Mau Mencicipi Makanan Khas Kesultanan? ke Banten Saja Yuk!

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 08 Agustus 2017 - 18:25 WIB

Makanan Khas Banten
Makanan Khas Banten

INDUSTRY.co.id, Banten - Makanan khas Indonesia memang unik dan pastinya enak, dan tiap daerahnya pasti punya makanan khas yang beraneka ragam dan sensasi rasa yang berdeda. Bahkan, Kementerian Pariwisata menjadikan kuliner Indonesia sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan Indonesia pada dunia lewat berbagai kegiatan.

Salah satunya kuliner khas Banten, dikutip dari dispar.bantenprov, Selasa (8/8/2017), Banten memiliki berbagai macam budaya, alam, destinasi pariwisata serta kuliner yang menggugah selera. Salah satu kuliner Banten yang populer yakni sate bandeng, yang terbuat dari ikan bandeng yang telah dihancurkan dan durinya dihancurkan terlebih dahulu.

Setelah itu, daging ikan dicampur dengan kelapa parut dan rempah-rempah sehingga rasanya gurih, sedap dan pedas. Isimewanya, Sate bandeng biasanya disajikan pada acara-acara kesultanan. Meskipun kini sate bandeng telah menjadi salah satu oleh-oleh khas Banten yang digemari oleh banyak orang.

Selain Sate Bandeng, kuliner khas lainnya yakni Rabeg, semur daging asli Banten ini didominasi rasa manis dan gurih bawang. Namun, semakin digemarinya semur ini, banyak restoran atau warung makan di sekitar Banten yang menyajikan Rabeg. Bahannya daging kambing, jeroan kambing, daging sapi, iga, hingga daging bebek. Rabeg ini dibumbui oleh banyak rempah, seperti lengkuas, lada, kayu manis, dan jahe.

Menurut cerita, Rabeg adalah hidangan para Sultan Banten pada masanya, khususnya pada masa pemerintahan Sultan Hasanudin Banten.

Sudah puas menicicipi Rabeg, Anda bisa mencoba Pempek khas Banten, Eits.. Meski namanya sama dengan Pempek asal Palembang, tapi Banten juga memiliki Pempek Petot, singkatan dari Pempek Bontot.

Membedakan pempek Palembang dengan Pempek Banten ini adalah teksturnya yang sedikit lebih kenyal dari pempek biasa yang terbuat dari ikan tenggiri. Pempek Bontot diracik dengan bumbu yang terdiri dari cabai gerus, kecap, udang kering, asam dan gula. Tidak dimakan dengan cuko.

Kurang sekali jika tidak ada hidangan penutup, Anda bisa menikmati kue jojorong, atau kue pasung. Kue ini mempunyai bentuk kerucut lancip yang dibalut dengan daun pisang.

Dari bahan-bahannya, kue ini terbuat dari tepung beras, gula jawa, santan, dan tepung sagu. Gimana? ingin mencoba kuliner khas Banten ini kah?

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…

The Museum of Innocence Turki (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:00 WIB

Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Para Kutu Buku di Hari Buku Dunia

Buku dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang baru dan menarik, bahkan dunia yang sama sekali baru. Di Hari Buku Dunia (World Book Day, 23 Maret 2019) kali ini, Agoda akan membawa Anda dalam…

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Sabtu, 20 April 2019 - 18:40 WIB

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Huawei Indonesia mendorong pengguna memandang dengan lebih luas melalui smartphone mereka lewat HUAWEI Next Image Masterclass

Direktur Kesehatan Hewan, Fadjar Sumping Tjatur Rasa bertemu produsen obat hewan

Sabtu, 20 April 2019 - 18:24 WIB

Dorong ekspor, Kementan ajak produsen tingkatkan kualitas obat hewan Indonesia

Jakarta - Kementerian Pertanian mengajak seluruh Produsen Obat Hewan Indonesia untuk terus memperluas akses pasar melalui peningkatan kualitas obat hewan dengan penerapan Cara Pembuatan Obat…