Kerja Sama PT Sang Hyang Seri dan Bulog, Tingkatkan Produktivitas Pertanian dan Serapan Gabah Petani

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 10 Juli 2024 - 20:04 WIB

Kerja Sama PT Sang Hyang Seri dan Bulog, Tingkatkan Produktivitas Pertanian dan Serapan Gabah Petani
Kerja Sama PT Sang Hyang Seri dan Bulog, Tingkatkan Produktivitas Pertanian dan Serapan Gabah Petani

INDUSTRY.co.id, Jakarta–Pemerintah terus mendorong kerja sama strategis antar pelaku industri pertanian dalam rangka membangun ekosistem pertanian nasional dan meningkatkan kesejahteraan petani. Salah satu kerja sama pertanian yang saat ini tengah diperkuat adalah sinergitas BUMN Pangan, diantaranya antara PT Sang Hyang Seri sebagai anggota Holding BUMN Pangan ID FOOD dan Perum Bulog.

Direktur Utama PT Sang Hyang Seri Adhi Cahyono Nugroho mengatakan, kerja sama strategis antar kedua perusahaan tersebut telah disepakati dan ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU). Pihaknya meyakini, kerja sama antar dua perusahaan yang bergerak di sektor pertanian hulu-hilir tersebut akan mampu membantu pemerintah dalam upaya peningkatan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani.

"Kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam upaya kami untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Kami percaya bahwa dengan kolaborasi yang erat BUMN Pangan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesejahteraan petani dan masyarakat luas," ujar Adhi, Rabu, (10/7/2024), di Jakarta.

Ruang lingkup kerja sama meliputi 4 (empat) fokus, yang pertama terkait peningkatan produktivitas hasil panen. “Melalui kegiatan budidaya yang lebih intensif dan berbasis teknologi, PT Sang Hyang Seri dan Bulog berkomitmen untuk meningkatkan hasil panen para petani. Inisiatif ini guna memberikan dampak positif terhadap ketahanan pangan nasional,” jelasnya.

Kedua, penyediaan sarana produksi bagi petani. Dalam kegiatan ini PT Sang Hyang Seri akan menyediakan berbagai sarana produksi seperti benih unggul, pupuk, dan pestisida yang berkualitas untuk mendukung kegiatan budidaya para petani.

“Langkah ini diambil untuk memastikan para petani memiliki akses ke sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan hasil pertanian mereka,” tutur Adhi.

Kemudian yang ketiga, tambahnya, akan dilakukan pendampingan budidaya, di mana PT Sang Hyang Seri dan Bulog bekerja sama dalam memberikan pendampingan teknis kepada petani. “Pendampingan ini mencakup pelatihan dan konsultasi mengenai teknik budidaya yang efektif dan efisien, guna mengoptimalkan produktivitas pertanian,” terangnya.

Untuk ruang lingkup yang keempat, melingkupi pelaksanaan kegiatan offtake hasil panen. “Kerja sama ini bertujuan mengamankan seluruh tahapan rantai pasok pertanian sehingga di hilir Bulog akan memastikan adanya penyerapan hasil panen petani dengan harga yang wajar dan kompetitif. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepastian pasar bagi petani dan mendorong peningkatan produksi pertanian,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurti mengatakan, dengan menggandeng PT Sang Hyang Seri dapat memberikan banyak manfaat khususnya dalam peningkatan ketahanan pangan melalui serap gabah nasional. "Kemitraan ini akan memberikan banyak manfaat bagi petani Indonesia. Dengan dukungan dari PT Sang Hyang Seri, kami optimis dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian, serta memastikan penyerapan hasil panen yang adil dan merata,” ujarnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:12 WIB

Bantah Pernyataan Ekonom Senior, Menperin Agus Beberkan Data Kinerja Gemilang Industri Manufaktur RI

Industri manufaktur Indonesia masih menunjukkan geliat yang positif di tengah dinamika ekonomi global yang masih belum stabil. Hal ini tercemin dari capaian ekspansi dari Indeks Kepercayaan…

Har Har Chicken!

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:03 WIB

Har Har Chicken! Raih Pendanaan Yang Dipimpin Oleh East Ventures

Har Har Chicken!, kios makanan takeaway dengan spesialisasi menu yang berfokus pada har cheong gai atau ayam goreng terasi, meraih pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures, perusahaan venture…

CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:31 WIB

Dukung Akses Sanitasi Aman Bagi Masyarakat, CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 menunjukkan bahwa hanya sekitar 7 juta rumah tangga di Indonesia memiliki akses ke sanitasi yang aman, sementara 11 juta orang masih melakukan praktik buang…

Sri Wahyuni Sekretaris Daerah Prov Kaltim

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:16 WIB

Upacara 17 Agustus Perdana di IKN, Akan Torehkan Sejarah Bagi Kalimantan Timur

Penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi bagian sejarah bagi masyarakat Kalimantan Timur.…

Ekspor Perusahaan Cerutu Jember

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:02 WIB

Hebat! Perusahaan Cerutu Asal Jember Ini Sukses Perluas Pasarnya ke Thailand

Lewat Ekspor, Perusahaan Cerutu Asal Jember Perluas Pasarnya ke Thailand Bea Cukai Jember layani ekspor ratusan cerutu milik CV Dwipa Nusantara Tobacco (DNT) ke pasar Thailand pada Senin (15/07).…