Lazada dan Berkat Jadikan Mitra Kurir Sebagai Agen Perubahan

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 18 Juli 2024 - 23:21 WIB

Mitra kurir Lazada diberdayakan untuk menjadi pengantar edukasi kepada konsumen.
Mitra kurir Lazada diberdayakan untuk menjadi pengantar edukasi kepada konsumen.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Fokus pemerintah pada pembangunan manusia menuju Indonesia Emas 2045, sejalan dengan komitmen Lazada Indonesia (Lazada) untuk menumbuhkan ekonomi digital dan peningkatan literasi ekonomi digital.

Komitmen Lazada ini dilakukan dengan berbagai kolaborasi mitra strategis, termasuk diantaranya melalui kerja sama dengan perusahaan logistik CV Berkat Langgeng Abadi (Berkat).

Dengan pengetahuan dan keahlian lokal dari Berkat, Lazada menjadikan masyarakat yang tinggal di area terpencil di Tangerang, Banten, serta Jawa Barat dan sekitarnya memiliki akses pasar yang sama dengan mereka yang tinggal di perkotaan demi menumbuhkan ekonomi digital. 

Kolaborasi Lazada dengan Berkat yang terjalin sejak tahun 2022 ini terjadi di saat Lazada mengalami peningkatan jumlah pelanggan dan membutuhkan dukungan mitra untuk menjaga kualitas layanan yang prima.

Tak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi digital, kolaborasi ini juga berkomitmen untuk meningkatkan literasi ekonomi digital masyarakat. Upaya ini dilakukan dengan pengembangan kapasitas mitra kurir sebagai agen perubahan literasi ekonomi digital. 

Lazada dan Berkat menyadari mitra kurir juga tak hanya berperan penting sebagai garda depan operasional pengantaran paket, namun juga mampu berperan sebagai agen perubahan yang ‘mengantarkan’ pesan-pesan literasi ekonomi digital kepada konsumen dan masyarakat.

“Telah menjadi komitmen kami untuk terus mengembangkan talenta atau SDM yang ada di ekosistem kami dan mengajak mereka untuk turut berkontribusi menumbuhkan ekosistem ekonomi digital," kata kata Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata.
 
Infrastruktur dan teknologi canggih yang ada di Lazada memungkinkan untuk terus mengembangkan berbagai program pemberdayaan talenta. 

"Meski demikian, kolaborasi dengan berbagai mitra strategis juga menjadi kunci penting untuk memastikan upaya kolektif ini memberikan hasil yang optimal,” kata Stefan Winata.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia terus berupaya menumbuhkan tingkat literasi digital masyarakat Indonesia, yang saat ini berada di angka 3,54 dari 5,00 atau tingkat sedang. 

Berbagai tantangan masih harus dihadapi dalam upaya peningkatan literasi digital ini, termasuk akses infrastruktur digital yang belum merata.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Reni Yanita.

Senin, 24 Maret 2025 - 06:00 WIB

Kemenperin Perkuat Branding IKM Kosmetik dan Obat Tradisional Lokal

Industri kosmetik dan obat tradisional di Indonesia semakin menunjukkan pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Potensi industri kosmetik dan obat tradisional lokal memiliki ciri…

Petambak ikan model Drum binaan BRI

Senin, 24 Maret 2025 - 05:53 WIB

Terdepan Dukung UMKM, BRI Raih Penghargaan Internasional Best SME Bank in Indonesia

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menegaskan posisinya sebagai pemimpin dalam layanan perbankan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Terbaru, perseroan…

STAR4Hire Luncurkan DreamLeap Program, Solusi Terobosan Karier Global Menuju Amerika Serikat dan Negara Maju

Senin, 24 Maret 2025 - 05:44 WIB

STAR4Hire Luncurkan DreamLeap Program, Solusi Terobosan Karier Global Menuju Amerika Serikat dan Negara Maju

Jakarta– STAR4Hire, ekosistem percepatan karier global yang berbasis di Indonesia, secara resmi meluncurkan DreamLeap Program, sebuah terobosan strategis dalam dunia pendidikan dan penempatan…

Pegawai BNI

Minggu, 23 Maret 2025 - 21:55 WIB

Operasional Terbatas BNI di Libur Nyepi dan Hari Raya Idul Fitri 2025

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menerapkan layanan operasional terbatas pada libur Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1947 dan Idul Fitri 1446 Hijriyah.

Katria Arintya Anindyantari - Head of Marketing Noodle Category WINGS Group Indonesia bersama The Changcuters, Brand Ambassador Mie Sedaap.

Minggu, 23 Maret 2025 - 21:00 WIB

Mie Sedaap Rayakan Kebersamaan Ramadan dengan Buka Bareng The Changcuters

BuBaRan - Buka Bareng Ramadan bersama Mie Sedaap & The Changcuters menghadirkan pengalaman penuh makna melalui hiburan, kuliner, dan kebersamaan bagi audiensnya.