Daftar Kegiatan Penting Dieng Culture Festival 2017

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 05 Agustus 2017 - 10:20 WIB

Dieng Culture Festival 2017 (Foto Ist)
Dieng Culture Festival 2017 (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Banjarnegara- Rangkaian acara inti Festival Budaya Dieng atau Dieng Culture Festival (DCF) 2017 akan berlangsung pada 4-6 Agustus 2017 dengan sebagian besar daftar kegiatan penting akan dilangsungkan di kompleks Candi Arjuna, Banjarnegara.

"Banyak sekali acaranya sampai ibarat ada festival dalam festival," kata Ketua Panitia DCF 2017 Alif Fauzi di Dieng Kulon, Banjarnegara, Kamis (3/8/2017)

Tanpa berniat mengesampingkan acara lainnya, Alif Fauzi mengatakan terdapat kegiatan yang menjadi andalan DCF guna menyedot peminat. Salah satu di antaranya penampilan musik jazz di area Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng yang memiliki ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut (dpl) pada Jumat (4/8/2017) malam.

Menurut dia, penampilan musik bertagar #jazzatasawan itu menawarkan sensasi menonton musik jazz di alam terbuka dengan suhu 4-lima derajat Celcius bahkan dapat mencapai nol Celcius menilik pada Aempatustus suhu di Dataran Tinggi Dieng tergolong sangat dingin sampai dapat membekukan air menjadi es.

Bagi penonton yang memiliki tiket khusus dapat menikmati performa jazz sambil ditemani alat penghangat anglo sembari membakar jagung ataupun entang yang telah disediakan.

Terkait artis yang tampil, Alif mengatakan pihaknya sengaja tidak mempublikasinya untuk memberi kejutan kepada pengunjung DCF.

Di hari Sabtu (5/8) dini ari, lanjut dia, terdapat acara wisata matahari terbit di beberapa puncak yang terkenal di Dataran Tinggi Dieng seperti di puncak Sikunir, Pangonan dan Sekuter. Dalam rangkaian acara ini ditawarkan sensasi dan pengalaman yang khas melihat matahari terbit di berbagai puncak di Dieng.

Pada siang harinya, panitia DCF mengagendakan Festival Caping Gunung yang menawarkan pengalaman tersendiri bagi pengunjung yang memiliki tiket khusus.

Caping sendiri merupakan jenis topi khas terbuat dari anyaman bambu yang biasa dipakai para petani tradisional di bayak tempat di Nusantara. Penggunaan penutup kepala spesifik itu biasa digunakan untuk menghindarkan kepala penggunanya dari sengatan terik matahari.

Dari Festival Caping Gunung itu pengunjung bertiket khusus akan mendapatkan satu buah caping dan kuas. Sementara panitia akan menyediakan cat warna-warni untuk dipakai pengunjung mewarnai caping tersebut. Motif pewarnaan akan dinilai panitia dan mendapatkan penghargaan khusus.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

QRIM Express (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:00 WIB

QRIM Express-GrabExpress untuk Layanan First Mile & Last Mile

Perusahaan jasa pengiriman yang tumbuh pesat Qrim Express, sebelumnya bernama Red Carpet Logistics (RCL), telah mencapai kesepakatan dengan layanan pengiriman paket on-demand milik Grab, GrabExpress,…

Aldila Warganda SH (kiri) dan Rheno Halomoan Setjo SH yang menjadi penjamin kepulangan Ratih (kerudung). TKW yang dua tahun terlantar di Dubai.

Selasa, 21 Mei 2019 - 09:27 WIB

Alasan Kemanusiaan, Aldila Warganda SH Jadi Penjamin Kepulangan TKW Ratih Dari Dubai

Aldila Warganda SH dari Kantor Pengacara Satria Tarigan & Aldila Warganda Legal Consultan menjadi penjamin kepulangan seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) bernama Ratih yang sudah dua tahun terlunta…

Kegiatan transaksi di kantor BRI Syariah

Selasa, 21 Mei 2019 - 08:51 WIB

BRI Syariah dan Paytren Kembangkan Sistem Skema Onboarding Account

Jakarta --- Menindaklanjuti nota kesepahaman antara BRIsyariah dan Paytren perihal Pemanfaatan Jasa Perbankan Syariah yang telah ditandatangani pada tanggal 26 April 2019 dalam acara Indonesia…

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (twitter.com/budikaryas)

Selasa, 21 Mei 2019 - 08:33 WIB

Menhub Prediksi Jumlah Pemudik Tahun Ini Naik Jadi 23 Juta Orang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi jumlah pemudik pada tahun 2019 akan meningkat mencapai 23 juta orang pemudik. Tren kenaikan sebanyak 6 persen dari tahun 2018 ini mengikuti…

Direktur Utama BNI Syariah saat memberikan santunan ke anak Yatim

Selasa, 21 Mei 2019 - 08:13 WIB

BNI Syariah Salurkan Bantuan Rp 1,4 Miliar

Jakarta - Serentak di 76 titik di Indonesia, BNI Syariah menggelar kegiatan sosial bertajuk 'Kisah Cinta Hasanah' bekerjasama dengan Yayasan Hasanah Titik (YHT). Acara ini dalam rangka Milad…