Naik 25 Persen, Laba Bersih ERRA Tembus Rp1 Triliun di Tahun 2024

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 Juni 2025 - 15:56 WIB

RUPST ERAA
RUPST ERAA

INDUSTRY.co.id - Jakarta — PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) setujui pembagian dividen tunai kepada para pemegang saham sebesar Rp19 per lembar saham dengan total nilai Rp299,89 miliar. Hal ini diungkapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPS) ERAA di Jakarta, Selasa (10/6/2025).

Pembagian ini merupakan hasil dari pencapaian solid Perseroan pada 2024, di mana ERAA mencatatkan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp1,03 triliun pada 2024, meningkat 25 persen dibanding 2023 (YoY).

“Pembagian dividen ini mencerminkan konsistensi kami dalam memberikan hasil nyata bagi para pemegang saham, sekaligus menegaskan arah perusahaan untuk terus memperkuat strategi diversifikasi dan inovasi bisnis. Kami percaya bahwa dengan memperluas portofolio produk, dan memanfaatkan teknologi digital, Erajaya akan semakin relevan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan tumbuh secara berkelanjutan,” ujar Hasan Aula, Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada Tbk.

RUPS Luar Biasa Perseroan juga telah menyetujui perpanjangan pengalihan sebagian saham Treasuri yang dimiliki oleh Perseroan untuk Program Kepemilikan Saham Manajemen dan Karyawan Perseroan (Management and Employee Stock Ownership Program) (Program MESOP) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 51.540.500 lembar saham atau 0,32% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan.

Pada 2024, Erajaya berhasil memperluas portofolio bisnis ke sektor non-elektronik, termasuk makanan dan minuman (F&B), kesehatan (Wellings Pharmacy), dan gaya hidup aktif melalui kerja sama strategis dengan merek global seperti JD Sports, Garmin, dan Urban Republic. Trafik di platform e-commerce juga tumbuh signifikan, didukung oleh penguatan digital, marketplace, dan conversational commerce yang semakin terintegrasi.

Perseroan juga menegaskan komitmen keberlanjutan melalui program Lentera Cerdas, Sehat, Kasih, dan Hijau, yang mendukung 10 tujuan Sustainable Development Goals (SDGs). Skor ESG Sustainalytics Perseroan tercatat sebesar 14,7, menegaskan posisi Erajaya sebagai perusahaan dengan praktik bisnis berkelanjutan yang kuat.

Erajaya mencatat kinerja yang solid sepanjang kuartal I 2025, dengan penjualan bersih sebesar Rp15,88 triliun. Laba bersih mencapai Rp 212 miliar. Perseroan juga mencatatkan pergeseran kontribusi lini produk. Segmen aksesori dan produk lainnya memberikan peningkatan kontribusi dari 11,4% pada kuartal I 2024 menjadi 15,7% di kuartal I 2025. 

“Pergeseran ini menunjukkan keberhasilan strategi diversifikasi kami, yang tidak hanya mengandalkan produk utama tetapi juga memperkuat portofolio di segmen aksesori dan produk lifestyle. Kami semakin optimistis pada sisa 2025, kontribusi portofolio di luar ponsel dan tablet akan meningkat seiring dengan kehadiran XPENG, mobil listrik yang saat ini sudah mulai bisa dipesan dan sudah bisa test drive,” tambah Hasan Aula. 

Di kuartal I, segmen ponsel dan tablet masih mendominasi dengan kontribusi sebesar 77,7%. Meski demikian, tren diversifikasi menunjukkan arah yang positif bagi pertumbuhan jangka panjang perseroan.

Pada kuartal ini, Perseroan juga membuka 34 toko baru, termasuk peningkatan unit Erajaya Digital dari 1.663 menjadi 1.686, Erajaya Active Lifestyle dari 171 menjadi 179, serta Food & Nourishment dari 35 menjadi 37 unit. Anggota program loyalti Perseroan juga tumbuh positif menjadi 14 juta pelanggan pada akhir Maret 2025.

