Alifiah Azzahrah Raih Penghargaan 'Designer of The Year' di Ajang AYDA International Awards 2023/24

Oleh : Hariyanto | Rabu, 10 Juli 2024 - 12:25 WIB

Alifiah Azzahrah Raih Penghargaan 'Designer of The Year' di Ajang AYDA International Awards 2023/24
Alifiah Azzahrah Raih Penghargaan 'Designer of The Year' di Ajang AYDA International Awards 2023/24

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Alifiah Azzahrah, Mahasiswa Jurusan Desain Interior, Fakultas Industri Kreatif (FIK) Telkom University Bandung meraih penghargaan “Designer of The Year” dalam kategori Desain Interior di ajang AYDA International Awards 2023/24 yang berlangsung pada 3-5 Juli 2024 di ITC Grand Chola, Chennai, India.

Dalam kompetisi AYDA International Awards 2023/24, Indonesia diwakili oleh para pemenang Gold Winner di ajang AYDA Awards Indonesia 2023/24, yakni Alifiah Azzahrah dari Telkom University dengan karya PAYABO HOUSE: SCAVENGER HOUSE untuk kategori Desain Interior dan Kelvin dari Universitas Sumatera Utara membawa karya UNCHAIN untuk kategori Arsitektur. 

AYDA International Awards 2023/24 merupakan ajang penghargaan yang mempertemukan para pemenang nasional dari 19 negara yang memperebutkan gelar desainer terbaik. Adapun negara-negara tersebut adalah Indonesia, Hongkong, China,  Taiwan,  Malaysia, Iran, Vietnam, Singapura, Pakistan, New Zealand,  Jepang, Thailand, Bangladesh, China, India, Filipina,  Australia, Sri Lanka, dan Turki. 

Para dewan juri AYDA International Awards 2023/24 menyatakan bahwa Alfifah Azzahrah dari Indonesia menyabet gelar “Designer of the Year” untuk kategori Desain Interior. Sementara itu, Lim Jeng Ying dri Malaysia meraih gelar “Designer of the Year: untuk kategori Arsitektur. Kedua pemenang utama ini mendapatkan beasiswa senilai USD 10.000 selama tiga minggu di Harvard Graduate School of Design di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

“Kami sangat bangga atas keberhasilan Alifiah Azzahrah mengharumkan nama Indonesia sebagai peraih “Designer of the Year” di ajang AYDA International Awards 2023/24. Kompetisi ini menjadi ruang bagi talenta-talenta muda Indonesia di bidang Desain Interior dan Arsitektur untuk mengembangkan bakat dan mengasah kemampuannya dalam mengangkat kearifan lokal yang bernilai guna bagi masyarakat luas. Selain itu, mereka dapat bersaing di tingkat global dan mendapat wawasan baru mengenai tren terkini,” ungkap Linda Kam, Sr. Marketing Manager Nippon Paint Indonesia, Rabu (10/7/2024). 

Linda menambahkan, kemenangan Alifiah Azzahrah merupakan ketiga kalinya Indonesia meraih penghargaan utama sebagai “Designer of the Year” di kategori Desain Interior pada ajang AYDA International Awards. Pada tahun 2020, Greta Elsa Nurtjahja meraih “Designer of The Year” dengan karya “Rumah Kopi – A Communal House of Coffee” dan Arya Putra dari Institut Teknologi Bandung sebagai “Designer of The Year” dengan karya “Silih HUB" pada tahun 2023. 

AYDA Awards yang digagas oleh Nippon Paint sejak tahun 2008 ini, kini telah berkembang menjadi salah satu penghargaan bergengsi di industri arsitektur dan desain interior dan telah menerima lebih dari 59.000 karya dari 1.200 institusi pendidikan tinggi di 19 negara dan wilayah. 

AYDA Awards 2023/24 mengangkat tema “Converge: Championing Purposeful Designs”. Dalam hal ini, desainer muda ditantang mengeksplorasi desain dengan tujuan untuk membangun tumpuan harapan bagi komunitas sekaligus memperhatikan sisi kemanusiaan. Terdapat 6000 karya dari 19 negara dan wilayah yang turut berkompetisi dalam ajang ini. 

"Sebagai seorang desainer, saya percaya akan kekuatan transformatif dari desain yang memiliki tujuan untuk membentuk masa depan yang lebih baik. Saya sangat senang bahwa proyek saya ‘Payabo House: Scavenger House’, terpilih sebagai proyek pemenang dan saya dapat membantu mengatasi permasalahan kehidupan pemulung di Somba Opu, Sulawesi Selatan. Saya ingin berterima kasih kepada AYDA atas kesempatan ini yang memungkinkan mahasiswa seperti saya untuk berpartisipasi di tingkat global.” kata Alifiah Azzahrah. 

