Semen Indonesia-Semen Gresik Lakukan Kerja Sama Operasi Untuk Perkuat Pasar

Oleh : Hariyanto | Selasa, 20 Desember 2016 - 15:25 WIB

Semen Gresik Indonesia
Semen Gresik Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan PT Semen Gresik melakukan kerja sama operasi (KSO) dalam rangka operasi bersama pabrik semen serta fasilitas pendukung persemenan.

Direktur Utama Rizkan Chandra menuturkan, transaksi KSO dilakukan sebab perseroan kian meningkatkan urgensi transformasi korporasi, seperti fokus pada industri persemenan di Asia Tengara, perkembangan pasar semen domestik yang lebih kompetitif, munculnya pemain pasar semen yang mendorong kompetisi harga dan margin yang ketat, serta kebutuhan pengembangan perusahaan.

"KSO juga dilakukan menyusul perjalanan korporasi mulai dari operating company, operating holding, functional holding, hingga menjadi strategic holding," kata Rizkan melalui keterbukaan informasi BEI, Selasa (20/12).

Langkah korporasi ini juga diwujudkan sesuai dengan peraturan Menteri BUMN No. PER-13-MBU-2014 tentang Pedoman Pendayagunaan Aset Tetap BUMN yang mengatur KSO sebagai salah satu bentuk pendayagunaan aset tetap BUMN.

"Objek transaksi KSO ini mencakup kontribusi dari Semen Indonesia dan Semen Gresik. Kontribusi tersebut bukan merupakan pengalihan kepemilikan atas aset, melainkan pengalihan manajemen pengoperasian pabrik Semen Tuban dan Gresik serta fasilitas pendukung," tegasnya.

Lebih lanjut, kontribusi perseroan terhadap KSO antara lain mesin pabrik semen beserta fasilitas pendukung (dermaga, pabrik pengemasan, dan gudang penyanggah), persediaan barang jadi dan WIP yang akan dijual oleh KSO setelah 31 Desember 2016, persedian bahan penolong dan seluruh komponen yang digunakan dalam proses produksi di pabrik semen, merek dagang Semen Gresik untuk aktivitas penjualan yang akan dilakukan oleh KSO, hingga penggunaan bersama sistem teknologi.

Sementara kontribusi Semen Gresik adalah pendanaan awal sekitar Rp1,454 triliun serta pengadaan dan pembelian barang impor dan barang yang memiliki bukti kepemilikan aset (BKA) untuk kelangsungan operasional KSO.

"Terhadap kontribusi perseroan dan Semen Gresik dalam transaksi KSO, akan dilakukan bagi hasil atas laba sebelum pajak. Bagi hasil yang diterima Semen Gresik nantinya juga akan masuk dalam laporan keuangan Semen Gresik dan dikonsolidasikan dengan Semen Indonesia," ungkapnya.

Dengan adanya transaksi KSO ini, maka Semen Indonesia akan fokus pada fungsi strategis dan operating company fokus pada operational business excellence, memaksimalkan sunergi seluruh entitas produsen semen, serta meningkatkan nilai dan daya saing perusahaan dan anak usaha.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bali Trail Running 2022 di Kabupaten Bangli, Bali (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 16 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menparekraf: Bali Trail Running 2022 Tanda Parekraf Bali Kian Bangkit

Menghadiri “Bali Trail Running 2022” di Kabupaten Bangli, Bali, Minggu (15/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi event tersebut yang dipercaya…

Pendapatan Bersih tumbuh 106,23%, Segmen Penjualan Unit Alat Berat Tumbuh 135,49%

Senin, 16 Mei 2022 - 17:53 WIB

Dahsyat Tembus 295%, Pertumbuhan Laba Bersih KOBEX pada Triwulan I-2022

Jakarta – PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi, membukukan pencapaian positif pada tiga bulan pertama 2022.

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Senin, 16 Mei 2022 - 17:42 WIB

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Mantan politikus PDIP dan Menteri BUMN Kabinet Gotong Royong, Laksamana Sukardi (LS), menggandeng seniman Harry Tjahjono untuk membuat konten youtube ramah anak.

Destinasi Wisata Cicalengka Dreamland, Bandung, Jawa Barat ( Instagram/@pianpian)

Senin, 16 Mei 2022 - 17:30 WIB

Genjot Pariwisata, Bandung Harus Punya Ciri Khas Sebagai Kota Wisata

Salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut sejumlah tempat wisata yang ada di Ibu Kota Jawa Barat itu perlu memiliki ciri khas yang…

Petugas memeriksa kesehatan mulut Sapi

Senin, 16 Mei 2022 - 16:51 WIB

Untuk Kurban, HPDKI Persiapkan Ternaknya Aman dan Sehat dari PMK

Terkait dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di beberapa kabupaten di Jawa Timur dan di Aceh, Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) gerak cepat mengkoordinasikan seluruh…