Transformasi Kehidupan Agustin Ningsih: Mantan Karyawan Yang Kini Sukses Jadi Beauty Creator

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 01 Mei 2025 - 08:41 WIB

Agustin Ningsih
Agustin Ningsih

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Keberanian memulai, pantang menyerah, dan semangat untuk terus belajar jadi kunci transformasi luar biasa. Inilah kalimat yang dapat merangkum perjalanan Agustin Ningsih, sosok di balik akun Shopee Live  'tintintinwin'. Siapa sangka, dampak dari pemutusan hubungan kerja yang dialaminya mampu mendorong wanita 30 tahun ini untuk mengubah hidupnya dengan membangun karir sebagai konten kreator bersama Shopee Live.

Dengan latar belakang pendidikan di bidang Akuntansi, Agustin kini dikenal sebagai kreator populer di kategori kecantikan, setelah memulai perjalanannya bergabung dengan Shopee Affiliates Program di tahun 2023 lalu.

Walaupun baru mulai banting setir saat usianya 28 tahun, Agustin tidak patah semangat. Berbekal dukungan dari sang suami, ia mulai belajar dunia afiliasi dan langsung terjun ke Shopee Live setelah mendaftar dalam Affiliate program. Memulai dengan membuat sesi live streaming berdurasi 2-3 jam per hari, Agustin membagikan rekomendasi produk sambil menyampaikan review dan menjawab pertanyaan penonton, hingga akhirnya ia bisa mendapatkan komisi tambahan hingga ratusan juta rupiah tiap bulan nya.

Agustin Ningsih, Kreator Shopee Live mengatakan, “Bisa dibilang bahwa aku memulai karir sebagai kreator ini tanpa tahu apa-apa dan semua dimulai dari nol. Aku harus mempelajari semuanya dari awal, bahkan hanya berbekal alat yang sederhana seperti handphone dan pencahayaan seadanya. Produk yang aku bawa ke live awalnya campur aduk, dari sembako sampai aksesoris. Tapi setelah pas dengan produk kecantikan, aku mulai fokus dan lebih serius mengembangkan konten nya. Dan kini aku bisa membangun studio sendiri dan mempekerjakan hingga 10 karyawan termasuk 4 co-host, sehingga sekarang akun-ku bisa menjalankan sesi live streaming selama 24 jam.”

Konsistensi Tema dan Interaksi Otentik Menjadi Kunci Sukses Tintintinwin Bersama Fitur Interaktif Shopee

Memasuki tahun kedua sebagai seorang kreator, menemukan jenis konten yang tepat menjadi titik balik penting dalam perjalanan Agustin. Ia mengusung konten bertema “Cantikmu Kebutuhanmu” dalam setiap sesi Shopee Live-nya, terinspirasi dari tren melek skincare dan kebutuhan masyarakat, khususnya perempuan, untuk tampil percaya diri dan merawat diri. Menurutnya, kecantikan kini bukan lagi sekadar keinginan, melainkan bagian dari kebutuhan sehari-hari bahkan juga bagi sebagian pria.

Fokus pada kategori kecantikan, seperti skincare dan makeup membuat kontennya lebih terarah dan mampu membangun koneksi yang kuat dengan audiens. Kontennya pun menjadi ruang interaktif, di mana penonton bisa berbagi cerita, berkonsultasi soal permasalahan kulit, dan mendapatkan rekomendasi produk yang benar-benar sesuai. “Banyak yang kasih feedback positif karena produk yang mereka beli dari live aku beneran cocok, sesuai ekspektasi, dan sama seperti yang sudah aku spill sebelumnya. Produk seperti lip cream dan blush on jadi produk favorit kesukaan para penonton sesi Shopee Live aku,” ujar Agustin.

Agustin terus mengembangkan potensi dan peluang yang ada sebagai kreator Shopee dan ikut memanfaatkan fitur Shopee Video juga. Di Shopee Video, ia juga membuat konten review dan tutorial kecantikan yang berdurasi pendek, simpel, tidak bertele-tele, dan mudah dimengerti. Formula ini terbukti efektif, karena kontennya lebih banyak ditonton dan mampu menjangkau lebih banyak pengguna. Seiring waktu, ia pun ikut “glow up”—bukan hanya dari sisi tampilan konten yang kini jauh lebih profesional dengan sistem terbaru dan studio pribadi, tapi juga sebagai host yang lebih percaya diri, tampil menarik, dan makin mampu membangun kepercayaan para pengguna.

