2024, Duta Pertiwi Nusantara Optimis Industri Plywood Membaik

Oleh : Wiyanto | Jumat, 21 Juni 2024 - 05:50 WIB

Plang Duta Pertiwi Nusantara Tbk
Plang Duta Pertiwi Nusantara Tbk

INDUSTRY.co.id-Jakarta - PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk. (DPN) mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp 116,20 miliar di sepanjang tahun 2023. Dari jumlah ini, Perseroan menilai, kinerja Perusahaan secara umum mencatatkan hasil yang positif meskipun belum mencapai nilai target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Siang Hadi Widjaja selaku Direktur Utama PT DPN mengatakan, Pencapaian di tahun 2023 menjadi bukti atas komitmen Perusahaan dalam upaya menerapkan pengelolaan bisnis yang baik melalui efisiensi biaya, peningkatan produktivitas, pemberian pelayanan terbaik kepada para konsumen dan kehati-hatian dalam mengelola keuangan.

Perseroan menilai, dalam kondisi dan situasi yang diwarnai dengan berbagai tantangan, Perseroan telah melakukan berbagai upaya dan strategi untuk mendorong dan memperkuat kapasitas internal agar mampu bertahan dan melewati sat persatu tantangan yang ada di depan mata.

Namun, tantangan terberat yang dihadapi oleh Perseroan ditahun 2023 adalah berkurangnya jumlah permintaan produk oleh konsumen yang bergerak di industri plywood sehingga menyebabkan penurunan penjualan produk glue (perekat) dan berimbas pada laba yang dihasilkan.

Meskipun menghadapi tekanan akibat berbagai kondisi eksternal pada tahun 2023, Perusahaan berhasil melewatinya dengan cukup baik dan mash mencetak laba.

Adapun Laba bersih Perusahaan tahun berjalan tercatat sebesar Rp 16,07 miliar atau turun sebesar 39,18% dari yang sebelumnya sebesar Rp 27,42 miliar. Di dalam kondisi yang penuh tantangan tersebut, Perusahaan berupaya melakukan efisiensi biaya dan penggunaan biaya yang tepat sasaran sehingga mash bisa mencatatkan laba yang cukup baik.

Tahun 2024 diproyeksikan mash akan diwarnai dengan berbagai tantangan, baik secara global maupun nasional. Kendati demikian, Perseroan tetap berpandangan optimis dan berharap supaya keadaan industry plywood akan segera membaik, terkhusus ditengah proses pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlangsung dan berpotensi memerlukan banyak produk perkayuan termasuk plywood.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran eCanter di ajang GIIAS 2024 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:45 WIB

Mitsubishi Fuso Luncurkan eCanter di Ajang GIIAS 2024, Sematkan Segudang Fitur Mutakhir

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) secara resmi meluncurkan truk listrik, eCanter di pasar Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Indonesia menjadi…

(ki-ka) Dida Gardera Deputi II Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Perekonomian, Nasrullah Dirjen PKH Kementerian Pertanian, Budi Sulistyo Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Arya Seta Managing Director PT Napindo Media Ashatama secara resmi membuka penyelenggaraan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed ke-17, Indo Fisheries ke-14, Indo Dairy ke-15, Indo Agrotech ke-3, dan Indo Vet ke-4 di JCC Senayan

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:07 WIB

Indo Livestock dan Indo Fisheries 2024 Expo dan Forum Resmi Dibuka

PT Napindo Media Ashatama (Napindo) dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed ke-17, Indo Fisheries ke-14, Indo Dairy ke-15, Indo…

LLumar

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:48 WIB

Sponsori GIIAS 2024, JKIND Kenalkan Produk Unggulan Terbaru Bagi Pencinta Otomotif Tanah Air

PT Jaya Kreasi Indonesia (JKIND), penyedia kaca film dan paint protection film (PPF) terkemuka yang berpengalaman lebih dari 40 tahun dan memiliki lebih dari 100 jaringan authorized dealer di…

Sennheiser Group

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:45 WIB

Sennheiser Group Kembali Melihat Tahun Fiskal 2023 Yang Sukses

Sennheiser Group menghasilkan pendapatan sebesar 527,2 juta euro dengan solusi audio profesionalnya pada tahun fiskal 2023. Pendapatan ini melampaui hasil tahun sebelumnya dengan pertumbuhan…

Sestama Perpusnas Joko Santoso dan Bupati Malaka Simon Nahak, meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:40 WIB

Perpusnas Resmikan Gedung Perpustakaan Daerah di Kabupaten Malaka

Gedung perpustakaan Daerah yang diresmikan Sestama Perpusnas dan Bupati Simon Nahak terletak di titik nol Kabupaten Malaka. Sebelumnya, di lokasi tersebut merupakan kantor kecamatan.