Penjualan dan Laba Bersih CLEO Kompak Naik Dua Digit di Q3-2024
Oleh : Candra Mata | Sabtu, 02 November 2024 - 12:16 WIB

(Foto: Ilustrasi) PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group) emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) bagian dari Tanobel Group dengan IDX ticker code: CLEO:IJ.
INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group) emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) bagian dari Tanobel Group dengan IDX ticker code: CLEO:IJ, sukses membukukan pertumbuhan dua digit baik untuk penjualan maupun laba bersih pada kuartal ketiga 2024.
Pada periode ini, CLEO mencatatkan laba bersih konsolidasian sebesar Rp336,49 miliar, melejit hingga 61% YoY. Pertumbuhan perolehan laba bersih yang signifikan tersebut didukung oleh penjualan Perseroan yang tumbuh lebih tinggi daripada peningkatan beban pokok penjualan.
Segmen air minum dalam kemasan botol masih menjadi kontributor utama pendapatan dan laba Perusahaan, dengan raihan penjualan sebesar Rp1,08 triliun, berkontribusi sebesar 54% dari seluruh pendapatan CLEO. Ada pun penjualan segmen air minum non botol tercatat sebesar Rp861,98 miliar, atau 44% dari total pendapatan Perseroan. Sementara penjualan dari produkproduk lain tercatat sebesar Rp34,99 miliar, atau 2% dari total pendapatan.
Penjualan CLEO pada kuartal ketiga ini tercatat sebesar Rp1,98 triliun, tumbuh 32% dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun 2023 yang sebesar Rp1,50 triliun. Sementara beban pokok tercatat sebesar Rp819,47 miliar, meningkat 22% dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp669,91 miliar.
“Keberhasilan secara terus menerus mencatatkan pertumbuhan positif yang signifikan ini bisa dicapai, karena CLEO secara konsisten melakukan ekspansi baik jaringan pemasaran maupun pabrik di seluruh Indonesia.
Dan kami berkomitmen penuh untuk terus mengupayakan pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan ini," kata Melisa Patricia, CEO dari CLEO.
Hingga saat ini, CLEO memiliki 31 pabrik yang sudah beroperasi dengan lokasi tersebar di berbagai wilayah di Tanah Air. Lokasi pabrik yang terpencar di berbagai daerah tersebut merupakan bagian dari strategi Perseroan untuk mendekatkan lokasi produksi ke tempat konsumen. Mengingat karakter air minum yang berat dan memakan tempat, keberadaan lokasi produksi yang lebih dekat dengan tempat konsumen akan mengurangi biaya transportasi dan distribusi secara signifikan.
Selain kelebihan berupa pabrik yang tersebar di berbagai wilayah, CLEO juga memiliki kelebihan berupa dukungan dari sekitar 380 jaringan distribusi internal, serta sekitar 7.000 partner distribusi. Untuk menjaga keberlanjutan pertumbuhan pendapatan, sampai dengan September tahun ini Perseroan telah merealisasikan dana belanja modal (Capex) sebesar Rp514 miliar.
Dana tersebut dialokasikan untuk kegiatan penambahan pabrik baru, pengembangan pabrik yang sudah ada, penambahan mesin untuk meningkatkan kapasitas produksi dan otomasi, serta perluasan jaringan distribusi. Dengan dana tersebut, tahun ini CLEO sedang membangun pabrik baru di Palu, Pontianak, Pekanbaru, dan pabrik Palembang yang hanya tinggal menunggu izin operasional.
“Dan jangan lupa, pertumbuhan kinerja yang berkesinambungan tersebut tidak akan bisa diraih kalau tidak ada kepercayaan yang kuat dari konsumen terhadap kualitas produk-produk CLEO. Oleh karena itu, sedari awal pendirian Perusahaan, kami telah memilih untuk menyediakan produk air murni yang diproses menggunakan nano filter berteknologi tinggi.
Sementara di sisi kemasan, Perseroan sudah selalu menggunakan kemasan bebas BPA (Bisfenol A). Oleh karenanya, kami bisa menjamin bahwa produk CLEO aman dan sehat untuk dikonsumsi. Bahkan komitmen CLEO terhadap lingkungan yang lestari dan berkelanjutan juga sudah mendapatkan pengakuan, antara lain berupa sertifikasi ecolabel dan sertifikasi industri hijau untuk pabrik CLEO di Pandaan Jawa Timur," tutup Melisa Patricia.
Baca Juga
LOTTE Resmikan Pabrik Canggih di Cikarang, Perluas Produksi CHOCO…
WINGS Food Luncurkan Mie Sukses’s Isi 2 Rasa Mie Goreng Aceh: Porsi…
Rayakan World Chocolate Day, SOYJOY Almond Chocolate Ajak Pekerja…
AQUVIVA dan Plasticpay Hadirkan Mesin Penukaran Botol Plastik Pertama…
Viral di Industri Susu! Ajang Global Dairy Congress ke-18, Lezatnya…
Industri Hari Ini

Selasa, 15 Juli 2025 - 19:39 WIB
Gelar Media Gathering, Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 Soroti Keberhasilan Program Bullion Emas di Indonesia
PT Pegadaian Kantor Wilayah VIII Jakarta 1 menggelar acara media gathering yang berlangsung hangat dan penuh makna bersama sejumlah jurnalis dari berbagai media massa. Acara ini dipimpin langsung…

Selasa, 15 Juli 2025 - 18:36 WIB
BSI dan UI Sinergi Literasikan Sistem Keuangan Syariah ke Mahasiswa Melbourne University
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menjadi salah satu tujuan kunjungan pendidikan para mahasiswa Melbourne University yang tengah melakukan studi banding ilmu ekonomi bekerjasama dengan Universitas…

Selasa, 15 Juli 2025 - 17:14 WIB
Kursi Pijat Ogawa Deteksi Tingkat Stres
Stress dan kesehatan mental menjadi hal yang sangat penting untuk dikelola dan diperhatikan di era modern saat ini. Bagi masyarakat kota metropolitan dengan rutinitas kesibukan yang sangat dinamis,…

Selasa, 15 Juli 2025 - 17:03 WIB
GIV Nobatkan Pemenang Miss Kulit Glowing di Ajang Miss Indonesia 2025
GIV, merek perawatan kulit perempuan Indonesia dari WINGS Group, menjadi sorotan di tengah ajang Miss Indonesia 2025 setelah mempersembahkan gelar Miss Kulit Glowing kepada Zefanya Sharon…

Selasa, 15 Juli 2025 - 16:52 WIB
JLL Perkuat Operasional Fasilitas Bali International Hospital Lewat Layanan Manajemen Terintegrasi
JLL (Jones Lang LaSalle) dipercaya sebagai mitra pengelola properti dan fasilitas oleh Bali International Hospital (BIH), rumah sakit berstandar internasional yang merupakan bagian dari PT…
Komentar Berita