Lazada Hadirkan Fitur AI Canggih untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis Online

Oleh : Nina Karlita | Senin, 30 Juni 2025 - 22:20 WIB

Amelia Tediarjo, Head of Business Growth and Operations Lazada Indonesia membeberkan optimalisasi fitur AI di Lazada.
Amelia Tediarjo, Head of Business Growth and Operations Lazada Indonesia membeberkan optimalisasi fitur AI di Lazada.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Didukung oleh kemajuan teknologi Artificial Intelligence (AI), Lazada memperkuat komitmennya dalam mendukung kesuksesan penjual online di Indonesia dengan menghadirkan serangkaian fitur AI inovatif yang siap mempercepat pertumbuhan bisnis.

Lazada sebagai pionir AI dan Generative AI (GenAI) di Asia Tenggara, memperkenalkan Buku Panduan Kesiapan AI Penjual Online hasil kolaborasi dengan Kantar. Panduan ini menjadi alat edukatif untuk mengakselerasi kesiapan digital penjual dalam memanfaatkan teknologi AI secara tepat guna.
 
“Kami berkomitmen untuk mempermudah perjalanan transformasi digital penjual di platform kami, dengan menyediakan teknologi kelas dunia dan sistem pendukung yang relevan,” ujar James Dong, CEO Lazada Group.
 
Dalam riset bertajuk Menjembatani Kesenjangan AI: Persepsi dan Tren Adopsi Penjual Online di Asia Tenggara, Lazada dan Kantar menemukan bahwa 91% penjual di Indonesia terbuka terhadap penggunaan AI dalam kehidupan pribadi, bahkan melampaui angka pembeli yang hanya 78%.
 
Lebih jauh, 29% penjual online di Indonesia sudah mahir menggunakan AI dalam operasional bisnis mereka. Namun demikian, masih ada tantangan besar: sebanyak 68% penjual ragu akan manfaat jangka pendek dari AI, sementara 69% menganggap biaya implementasi awal cukup tinggi.
 
Untuk menjawab kesenjangan tersebut, Lazada membagi penjual dalam tiga kategori kesiapan. Yaitu AI Adepts (pengguna lanjutan), AI Aspirants (pengguna parsial), dan AI Agnostics (pengguna minimal).
 
Setiap kategori mendapat strategi panduan yang berbeda, agar penjual bisa mengadopsi teknologi sesuai kapasitas bisnis mereka saat ini. Lazada juga mengintegrasikan fitur-fitur AI di berbagai tahap operasional agar memudahkan penjual dalam transisi digital ini.
 
“AI adalah bagian integral dari ekosistem eCommerce kami. Fitur-fitur yang kami kembangkan membantu penjual untuk lebih efisien, terhubung lebih baik dengan pelanggan, dan meningkatkan performa bisnis mereka,” jelas Amelia Tediarjo, Head of Business Growth and Operations Lazada Indonesia.
 
Dalam hal terobosan pengalaman pelanggan, Lazada menghadirkan inovasi seperti AI-Powered Skin Test yang menganalisis kondisi kulit menggunakan AR untuk rekomendasi produk lebih tepat, serta Virtual Try-On untuk pengalaman mencoba produk secara virtual. 
 
Data yang dihasilkan saat pelanggan mencoba fitur ini terkoneksi dengan chatbot AI Lazzie yang akan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi. Semua fitur ini dirancang untuk membantu penjual meningkatkan peluang konversi ke penjualan agar mereka mampu mengembangkan bisnis mereka secara efektif dan kompetitif.
 
Dengan seluruh inovasi ini, Lazada menegaskan perannya bukan hanya sebagai marketplace, tetapi juga sebagai katalisator pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dan Asia Tenggara. Penerapan teknologi AI yang tepat guna dipercaya dapat membawa pelaku usaha online Indonesia menjadi pemain unggulan di kancah global.
 
“Mengadopsi AI bukan sekadar mengikuti tren. Ini adalah langkah strategis untuk memastikan penjual siap menyongsong masa depan. Kami bangga menjadi bagian dari perjalanan sukses mereka,” pungkas Amelia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wakil Menteri Lingkungan Hidup, Dr. Diaz Faisal Malik Hendropriyono,berdialog dengan S. Sunder Dewar, CEO PT Pulp Packaging, dalam Pameran Indo Water, Indo Waste & Recycling, Indo Renergy & Electric, Indonesia International Smart City 2025 Expo & Forum, di Jakrta, Kamis (14/08/2025)

Kamis, 14 Agustus 2025 - 22:46 WIB

Wamen Lingkungan Hidup Sebut Indo Waste & Recycling 2025 jadi Ajang Edukasi yang Wajib Dikunjungi Pemda Hingga Masyarakat

Jakarta- Pameran Indo Water, Indo Waste & Recycling, Indo Renergy & Electric, Indonesia International Smart City 2025 Expo & Forum yang telah berlangsung sejak kemarin, terus menarik antusias…

SIG sampai bulan Juli 2025 memasok 22.184 ton semen untuk proyek pembangunan Jalan Tol Semarang–Demak Seksi 1 (Kaligawe–Sayung).

Kamis, 14 Agustus 2025 - 21:38 WIB

Bantu Atasi Kepadatan Lalu Lintas dan Banjir Rob Pantura, SIG Pasok Kebutuhan Semen untuk Pembangunan Tol Semarang–Demak

Jakarta– Pemerintah mendorong percepatan pembangunan Tol Semarang–Demak Seksi 1 (Kaligawe–Sayung) sepanjang 10,64 km. Kehadiran infrastruktur yang dibangun di atas laut ini menjadi krusial…

Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arief

Kamis, 14 Agustus 2025 - 20:40 WIB

Kemenperin: Pengetatan Pasokan Gas Turunkan Utilisasi, Hambat Investasi Hingga Ancam Pekerja Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyampaikan keprihatinan mendalam atas pengetatan penerapan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) yang kembali menjadi keluhan serius pelaku industri. Menurut…

Pembukaan festival belanja nasional, Indonesia Shopping Festival 2025.

Kamis, 14 Agustus 2025 - 20:39 WIB

APPBI Gelar Indonesia Shopping Festival 2025: Diskon Hingga 80%, Dukung UMKM & Ekonomi Nasional

APPBI gelar *Indonesia Shopping Festival 2025* serentak di 400 mal seluruh Indonesia, hadirkan diskon hingga 80%, pameran UMKM, dan target transaksi Rp23 triliun untuk dorong pertumbuhan ekonomi…

Seremoni pembukaan ILF dan IGT Expo 2025.

Kamis, 14 Agustus 2025 - 20:25 WIB

ILF dan IGT Expo 2025 Resmi Dibuka, Pamerkan Inovasi Kulit, Alas Kaki, dan Tekstil Kelas Dunia

Indo Leather & Footwear (ILF) dan Indo Garment Textile (IGT) Expo 2025 resmi dibuka di JIExpo Kemayoran, hadirkan 280 peserta dari 11 negara dan target 15.000 pengunjung.