"Pencapaian yang kami raih pada kuartal pertama tahun ini menunjukkan arah positif bagi Erajaya Group untuk mengakselerasi pertumbuhan di masa mendatang. Fokus kami tidak hanya pada peningkatan jaringan ritel, tetapi juga pada inovasi model bisnis, pengembangan produk baru, dan pemanfaatan teknologi digital untuk memperkuat ekosistem omnichannel. Kami optimistis, dengan fondasi ini, kami dapat memperkuat posisi kami di pasar yang terus berkembang,” ujar Hasan Aula.

Memasuki 2025, Erajaya akan fokus pada ekspansi ke kota-kota tier 2 dan 3 di luar Pulau Jawa melalui pengembangan toko street-level yang lebih dekat dengan pelanggan. Perseroan juga akan memperkaya portofolio merek, memperkuat kemitraan jangka panjang dengan prinsipal, serta menghadirkan pengalaman belanja lintas kanal yang semakin terintegrasi. Strategi ini diharapkan akan mengoptimalkan margin melalui efisiensi biaya dan peningkatan nilai transaksi pelanggan.

“Kami meyakini bahwa kunci masa depan Erajaya Group terletak pada kemampuan untuk beradaptasi, berinovasi, dan terus memperluas peluang bisnis. Melalui diversifikasi portofolio, penguatan ekosistem digital, serta strategi keberlanjutan yang terintegrasi, kami berharap dapat terus memberikan nilai tambah bagi pelanggan dan mendukung perkembangan industri ritel secara berkelanjutan,” ujar Hasan Aula.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sejumlah Tokoh Sampaikan Amicus Curiae Terkait Uji Materi Pasal 2 UU Tipikor

Jumat, 29 Agustus 2025 - 00:35 WIB

24 Tokoh Sampaikan Amicus Curiae Terkait Uji Materi Pasal 2 Ayat (1) dan 3 UU Tipikor

Jakarta-Sebanyak 24 tokoh antikorupsi menyampaikan pandangannya sebagai amicus curiae (sahabat pengadilan) terkait uji materi (judicial review) atas Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 Undang-undang…

Jan Sysmans, Mobile App Security Evangelist, Appdome

Jumat, 29 Agustus 2025 - 00:27 WIB

Loyalty Fraud Ancam Konsumen Digital Indonesia, Perlu Pendekatan Keamanan Berlapis

Jakarta-Pesatnya adopsi teknologi dan transformasi digital di sektor keuangan dan ritel Indonesia menghadirkan peluang sekaligus tantangan baru. Salah satu ancaman yang kini semakin marak adalah…

BTN kembali membuka Digital Store di Jakarta. Outlet yang ketiga kali ini di buka di jantung investasi nasional, yakni di Gedung Bursa Efek Indonesia. Digital Store menjadi wujud transformasi wajah perbankan modern BTN untuk masyarakat Indonesia yang makin digital.

Kamis, 28 Agustus 2025 - 23:09 WIB

Bidik Komunitas Modern, BTN Luncurkan Digital Store di Bursa Efek Indonesia

Jakarta– PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) resmi membuka BTN Digital Store di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. Digital Store ini bukan sekadar pengganti kantor cabang…

(kiri ke kanan) Direktur Wholesale & International Services Telkom Honesti Basyir, Direktur Utama Telkom Dian Siswarini, dan CEO Telin Budi Satria Dharma Purba saat sesi Press Conference BATIC di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali pada Selasa (26/8).

Kamis, 28 Agustus 2025 - 22:53 WIB

BATIC 2025 Edisi-10: Igniting Tomorrow’s Digital Evolution - Hubungkan Konektivitas Global

PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin), anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), kembali menyelenggarakan Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) edisi ke-10…

ICS Compute perluas jangkauan Redpumpkin.AI Business Platform.

Kamis, 28 Agustus 2025 - 22:27 WIB

ICS Compute Perluas Redpumpkin.AI Business Platform, Dorong Transformasi Generative AI untuk Perusahaan Indonesia

ICS Compute meluncurkan Redpumpkin.AI Business Platform dengan solusi Legal Assistant dan HR Assistant, dorong adopsi Generative AI di Indonesia.