Agustin menambahkan, “Begitu banyak hal positif yang aku rasakan setelah bergabung dengan Shopee Affiliates Program. Tapi tentu semua itu tidak datang secara instan, bahkan aku harus melewati tidak tidur dua hari satu malam karena harus live sendirian di momen kampanye tanggal kembar Shopee. Untungnya, semua kerja keras ini akhirnya berbuah manis, dan aku bisa menjadikan komisi dari Shopee Live dan Shopee Video sebagai sumber penghasilan utamaku. Dan semua ini bisa membawa aku untuk dapat membeli rumah bagi keluarga, membangun studio pribadi, mempekerjakan lebih dari 10 karyawan, hingga mewujudkan impian memberangkatkan orang tua ke Tanah Suci.”

Kunci utama dalam memilih dan merekomendasikan produk bagi Agustin terletak pada pemahaman terhadap tren, kualitas produk, dan kebutuhan audiens. Jika trend yang berkembang sedang fokus pada skincare, ia juga tetap menyematkan produk turunan seperti lip cream, bedak, dan lipstik yang relevan dengan tema live-nya untuk memberikan banyak pilihan kepada pengguna. Cara penyampaiannya pun dibuat menarik dan interaktif, mulai dari mencoba langsung di wajah hingga menunjukkan warna di tangan atau alat peraga agar penonton lebih yakin dan tertarik untuk membeli.

“Bersama Shopee, aku tidak hanya bisa mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan baru dan menjalin kerjasama dengan siapa pun. Ke depannya, aku akan terus mengolah strategi yang efektif sehingga aku bisa menjadi top creator di kategori Kecantikan dan bisa memiliki penonton yang loyal dan aktif di setiap sesi live. Aku juga ingin mengembangkan kanal media sosial lain untuk mendukung trafik ke Shopee Live dan Shopee Video dan menarik lebih banyak penonton,” tutup Agustin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Samsung Galaxy S25 Edge

Senin, 23 Juni 2025 - 08:04 WIB

Samsung Galaxy S25 Edge Resmi Hadir, Smartphone Tipis Berfitur Kamera 200MP dan Teknologi AI Tercanggih

Galaxy S25 Edge diluncurkan di Indonesia dengan desain 5,8mm super ramping, kamera 200MP, dan fitur Galaxy AI. Cocok untuk vlogger dan pembuat konten modern.

Menteri Sosial, Saifullah Yusuf dan Menteri Tenaga Kerja, Yassierli mengadakan rapat terkait pemanfaatan balai Kemenaker dan penyusunan kurikulum Sekolah Rakyat di kantor Kemenaker, Jakarta, Jumat (20/6/2025). foto: Biro Humas Kemensos/ Andi Mukhlis

Senin, 23 Juni 2025 - 08:02 WIB

Titik Sekolah Rakyat Ditambah, Kemensos-Kemenaker Kolaborasi Manfaatkan Balai Latihan Kerja

Jakarta – Penyelenggaraan Sekolah Rakyat pada tahun ajaran pertama 2025/2026 akan ditambah tidak hanya di 100 titik. Untuk mendukung hal ini, Kementerian Sosial (Kemensos) berkolaborasi dengan…

Hello Jakarta Fest Launching Rebranding Call Name dan Logo Baru PT BANK DKI

Senin, 23 Juni 2025 - 07:50 WIB

Keren! Umumkan Call Name Baru Bank DKI Jadi Bank Jakarta, Gubernur DKI Jakarta: Ini Langkah Strategis Transformasi Menuju Bank yang Kuat, Sehat dan Berkelanjutan

Jakarta— Dalam momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke-498 Kota Jakarta, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Pramono Anung, secara resmi mengumumkan perubahan call name Bank DKI menjadi Bank Jakarta,…

Bank Rakyat Indonesia Tbk saat memberikan hadiah ke Nasabah

Senin, 23 Juni 2025 - 07:36 WIB

Program Loyalty Poin Cashier 2025, BRI Bagikan Hadiah Mobil Listrik hingga Jam Tangan Pintar bagi Merchant

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat komitmennya dalam mendorong pertumbuhan transaksi non-tunai melalui kanal Electronic Data Capture (EDC) dengan menghadirkan program Loyalty…

Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung: Bank Jakarta Harus Profesional dan Siap IPO

Senin, 23 Juni 2025 - 07:27 WIB

Dunia Pasar Modal Menanti Bank DKI Melantai di Bursa, Gubernur Pramono: Kita Siapkan, Bank DKI Jakarta Harus Profesional dan Siap IPO

Jakarta– Saat acara peluncuran rebranding "call name" dan logo baru PT Bank DKI di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/6/2025), Gubernur DKI…