatt (KW).

Untuk bahan bakar, setiap bulan PLTD Naekake membutuhkan sembilan ton solar dengan beban biaya operasional pembangkit mencapai Rp 150 juta. Saat ini, sebanyak 472 pelanggan telah menikmati aliran listrik yang disuplai oleh PLN.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 85% penduduk di Naekake merupakan pelanggan subsidi 450 VA dengan harga Rp 415 perkWh. Sementara, biaya pokok produksi di Naekake mencapai Rp 8.000 per Kwh.

"Biaya pokok produksi itu memang tinggi. Tapi kami menyadari, listrik yang baik akan membantu warga dapat membangun dan meningkatkan taraf hidup mereka. Dengan listrik yang andal, anak-anak bisa belajar serta perekonomian mulai menggeliat, untuk itulah penyediaan listrik untuk warga yang utama" ungkap Ali kepada wartawan, Rabu (16/8/2017).

Sejumlah kendala juga kerap dihadapi dalam penyediaan listrik di Naekake, terutama masalah transportasi yang harus melintasi sungai. Jika air sungai meluap, bahan bakar tidak bisa masuk ke PLTD. PLN sudah mengantisipasi, dengan menyimpan tambahan bahan bakar untuk tiga bulan ke depan.

Selain Desa Naekake di Kecamatan Mutis, PLN tengah membangun infrastruktur kelistrikan di dua desa, yakni Noelilo dan Tasinifu.

"Progres di lapangan telah menunjukkan, perkembangan yang menggembirakan, kami yakin di awal Desember 2017, semua desa di Kecamatan Mutis bisa menyala" kata Ali.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Senin, 20 Mei 2019 - 08:01 WIB

Jadi Jutawan Muda dengan Bertani

Gowa - Petani ataupun pekerjaan di sektor pertanian pada umumnya masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat. Bertani identik dengan pekerjaan kasar, kotor-kotoran, ataupun penghasilan…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 08:00 WIB

DPR: Hilangkan Ego Kelompok yang Lampaui Batas Toleransi Hukum

Ketua DPR Bambang Soesatyo(Bamsoet) mengimbau semua elemen masyarakat segera menghilangkan ego kelompok yang melampaui batas toleransi hukum dan undang-undang (UU). Setiap kelompok masyarakat…

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 06:40 WIB

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019

Torehan prestasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali terukir berkat komitmennya dalam membangun solusi perbankan yang tepat untuk nasabah di tengah masifnya transformasi digital saat ini.…

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…