Alifiah menjelaskan bahwa desain ‘Payabo House: Scavenger House’ ini memperkenalkan proses dimana pemulung dapat mengubah plastik menjadi cacahan plastik, yang memiliki nilai dua kali lipat. Dengan menggunakan mesin pencacah sederhana, inisiatif ini tidak hanya meningkatkan pendapatan mereka namun juga meningkatkan kondisi kerja mereka. Payabo House menggunakan lebih dari 1000 botol plastik daur ulang sebagai partisi, papan tulis, dan kursi, sehingga mengurangi biaya pembangunan dan menciptakan identitas yang berbeda untuk ruangan tersebut.

Eduardus Ary Witjaksono, Design Director Airmas Asri, salah satu juri AYDA Indonesia mengatakan, komitmen Nippon Paint dalam membina para perancang muda sangat patut dipuji, karena tidak hanya mengakui keunggulan namun juga berinvestasi pada masa depan desain yang memiliki tujuan. "Saya telah menjadi juri AYDA selama beberapa tahun dan saya sangat bangga melihat kualitas karya yang masuk setiap tahunnya yang terus berkembang seiring dengan kemajuan industri dan teknologi." ujarnya. 

”Kami sangat senang menyaksikan bakat dan inovasi yang luar biasa yang dipamerkan oleh para peserta di AYDA Awards tahun ini. Kompetisi ini memberikan ruang bagi bakat-bakat baru untuk bersinar dan berkembang,” ujar Eduardus Ary Witjaksono.

Selain penganugerahan penghargaan utama “Designer of the Year”, AYDA juga memberikan penghargaan untuk pencapaian luar biasa untuk kedua kategori, yakni:

Kategori Arsitektur:

1.      Best Design Impact Awards - Amirmasoud Aghajanizadeh, Iran

2.      Best Sustainable Design Awards - Danh Minh An, Vietnam

3.      Nippon Paint Colour Award - Nilrandha Fonseka, Sri Lanka

 

Kategori Desain Interior: 

1.      Best Design Impact Awards - Jesslyn Tew, Malaysia

2.      Best Sustainable Design Award - Lim Gia Zhun, Singapore

3.      Nippon Paint Colour Award - Panisa Wongchaom (Porpla), Thailand

4.      Judges Choice Award - Truong Thanh Qui, Vietnam

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran pre-booking Chery TIGGO 8

Rabu, 17 Juli 2024 - 20:35 WIB

Chery Umumkan Harga TIGGO 8, Dibanderol Rp400 Juta Selama GIIAS 2024

PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi mengumumkan harga pre-booking SUV premium 7-seaters, TIGGO 8 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Selama GIIAS 2024, konsumen…

Peluncuran eCanter di ajang GIIAS 2024 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:45 WIB

Mitsubishi Fuso Luncurkan eCanter di Ajang GIIAS 2024, Sematkan Segudang Fitur Mutakhir

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) secara resmi meluncurkan truk listrik, eCanter di pasar Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Indonesia menjadi…

(ki-ka) Dida Gardera Deputi II Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Perekonomian, Nasrullah Dirjen PKH Kementerian Pertanian, Budi Sulistyo Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Arya Seta Managing Director PT Napindo Media Ashatama secara resmi membuka penyelenggaraan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed ke-17, Indo Fisheries ke-14, Indo Dairy ke-15, Indo Agrotech ke-3, dan Indo Vet ke-4 di JCC Senayan

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:07 WIB

Indo Livestock dan Indo Fisheries 2024 Expo dan Forum Resmi Dibuka

PT Napindo Media Ashatama (Napindo) dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed ke-17, Indo Fisheries ke-14, Indo Dairy ke-15, Indo…

CEO NeutraDC, Andreuw Th.A.F (kedua dari kiri) saat menjadi panelis dalam perhelatan forum internasional, Batam Interconnect World 2024 yang digelar di Marriot Batam Harbour Bay

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:54 WIB

NeutraDC Ungkap Potensi Ekonomi Digital Batam di Forum Internasional SIJORI

Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan, NeutraDC sebagai anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) serta NeutraDC-Nxera Batam turut berpartisipasi aktif…

Direktur Group Business Development Telkom Indonesia, Honesti Basyir (ketiga dari kiri) dan Direktur Utama Finnet, Rakhmad Tunggal Afifuddin (ketiga dari kanan, topi hitam) saat melakukan pelepasan tukik di pantai Nusa Dua, Bali beberapa waktu lalu

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:47 WIB

Finnet Perkuat Komitmen ESG Lewat Pelepasan Tukik di Pantai Nusa Dua Bali

Sebagai langkah konkret memperkuat komitmen terhadap praktik Environmental, Social, and Governance (ESG), Group Business Development (GBD) Telkom Indonesia bersama anak perusahan, Finnet, melepas…